Persalinan merupakan suatu peristiwa yang indah dan kompleks. Ada beberapa faktor dan komponen yang harus bekerja sama agar peristiwa ini dapat terjadi dengan sukses. Komponen ini dapat disebut dengan “4P”. Komponen ini dapat menentukan segalanya seperti kapan dan bagaimana bayi Anda akan lahir. Jika persalinan ibarat suatu mesin, “4P” ini adalah roda giginya. Jika salah satu roda gigi hilang atau tidak sejajar, maka seluruh mesin tidak akan berfungsi. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui keempat hal ini sehingga Anda dapat lebih mengerti bagaimana tubuh Anda bekerja dan dapat membuatnya lebih optimal sehingga Anda dapat memperoleh pengalaman persalinan yang positif.

 

Passanger (Penumpang)

Passanger adalah penumpang yang tentu saja di dalam konteks ini berarti bayi Anda. Percaya atau tidak, bayi Anda mempunyai peranan penting dalam menentukan bagaimana mereka akan dilahirkan, karena pada dasarnya, bayi Andalah yang menentukan kapan ia akan dilahirkan. Penelitian menunjukkan bahwa paru-paru bayi dapat mengeluarkan protein tertentu ketika mereka sudah siap untuk dilahirkan. Protein ini akan memberi sinyal pada tubuh sang ibu untuk mulai mempersiapkan persalinan. Membuat tubuh Anda mulai memproduksi oksitosin dalam jumlah besar untuk persalinan dan memastikan bayi Anda sudah berkembang sepenuhnya dan siap untuk lahir di dunia. Ketika semuanya sudah siap, bayi Anda secara naluriah akan bergerak melewati panggul Anda. Memutar, menundukkan kepalanya, dan melakukan pergerakan lain untuk dapat lahir ke dunia.

Dalam proses persalinan, Anda dan bayi Anda berada di dalam tim yang sama dan harus bekerja sama agar persalinan Anda dapat berjalan dengan lancar. Walaupun bayi Andalah yang menentukan kapan ia akan dilahirkan, namun Andalah yang dapat menentukan posisi dan presentasi kepala bayi Anda lewat kebiasaan dan postur Anda sehari hari. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk memberdayakan diri dan memastikan bahwa bayi Anda berada di dalam posisi yang seoptimal mungkin untuk persalinan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai posisi bayi, klik disini.