Apa yang dilakukan jika Rencana VBAC Anda Ditolak

Kontroversi mengenai kelahiran normal setelah bedah caesar (VBAC) sangatlah luar biasa. Sementara itu, VBAC telah terbukti aman untuk kebanyakan wanita yang pernah mengalami kelahiran sesar sebelumnya, dengan beberapa pengecualian.

 

Nah merupana tugas dan “Pe eR” tersendiri bagi Anda untuk terlebih dahulu mencari dokter yang bersedia melakukan VBAC. Sering kali para ibu memang harus berjuang untuk mendapatkan kelahiran yang mereka inginkan.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda jika keinginan Anda untuk VBAC ditolak:

1. Tahu sejarah medis Anda.

Dapatkan salinan laporan asli Anda bedah. Cari tahu apa jenis insisi yang dibuat pada rahim anda, yang mungkin berbeda dari bekas luka di perut Anda. Cari tahu apa jenis jahitan dilakukan, jahitan lapisan ganda atau tunggal. Cari tahu alasan asli atau indikasi sesar Anda kemarin. Ini akan menjadi poin penting dalam pencarian Anda untuk kelahiran normal.

2. Berdayakan diri atau didik diri sendiri

Tahu apa risiko dari bedah caesar berulang elektif (ERC) serta kelahiran normal setelah bedah caesar (VBAC). Tahu apa tanda-tanda pecahnya rahim dan apa yang dapat Anda lakukan untuk menghindarinya. Mulailah membaca International Cesarean Awareness Network (ICAN), ICAN dapat semangat dan dukungan.

3. Dapatkan dukungan.

Ada perempuan lain dan laki-laki di luar sana yang berhasil melakukan VBAC bahkan setelah 3 kali sesar sebelumnya sekalipun, bahkan yang jaraknya kurang dari 24 bulan sekalipun. Cari dukungan dari orang-orang ini dan mempelajari apa yang telah mereka lakukan untuk mewujudkan perjuangan mereka.

4. Bicaralah dengan dokter atau bidan.

Bagaimana kebijakan mereka pada VBAC. Jika mereka tidak memungkinkan atau tidak mendukung, cari tahu mengapa. Apakah mereka merasa bahwa Anda memiliki alasan medis mengapa VBAC bukan ide yang baik? Apakah mereka hanya melawan atau tidak menyetujui VBAC? Atau mungkin mereka memiliki polis asuransi yang mengatakan bahwa mereka tidak harus melakukan VBAC?

Jika dokter atau bidan tidak bisa melakukan VBAC karena alasan hukum atau asuransi, Anda harus membuat keputusan besar. Apakah Anda akan memiliki sesar elektif berulang? Atau apakah Anda beralih dokter atau bidan yang mendukung VBAC?