gototopgototop

Hypno-birthing: Apa itu dan bagaimana cara kerjanya?

PDFPrintE-mail

Share

Saat seorang ibu hamil memasuki trimester terakhir, banyak sekali ibu yang mengalami stress, takut dan kecemasan. Mulai dari takut sakit/ merasanya nyeri saat bersalin, takut terjadi komplikasi saat bersalin dan panic. Namun bagi ibu-ibu yang sudah belajar tentang hypno-birthing, peristiwa persalinan hanyalah sebuah tantangan yang pasti bisa dilewatinya dengan nyaman, lancar dan nikmat.

 

 

Untuk menghadapi proses persalinan agar terasa nyaman, dan lancar para wanita bijak memilih untuk menggunakan hipno-birthing untuk menghilangkan rasa sakit dan rasa takut saat bersalin sehingga pengalaman persalinan yang mereka dapatkan adalah sebuah pengalaman yang indah dan tak terlupakan.

Dimasa lalu kata "hipnosis" identik dengan magic dan gambaran penghipnotis akan mempengaruhi orang lain untuk masuk dalam situasi yang memalukan. Namun sekarang hypnosis digunakan sebagai terapi dalam berbagai bidang kedokteran, anestesi gigi dan sesi terapi pribadi. Meskipun demikian, ada banyak kesalahpahaman tentang hipnosis yang dapat menghalangi mereka belajar metode yang canggih ini.

 

Berikut ini persepsi yang benar tentang hypnosis:

* Semua Hypnosis adalah self-hypnosis, hipnoterapis/ orang yang melakukan hypnosis sebenarnya adalah fasilitator. Seseorang dapat memilih untuk masuk ke dalam keadaan hipnosi maupun tidak.

 

* Sekitar 90-95% dari manusia dapat dihipnotis. Kemauan, keyakinan dan motivasi memiliki pengaruh besar dalam keberhasilan hypnosis.

 

* Selama hipnosis anda tidak tertidur atau tidak sadar, dan selalu bisa "keluar"  dari kondisi hypnosis kapan saja Anda inginkan.  Dalam kondisi hypnosis anda tetap memegang kendali atas diri anda.

* Dalam keadaan hypnosis Anda tidak dapat dibuat untuk membocorkan informasi atau melakukan apa saja yang anda tidak maui.

lalu bagaimana dengan Hypnosis untuk proses persalinan?

saat ini Hipnosis digunakan dalam bidang medis/kedokteran, pembedahan dan kedokteran gigi dengan sukses. Banyak sekali manfaat yang sudah didapatkan pasien terutama yang memiliki alergi dengan obat anestesi, dengan ini, memungkinkan mereka untuk menjalani operasi tanpa obat-obatan dan tanpa rasa sakit.

 

kita tahu bahwa pikiran dapat dilatih untuk mengalihkan rasa ketidaknyamanan menjadi tekanan  ringan saja, dan dalam proses persalinan hal ini juga di gunakan. Selain itu, pada saat proses persalinan, dengan ibu bida menerapkan relaksasi apalagi di sela kontraksi, maka ibu akan merasa jauh lebih nyaman sehingga ibu mampu mengalami pengalaman persalinan yang nyaman dan indah. Relaksasi hypno-birthing dapat dipelajari dan dipraktekkan sehari-hari dalam persiapan untuk kelahiran menggunakan visualisasi dipandu dan diikuti oleh sugesti positif. Dan dalam keadaan hypnosis sugesti positif akan terekam di alam bawah sadar klien, sehingga sama seperti Laptop yang terkena “virus” (Virus= pikiran dan anggapan bahwa bersalin itu menyakitkan) , sugesti positif mampu me ‘reprograming dan mendelete’ virus-virus tersebut dan mengganti dengan ‘program’ baru yaitu bahwa bersalin itu normal, lancar, nyaman dan menyenangkan!

Ketakutan dan Harapan

Seperti kita ketahui bahwa dipedesaan atau jaman dahulu melahirkan dianggap sebagai suatu peristiwa, alami yang normal terjadi dalam kehidupan seorang wanita. Para wanita melahirkan diberi dukungan dari wanita lain, dan anak-anak sering hadir untuk menyaksikan acara tersebut. Dengan cara ini, kelahiran dirayakan dan dihormati. Gadis-gadis muda kemudian tumbuh dengan sistem keyakinan bahwa kelahiran adalah peristiwa positif dan harapan mereka terhadap proses melahirkan mencerminkan tercermin dalam sikap mereka. Akibatnya, kelahiran mereka mirip dengan para pendahulu mereka, tanpa rasa sakit dan ketakutan. Mereka memiliki harapan positif melahirkan.

