Seorang ibu muda datang ke Bidan Kita, dan dengan raut muka penuh kecemasan dan kebingungan dia bercerita ingin sekali melahirkan secara normal alami, namun tak ada satupun keluarga yang mendukungnya.

Ibu muda itu bercerita begini waktu itu: “Waktu saya cerita ke kakak saya kalau saya ingin melahirkan normal to bu bidan, kakak saya tuch langsung bilang begini ke saya: gak mungkin dek kamu bisa lahiran normal! Titenono (***lihat aja-red) nanti pas mau lairan kamu pasti akan menangis, menjerit dan mengemis ke pak dokter untuk segera di kasih obat bius atau segera di SC aja! Wong aku aja dulu juga begitu! Udahlah, yang penting anaknya segera lahir dan kamu gak usah merasakan sakit! Daripada udah tiwas (***terlanjur-red) ngerasaain sakit tapi ujung-ujungnya operasi juga kan percuma? Sakitnya dhobel-dhobel! Gitu bu…saya jadi takut. Lha wong 3 kakak saya semua SC dan udah gitu setelah SC mereka masih harus bed rest 1 bulan karena jahitan mereka lama sembuhnya, tak bisa menyusui padahal saya kan inginnya memberi ASI Eksklusif! Udah gitu kakak saya yang kebetulan serumah dengan saya waktu itu harus operasi ulang gara-gara jahitannya gak jadi alias jebol je bu, aduh saya jadi semakin takut melahirkan!”

 

Dan mungkin hal yang hampir sama juga Anda alami saat ini. Nah untuk itu di artikel ini saya akan berbagi TIPS untuk membantu mempersiapkan kelahiran alami Anda. Jadi simak baik-baik yach?

Jika Anda sudah bertekad kuat untuk melahirkan secara normal alami, KUNCI utama adalah dengan mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mendukung keputusan Anda dan mencoba untuk membatasi kontak Anda dengan mereka yang hanya ingin berbagi cerita horor atau mengurangi keyakinan Anda akan kemampuan tubuh Anda untuk melahirkan secara alami.

Dalam masyarakat kita saat ini, fokus terbesar adalah pada NYERI yang terkait dengan kelahiran. Sebenarnya, Tubuh kita dirancang untuk merilis sebuah hormon yang menakjubkan yaitu hormon penghilang rasa sakit alami ketika dalam persalinan, dan jika Anda dapat bekerja sama dengan tubuh Anda – bukan melawan rasa nyeri itu – maka Anda dapat menggunakan serta memanfaatkan dan memicu hormon tersebut untuk di produksi semakin banyak sehingga Anda akan merasakan sesuatu perasaan yang nyaman, menyenangkan bahkan orgasme saat dalam persalinan. Dan Anda pun akan mendapatkan pengalaman positif tentang proses persalinan Anda. ├é┬áSebuah proses kelahiran yang lembut alami lebih baik – untuk Anda dan bayi Anda. Penelitian telah membuktikan bahwa prosedur medis umum yang dipraktekkan di rumah sakit modern seperti epidural, induksi sebenarnya dapat menciptakan lebih banyak masalah daripada mereka memecahkan masalah.