Apa yang terjadi setelah bayi Anda lahir?

Segera setelah bayi Anda lahir, provider Anda akan dipotong diantara 2 jepit, meninggalkan tunggul tali pusar sepanjang sekitar 2 sampai 3 cm di perut bayi Anda. Tidak ada saraf di tali pusar bayi Anda, sehingga bayi Anda tidak akan merasa kesakitan ketika tali pusarnya dipotong.

Sekitar 5 sampai 15 hari setelah bayi Anda lahir, tunggul tali pusar bayi Anda akan kering, menjadi hitam, dan putus dengan sendirinya. Setelah tunggulnya lepas, biasanya pusar bayi Anda akan sembuh sepenuhnya setelah 7 sampai 10 hari.

Selain dengan dipotong, beberapa variasi lain adalah dengan lotus (membiarkan tali pusar serta plasenta tetap menempel hingga mengering dan lepas dengan sendirinya), dan juga dengan memutus tali pusar dengan cara dibakar.

Merawat tunggul tali pusar bayi Anda

Perlakukan tali pusar bayi Anda dengan lembut dan jangan pernah dicabut. Pada awalnya, tunggul tali pusar bayi Anda mungkin akan terlihat kuning dan bersinar. Namun saat sudah kering, warnanya akan berubah menjadi coklat, abu-abu, ungu, atau bahkan biru. Tunggul tali pusar bayi Anda nantinya akan menyusut dan berubah menjadi hitam sebelum lepas dengan sendirinya.

Jaga tali pusar bayi Anda agar tetap bersih dan kering setiap waktu. Jika tunggul tali pusar bayi Anda terkena kotoran, bersihkanlah dengan lembut menggunakan air dan sabun. Ketika Anda memakaikan popok, lipat bagian atas popok sampai dibawah tali pusar, agar tidak terkena air kencing bayi Anda.

Periksalah tunggul tali pusar bayi Anda dan hubungi dokter jika Anda menemukan gejala infeksi, seperti:

  • Darah di akhir tunggul tali pusar
  • Pembengkakan atau kemerahan di area tali pusar
  • Tanda bahwa daerah disekitar tali pusar membuat bayi Anda kesakitan (contohnya, bayi Anda menangis ketika Anda menyentuh daerah tersebut)
  • Ada nanah yang keluar

Jika Anda melihat beberapa tetes darah di popok bayi Anda, hal itu masih normal. Namun, jika Anda melihat banyak darah saat tunngul tali pusar lepas, hubungi dikter secepatnya. Anda mungkin juga akan menemui cairan kuning lengket yang keluar. Hal ini normal dan seringkali terjadi ketika tunggul tali pusar leas. Selama yang keluar bukan nanah, maka itu bukanlah infeksi. Koreng di atas bagian perut bagi Anda juga normal, namun jika perut bayi Anda menjadi merah dan disertai gejala yang lain seperti demam, hubungilah dokter Anda.