 

Nah, sekarang…dalam budaya kita, yang terjadi adalah sebaliknya. Proses persalinan yang semula adalah urusan domestic, sekarang menjadi urusan public. Semua wanita dianjurkan bahkan diwajibkan untuk bersalin di Rumah Sakit (padahal sebenarnya yang bersalin itu bukan orang sakit kan?). dan apa yang terjadi di RS? Banyak sekali terjadi persalinan patologis bahkan sampai operasi. Bukan hanya itu saja tayangan infotaiment dan TV pun selalu menyajikan gambaran bahw proses persalinan adalah proses yang “berdarah-darah” penuh “peluh, jeritan” dan yang parah lagi adalah persalinan dianggap “antara hidup dan mati” padahal yang benar adalah persalinan itu antara hidup dan hidup!

Akhirnya generasi kita diajarkan bahwa Untuk melahirkan bayi adalah menyakitkan, harus dihadapi dengan rasa takut, panik dan gentar. Sehingga muncul keyakinan bahwa bersalin itu sakit.

 

Ketika belajar tentang bagaimana pikiran dapat mengontrol tubuh, pasangan hamil diajarkan untuk berada di lingkungan yang positif, untuk menciptakan pandangan positif melahirkan dan harapan bahwa mereka akan melahirkan dengan pengalaman, indah damai yang mereka inginkan. Ketakutan dalam proses persalinan dapat menciptakan ketegangan, yang menciptakan rasa sakit. Ketakutan dan kecemasan juga dapat membuat produksi adrenalin dalam tubuh meningkat, sehingga menyebabkan persalinan menjadi  disfungsional, ini yang akan menjadi alasan umum untuk dilakukan bedah Bedah Caesar. Kebebasan dari rasa takut dapat membuat perbedaan besar dalam pengalaman melahirkan.

 

Hypnosis untuk melahirkan mengajarkan wanita bagaimana untuk masuk ke dalam self-hypnosis langsung, dan menciptakan anestesi alami sendiri kapan saja dan di mana pun dia membutuhkannya. Hal ini penting sebab obat-obatan yang diberikan saat proses persalinan (induksi/ anesthesia) dapat berbahaya baginya, dan terutama bayinya. Dalam proses persalinan seorang wanita memiliki kontrol total atas tubuhnya, dan merupakan peserta aktif dalam proses kelahirannya. Dengan belajar hypnosis saat proses persalinan berlangsung, dia dapat lebih rileks, masuk lebih dalam di dalam dirinya sendiri, percaya pada kemampuan alamiah tubuhnya untuk melahirkan dengan kemudahan dan kenyamanan. Otaknya diprogram untuk memberikan persis apa yang dia butuhkan.

 

Apakah benar bisa benar-benar tanpa rasa sakit?

Jawabannya adalah YA BENAR, tetapi ada banyak variabel yang mempengaruhi hasil dalam proses persalinan. pasangan perlu memiliki pandangan positif tetapi realistis tentang hipnosis untuk melahirkan. Setiap wanita hamil dan pasangannya harus bertanggung jawab terhadap pilihan yang mereka buat saat proses persalinan dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi dinamika dan hasil. Banyak proses persalinan yang indah telah digagalkan dengan tidak menyadari bagaimana membuat positif, pilihan informasi, maupun rasa tidak sabaran, dan kurang telaten. namun masalah ini mudah diatasi dan pelajari di kelas hypnobirthing.

 

namun yang pasti adalah wanita yang menggunakan hipnosis jauh lebih tenang dan lebih santai selama persalinan, yang secara otomatis menciptakan kenyamanan yang lebih, serta memiliki sugesti yang kuat pasca-hipnosis untuk benar-benar menghilangkan rasa sakit dan rasa takut. Seberapa efektif ini? Statistik akan berbeda  sesuai dengan program dan metode yang dipilih, tergantung pada panjangnya dan jumlah sesi hipnosis, bahan yang digunakan dalam masing-masing kelas, dan keterampilan dari hipnoterapis, serta dedikasi dan kepatuhan terhadap program setiap pasangan melahirkan.

