Apa saja yang membuat Persalinanmu Tidak Maju

Persalinan Tak Maju atau dalam istilah bahasa inggris, sering disebut Failure to Progress (FTP).

apa sih sebenarnya? faktor apa saja yang menyebabkan? dan apa yang harus kita lakukan untuk menghindarinya?

Failure to Progress (FTP) atau Partus (Persalinan) Tak Maju di tegakkan ketika proses persalinan berlangsung sekitar  20 jam atau lebih setelah kontraksi teratur dimulai (pada ibu yang baru pertama kali melahikan), dan sekitar 14 jam atau lebih (pada ibu yang pernah  melahirkan sebelumnya). Ini juga digunakan saat ibu penambahan pembukaannya kurang dari 1-2 cm per jam (selama persalinan fase aktif, yaitu pembukaan di atas 4cm). Dari mana asal frase waktu ini? Waktu persalinan ‘rata-rata’ ini berasal dari kurva Friedman. Dr Friedman lah yang menemukan n kurva ini setelah mempelajari 500 ibu yang baru pertama kali melahirkan, pada tahun 1954.

Dr Friedman menemukan bahwa waktu rata-rata untuk ibu Primi (Primi= pertamakali melahirkan) saat pembukan 0-4 cm adalah 8,6 jam. Dia menemukan bahwa setelah seorang ibu bersalin memasuki fase aktif, maka proses pembukaan menjadi lebih cepat yaitu rata rata 1-3 cm per jam.  Dari para ibu yang diteliti ini, setelah pembukaan lengkap, fase mengejan (kala kedua persalinan) rata-rata adalah 1 jam.

Studi Friedman penting pada saat itu karena menggambarkan proses persalinan dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya. dan atas dasar penelitian dari Friedman inilah disusun Partograf, yang menjadi dasar dari asuhan persalinan normal saat ini. namun karena metode friedman sangatlah rumit, maka dilakukan beberapa modifikasi partoraf oleh WHO. dan para penelitian modern telah sampai pada kesimpulan definitif bahwa kita tidak dapat lagi menerapkan Kurva Friedman untuk para ibu bersalin di jaman ini. karena  sudah Terlalu banyak hal yang telah berubah sejak tahun 1955. dimana Epidural telah menggantikan sedasi dalam persalinan; Pitocin digunakan lebih sering untuk induksi persalinan ; ibu bersalin sekarang lebih tua d; Dan metode forseps-with-episiotomy bukan lagi prosedur rutin. Semua faktor ini dapat mempengaruhi lamanya persalinan (Laughon et al 2012).