Persalinan sering kali menjadi momok terutama bagi ibu hamil pertama kali yang tinggal “menghitung hari” menanti persalinannya.

Rasa deg-degan, takut, khawatir bahkan stress saat hendak menghadapi proses persalinan.

 

Terdapat berbagai cara dan metode untuk mengurangi rasa nyeri pada saat proses persalinan. Namun yang terpenting adalah atasi nyeri persalinan tersebut dengan cara yang SMART.

Sederhana

Murah

Aman

Rileks

Tenang

Berikut ini A sampai Z cara alami untuk menghadirkan rasa nyaman saat proses persalinan

Ask Information

Tanyalah apa saja yang belum anda ketahui tentang proses persalinan, selain menanyakan kepada bidan atau dokter yang merawat anda, akan lebih bijak jika sebelumnya anda sudah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang kehamilan dan proses persalinan, anda bisa mendapatkannya melalui buku, majalah, maupun artikel-artilek di internet.

Breathe Rhythmically dan Rileks saat menghela nafas

Nafas sangatlah penting dalam proses persalinan. Karena dengan bernafas berpola maka mampu menghadirkan sensasi relaksasi disela-sela kontraksi yang anda rasakan selain itu dengan bernafas yang baik dan benar mampu menjaga suplai Oksigen ke janin anda.

Cuddle Your Partner / Peluk pendamping persalinan anda

Peluklah pasangan anda terutama saat anda merasakan kurang nyaman, dengan demikian anda akan merasakan support dan dukungan dari pasangan anda sehingga anda merasa lebih tenang.

Drink isotonik water in between contraction

Ini sangatlah penting, banyak sekali klien yang tidak mau minum saat menjalani proses persalinan. Dan akibatnya klien sering mengalami dehidrasi dan kehabisan tenaga untuk mengejan.

Untuk itu cobalah untuk minum disela kontraksi anda. Akan lebih baik cari minuman isotonic karena akan lebih mudah diserap tubuh.

Endorphin massage

Endorfin massage adala salah satu metode untuk merangsang munculnya hormone endorphin dalam tubuh saat prises persalinan. Dengan demikian proses persalinan akan lebih nyaman dan lancar.