tapi bukan bisep yang seperti gambar di atas, namun bisep yang meregang seperti gambar di bawah ini:

Ketika rahim “berkontraksi”, serat-serat pada otot rahim akan memendek, yang menipis pada tepi (bicep) dan menebal pada lapisan bagian atas

bisa dibayangkan, saat kontraksi, rahim Anda Tebal di “tengah” (atas) dan tipis di “sisi” (bawah), menipis, membuka dan menggerakkan serviks membuka jalan.

Pada persalinan awal, rasa yang di timbulkan sangat ringan. Kontraksi tidak terlalu kuat, jadi tidak banyak aksi yang terlihat dari luar. dan paling ibu hanya merasakan regangan di perut bawah depan seperti kram saat menstruasi.

Tetapi seiring dengan kemajuan persalinan, dan seiring produksi hormon oksitosin yang meningkat, kontraksi menjadi KUAT. sehingga Sekarang serat otot tengahnya benar-benar menebal. Terkadang dokter atau bidan akan merasakan puncak rahim menebal dan ini biasanya digunakan untuk menilai seberapa kuat kontraksi.

bahkan Anda bisa benar-benar MELIHAT bentuk rahim berubah selama kontraksi. Fundus (atas) muncul ke atas, berbentuk persegi dan berbatas tegas.

Dengan perkembangan proses ini, si ibu mulai merasakan rasa kontraksi tidak hanya di depan, tetapi juga di punggungnya.

kenapa kok sampai terada di bagian punggung dan tulang ekor?
ini karena ; bayangkan balon udara yang hendak terbang padahal dasar balon udara masih tertambat di tanah. nah bayangannya sepert ini

jadi saat kontraksi muncul, maka Begitu! ligamen rahim terutama uteo sacral ligaman menjadi ditarik ke atas,  itulah mengapa begitu banyak rasa sakit persalinan yang terasa di pantat.

nah tindakan seperti deep squezee, massage, rebozo akan sangat membantu ibu untuk mengurangi rasa ketidaknyaman di daerah itu.

semoga semakin bisa memahami cara kerja tubuh ya.
salam hangat