Rahasia melahirkan nyaman dan lancar? MENARILAH.

7823 0

Sepertinya saya sering bercerita kepada Anda berkali kali tentang kisah persalinan saya 14 tahun yang lalu. saya melahirkan di rumah. tepatnya di kamar ibu saya. saat itu jam 22.00 saya pas tertidur, tiba tiba ketuban saya pecah. lalu saya pindah ke kamar ibu saya dan menggelar perlak, menata bantal lalu mengatur posisi menunggu bidan datang. dan bidan datang jam 22.30 dan saya melahirkan di jam 23.00. sebelum ketuban pecah , sepanjang hari sata tidak merasakan kontraksi, sakit atau perasaan tidak nyaman sedikitpun. itulah kenapa saya selalu percaya diri ketika bercerita tentang MELAHIRKAN TANPA RASA SAKIT.

ya karena pengalaman saya melahirkan juga tanpa rasa sakit. beberapa orang bertanya kepada saya tentang apa rahasia saya, sehingga di anak pertama saya bisa melahirkan sebegitu nyamannya. dan rahasianya adalah …BERGOYANGlah…atau MENARI lah….BERDANSA lah…   sejak saya hamil, saya selalu mengikuti tarian lagi India …salah satunya lagu ini

 

ya lagu india, karena saya salah satu penggemar  Shah Rukh Khan.

saat anda amati gerakan tarian india di atas, apa yang Anda amati? daerah tubuh mana yang sering dan selalu di goyangkan? PINGGUL ya PINGGUL.

Ketika seorang wanita melahirkan, menggerakkan pinggulnya memang dapat membantu nya untuk merasa lebih nyaman dan dapat mendorong terjadinya rotasi dan turunnya kepala bayi. sehingga di kelas persiapan persalinan yang saya ajarkan, saya selalu mengajarkan untuk melakukan goyang panggul/pinggul. kenapa? karena  dengan demikian volume panggul semakin besar.

peningkatannya bisa mencapai 30% dan gaya gravitasi akan mampu membatu kepala bayi turun dengan posisi yang optimal. selain itu, ketika Anda bergoyang dan melakukan dengan suka cita, ini akan merangsang keluarnya hormon oksitosin bukan? dan ini juga salah satu hormon yang memegang peranan penting dalam lancarnya proses persalinan.

ketika saya mencoba untuk mencari tahu lebih banyak dentang proses melahirkan sambil menari, ternyata saya menemukan bahwa Banyak budaya tradisional memiliki tarian yang mengajarkan gerakan pinggul atau perut, termasuk hula dan tarian lain dari Kepulauan Polinesia, berbagai tarian dari Amerika Latin, dan Timur Tengah “tari perut/belly dance” Dancer menemukan hubungan antara kelahiran dan belly dance pada tahun 1961 Maroko (Carolina Varga Dinicu) adalah seorang penari terkenal di dunia, koreografer, peneliti tari, dan instruktur tari di gaya Afrika Mideastern (dia tidak menggunakan istilah “tari perut/belly dance” .

Dia lebih suka nama tradisional, Raks Sharki, atau “Oriental Dance”). inilah tarian yang di ciptakannya di tahun 2006 :

 

Pada tahun 1960, Marocco memiliki beberapa pengalaman menarik sehingga dia  menemukan bahwa dua dari gerakan dalam tarian Oriental, yaitu  tehnik “flutter” and the “camel,” didasarkan pada gerakan perempuan secara naluriah lakukan saat melahirkan. Dia belajar bahwa gerakan-gerakan ini secara historis merupakan bagian dari ritual melahirkan, sebuah tradisi yang dilanjutkan hanya di desa-desa kecil pada saat itu, di mana  wanita bersalin dikelilingi para wanita yang melakukan gerakan-gerakan ini sehingga dia bisa dengan mudah meniru mereka. Pada tahun 1967, Marocco memiliki kesempatan langka untuk menyaksikan kelahiran di desa Marocc0 di mana tradisi ini masih dipraktekkan.

 

Video ibu yang menari selama persalinan Video di bawah ini menunjukkan Elisa, yang menceritakan rekaman video dirinya di rumah sakit selama kelahiran bayi pertamanya. Dia berbicara tentang bagaimana latihan menari membantunya tetap bergerak dan nyaman selama kelahirannya.

 

Dalam video ini, Catherine adalah seorang ibu yang sudah mengalami pembukaan sekitar 8 cm dengan jarak kontraksi tiap 2 menit . Dia menari-nari untuk mempercepat proses pembukaan dan saat itu posisi bayinya adalah posterior sebelum menari, dan berubah menjadi  anterior ketika sang ibu menari.

Video ini menunjukkan Alexandria, di rumah sakit beberapa jam sebelum kelahiran bayi pertamanya, menari menggunakan versi pengantar tidur dari Guns ‘N Roses lagu Sweet Child o’ Mine. Dia menari dan bergerak dengan mengkombinasikan  berbagai jenis tari didunia. Dia memiliki dua kontraksi selama tarian, dan terus menari baik saat merasakan kontraksi maupun saat kontraksi sudah berhenti

sedangkan ini adalah klien saya, mbak ayodya yang tetap menari hingga pembukaan lengkap

Anda tertarik? ayo berdayakan diri…Anda juga bisa kok. dan ini adalah salah satu tarian ciptaan kami untuk Anda.

semoga bermanfaat untuk Anda

 

Salam Hangat Yesie Aprillia

0

About The Author

Praktisi dan trainer hypnobirthing dan gentle birth, Penulis buku kesehatan, Pemilik dan bidan dari Klinik Bidan Kita, salah satu pelopor dan penggiat Gentle Birth di Indonesia