Beberapa kali klien bertanya tentang berapa idealnya berat badan janin. Tentunya sesuai dengan umur kehamilan mereka. Selain itu, Waktu dilakukan pemeriksaan USG, klien selalu menanyakan berapa berat dan panjang bayinya. Untuk berat bisanya terukur jika kehamilan mencapai usia 20 minggu-an, karena dibawah angka ini alat USG akan mengeluarkan kata “ERROR” jika dilakukan pengukuran berat janin. Lalu bagaimana untuk panjang bayi? Sebenarnya panjang bayi tidak bisa diukur panjangnya, karena posisi kaki bayi yang nggak lurus (bayi selalu posisi seperti orang bersila). Yang bisa diukur adalah panjang dari ujung kepala ke ekornya atau istilah medisnya CRL (Crown Rump Lenght).

 

Tetapi nggak usah kecewa dulu karena nggak tahu berapa panjang dan berat bayi. Jika ukuran bayi dianggap normal, maka ada ukuran standar panjang bayi berdasarkan usia kehamilan yang namanya hukum Haaese serta beratnya bayi berdasarkan usia kehamilan menurut Struber.

Bunyi hukumnya adalah panjang bayi dalam 5 bulan pertama merupakan kwadrat dari usia bulannya sedanglan mulai enam bulan dan seterusnya panjang bayi adalah usia bulan dikali dengn angka 5 (lima). Tabelnya sbb

 

 

 

 

 

 

Sedangkan Struber mendapatkan ukuran berat sbb:

 

 

 

 

 

 

Angka-angka yang dihasilkan adalah angka rata-rata konstanta yang telah diteliti oleh Haase dan Struber.

Berikut ini juga ada tabel lain. Karena pertumbuhan bayi tidak seperti garis lurus, maka angka-angka yang ada di tabel adalah angka pengukuran rata-rata. Sehingga bisa saja ukuran bayi ibu berbeda jauh dari angka-angka di tabel bawah ini, jangan khawatir jika ukurannya kurang atau melebihi ukuran-ukuran ini. Dokter yang akan memberi tahu jika ada masalah dengan ukuran dan panjang bayi ibu.

Usia Hamil

Panjang (inci)

Berat (ons)

Panjang (cm)

Berat (gram)

8 weeks

0.63

0.04 ounce

1.6 cm

1 gram

9 weeks

0.90

0.07 ounce

2.3 cm

2 gram

10 weeks

1.22

0.14 ounce

3.1 cm