Apa sih itu mindfulness? Mindfulness sebenarnya adalah suatubentuk meditasi dimana Anda merasa sadar dan fokus dengan apa yang Anda lakukan dan alami pada masa sekarang ini, disertai dengan sikap yang terbuka, menerima, dan keingin tahuan. Singkatnya, mindfulness berarti “Sini Kini”. Nah ternyata, teknik ini sangat berguna lho saat persalinan. Penelitian yang dilakukan oleh Larissa Duncan, PhD, seorang professor di UW-Madison mengungkapkan bahwa latihan mindfulness dapat memberikan pengalaman positif saat persalinan dan mengurangi depresi postpartum (PPD).

Mindfulness Dapat Mengubah Mindset Anda

Saat mendengar tentang proses persalinan, kebanyakan dari kita akan berpikir bahwa proses persalinan itu sakit. Hal itu disebabkan karena sejak kecil kita selalu di beri tahu bahwa persalinan itu sakit oleh keluarga dan lingkungan sekitar. Bahkan untuk tenaga kesehatan pun dalam buku pelajarannya dituliskan bahwa persalinan itu sakit. Penelitian yang dilakukan oleh Whitburn di tahun 2014 mengungkapkan bahwa apa yang Anda pikirkan mengenai rasa sakit dalam proses persalinan dapat mempengaruhi pengalaman persalinan kita.

Pertanyaanya, bagaimana jika kita tidak percaya bahwa proses persalinan itu menyakitkan? Jika pikiran kita dapat mempengaruhi kenyataan dan kita dapat memprogram ulang pikiran kita untuk berpikir bahwa proses persalinan itu nyaman dan menakjubkan, bisakah itu terjadi? Ya, itu dapat terjadi, namun hanya berpikir bahwa persalinan itu nyaman saja tidaklah cukup, Anda harus dapat memasukkan pikiran tersebut ke alam bawah sadar Anda, yang mana hal itu memerlukan pengulangan, emosi, visualisasi, afirmasi, dan meditasi.

Manfaat Mindfulness dalam Proses Persalinan

  1. Mindfulness membantu Anda untuk menghemat energi

Ingatlah bahwa persalinan dapat menjadi sangat melelahkan dan menguras energi. Maka sangatlah penting bagi Anda untuk menghemat energi Anda. Perasaan seperti rasa takut, kecemasan, dan memikirkan masa lalu atau masa yang akan datang dapat sangat melelahkan bagi Anda. Mindfulness dapat membantu Anda menghemat energi saat persalinan karena mindfulness dapat membantu Anda untuk berada di waktu sekarang, dan fokus dengan napas Anda serta segala sensasi yang sedang Anda alami sekarang ini. Saat Anda berada di kondisi semacam itu, akan lebih mudah bagi Anda untuk beristirahat, terutama diantara kontraksi yang Anda alami.

  1. Mindfulness membantu Anda untuk mengatasi rasa sakit

Mindfulness berperan banyak dalam mengatasi rasa sakit berdasarkan fakta bahwa pikiran kita mengenai rasa sakit itu dapat mempengaruhi rasa sakit itu sendiri. Saat kita merasa sakit, seringkali kita berfokus pada intensitas rasa sakit tersebut. Hal ini membuat kita tidak hanya fokus ke rasa sakit tersebut tapi juga meningkatkan rasa sakit tersebut. Berdasarkan buku Childbirth Without Fear, rasa takut bertanggung jawab terhadap rasa sakit yang Anda rasakan selama persalinan – rasa takut dapat menyebabkan otot melingkar di uterus berkontraksi sehingga mencegah otot yang berfungsi untuk mendorong bayi ke serviks untuk berkontraksi. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan tekanan yang tidak semestinya terjadi.