Apakah benar melahirkan itu harus nyeri dan sakit? Saya tidak merasakan lho.

Lalu apakah benar melahirkan bisa tanpa rasa sakit? Saya merasakan namun banyak para ibu dan teman saya yang menyatakan bahwa melahirkan itu sakit sekali.

4Lalu yang benar yang mana?

dahulu saat saya belum mengenal ilmu Hypnobirthing dan Gentle Birth yang saya lihat di SEMUA ruang bersalin, baik di Rumah Sakit, di Klinik, maupun di tempat praktek saya sendiri, TIDAK ADA ibu bersalin yang bisa tersenyum saat merasakan kontraksi dan melahirkan. yang ada adalah mereka teriak teriak dan menangis penuh DRAMA.

Namun, setelah belajar dan mendalami Hypnobirthing dan gentle birth, DRAMA itu tidak pernah terjadi pada Klien saya. dan saya sangat merasa beruntung. karena yang selalu saya lihat adalah ibu yang tersenyum penuh kebahagiaan saat merasakan kontraksi bahkan ibu yang bernyanyi saat kepala bayi keluar.

dari sinilah saya semakin mengerti bahwa Nyeri dan sakit pada saat proses persalinan sebenarnya sangat tergantung dari persepsi seseorang dan persiapan mereka.

Apa yang Anda rasakan ketika Anda dicubit manja oleh pacar Anda dahulu? Lalu apa yang Anda rasakan ketika Anda di cubit oleh Orang yang tidak Anda sukai  padahal dia mencubit dengan intensitas dan kekuatan yang sama dengan cubitan pacar Anda kala itu?

Kemudian apa yang Anda rasakan ketika Anda menderita sakit gigi dan saat itu Anda sedang bertengkar dan marah dengan suami?

Dan apa yang Anda rasakan ketika Anda menderita sakit gigi namun kali ini Anda di ajak pergi ke Mall dan Anda dibelikan tas, sepatu dan baju baru impian Anda?

Bukankan sama-sama sakit gigi? Namum mana yang terasa lebih sakit?

Nah itu adalah gambaran sederhana tentang “persepsi” nyeri pada setiap orang. Banyak wanita menyatakan bahwa melahirkan itu sakit dan nyeri luar biasa. Namun saya sangat beruntung karena di persalinan pertama saya tidak merasakan nyeri saat persalinan.

Karena kenyamanan adalah hal yang dicari oleh banyak orang, maka banyak upaya baik medis maupun alternatif yang bisa digunakan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa nyeri pada saat proses persalinan, sehingga tercipta berbagai obat dan intervensi yang ditujukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here