Orang kadang berfikir yang penting bayinya lahir selamat dan sehat, iya secara fisik, bukan mental dan spiritualnya. Tanpa kita sadari ternyata ketika Anda memutuskan untuk SC apalagi dengan indikasi yang tidak jelas atau gila seperti yang sudah saya tuliskan diatas berarti Anda sudah berinvestasi BIRTH Trauma pada bayi Anda. Dan perlu diketahui birth trauma ini dapat dibawanya atau berpengaruh hingga dia dewasa nanti.

Untuk mengetahui birth trauma Anda bisa membuka link ini: http://www.bidankita.com/index.php?option=com_content&view=article&id=251:birth-trauma-is-real&catid=44:natural-childbirth&Itemid=56

Seksio sesarea dianjurkan ketika persalinan pervagina diperkirakan dapat menimbulkan risiko bagi ibu atau bayi. Tidak semua kondisi yang tercantum ini merupakan indikasi wajib, dan dalam banyak kasus dokter kandungan harus menggunakan kebijaksanaan untuk memutuskan apakah operasi Caesar diperlukan. Beberapa indikasi untuk melahirkan dengan cara SC adalah:

Adanya Komplikasi persalinan dan faktor menghambat pengiriman vagina seperti

1· Persalinan dengan kala 2 l;ama (prolong labor) atau kegagalan kemajuan persalinan

2· Janin mengalami distress yang ditandai detak jantung tidak teratur lebih dari 160 x/menit atau kurang dari 120 x/menit, gerakan janin berkurang dan air ketuban berwarna hijau tanda janin poop di dalam rahim

3· Prolaps tali pusat (saat ketuban pecah tali pusat ikut menumbung dan keluar, ini biasanya terjadi ketika kepala belum masuk pangul sehingga saat pecah ketuban maka tali pusat ikut aliran air)

4· Rupture uteri atau adanya pecah rahim

5· Peningkatan tekanan darah ( hipertensi ) pada ibu atau bayi setelah ketuban pecah

6· Peningkatan denyut jantung ( takikardia) pada ibu atau bayi setelah pecah ketuban

7· Adanya masalah pada plasenta ( Plasenta Previa atau Plasenta Akreta )

8· Posisi janin melintang atau sungsang (walaupun sebenarnya sungsang bisa juga dilahirkan dengan normal pervaginam)

9· Gagal induksi persalinan (penelitian menunjukkan bahwa ibu yang sudah di induksi lebih dari 50% akan berakhir ke SC)

10· Gagal melahirkan dengan bantuan instrument seperti forceps atau vaccum

12· Bayi terlalu besar > 4kg (makrosomia)