Idealnya, instruktur hipnosis untuk melahirkan/ instruktur hypno-birthing haruslah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan hipnoterapi dan pendidikan kesehatan terutama pendidikan tentang obsterty (contohnya bidan dan dokter ObsGyn), sehingga mampu menjawab semua kebutuhan pribadi setiap wanita. Dengan persiapan yang memadai dan kepercayaan dalam proses alamiah dalam proses persalinan, sebagian besar perempuan dapat mersakan lebih santai dan nyaman saat bersalin, dan bahkan banyak benar-benar bebas dari rasa sakit.

 

Manfaat menggunakan hipnosis untuk melahirkan:

-         Mengurangi bahkan tidak memebutuhkan obat sama sekali, yang ini berarti mengurangi risiko efek samping pada ibu dan bayi.

-         Memperpendek proses persalinan dan membuat respon otot dan syarat terhadap rasa nyeri sangat minimal dan dapat dieliminasi.

-         Ibu dapat menghemat energinya karena selama proses persalinan ibu dapat merasakan rileks.

-         Lingkungan yang tenang dan damai sangat mendukung kelancaran proses bersalin.

-         Posisi janin yang sungsang, melintang atau kelainan letak kepala pun dapat diatasi dengan hypnosis.

-         Meminimalkan intervensi dalam persalinan sehingga meminimalkan kejadian komplikasi juga birth trauma.

-         Bayi dapat tidur dengan baik karena banyaknya endorphin yang mengalir kedalam tubuhnya selama proses persalinan.

 

Cara belajar: Di mana  dan kapan harus memulainya?

Ada banyak pilihan terbuka bagi pasangan yang siap untuk memulai untuk belajar hypno-birthing. Dan agar tujuan anda tercapai, kebutuhan anda terpenuhi dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal berikut ini TIPS untuk belajar hypno-birthing:

1.        Carilah seorang hipnoterapis yang berkualitas dan professional di daerah Anda

Jika anda ingin memastikannya, anda dapat mewawancara mereka terlebih dahulu dan menanyakan jenis dan program apa yang mereka miliki untuk melahirkan menggunakan hipnosis, karena tidak semua dari mereka telah memiliki program yang efektif di tempat dalam praktek mereka. Seorang hypnotherapist yang baik akan membuat program minimal 3 atau 4 kali pertemuan jika samapai 6-7 kali maka itulah yang paling optimal dan sesi terakhir dilakukan satu minggu sebelum perkiraan tanggal lahir. Program tersebut setidaknya harus mencakup minimal satu kaset atau CD untuk mendengarkan sendiri di rumah, satu atau lebih sarana untuk memberikan affirmasi dan sugesti secara berulang/ tiap saat (bisa berupa Video affirmasi), pedoman untuk berlatih relaksasi sendiri di rumah. Juga pedoman untuk pasangan/ pendamping persalinan yang sesuai dengan masalah dan keluhan masing-masing kliennya. Ini sangat membantu dengan wanita yang memiliki masalah pribadi yang perlu diselesaikan, seperti ibu VBAC, mereka yang telah memiliki pengalaman melahirkan masa lalu negatif, atau mereka yang memiliki ketakutan mendalam spesifik tentang melahirkan.

2.       Anda dapat mencari sebuah program hypno-birthing di daerah Anda. Beberapa diajarkan di rumah sakit setempat maupun di Rumah bersalin, dan ada pula yang mengajar di rumah instruktur. Latar belakang dari instruktur dapat sangat bervariasi dari ibu rumah tangga yang belajar hypnoterapis dan mempraktekkannya dirumah, hingga seorang professional yang berlatar belakang pendidikan kesehata/ bekerja sebagai tenaga kesehatan yang sengaja mendalami ilmu hypno-birthing. Karena sampai saat ini di Indonesia belum ada Undang-Undang yang mengatur tentang praktek hypnotherapy/ hypnobirthing. Banyak orang dari bebbagai latar belakang pendidikan berlomba-lomba mengembangkannya, untuk itu berusahalah memilih dengan BIJAK dan Bila perlu carilah hypnotherapist yang memiliki latarbelakang pendidikan kesehata (tenaga medis) karena Jelas, lebih banyak pelatihan dan pengalaman mereka di bidang mereka ajarkan.

 

Singkatnya, berikut ini langkah yang perlu anda tanyakan saat anda menghubungi calon hypnotherapis yang akan melatih anda:

a.      Jika mereka memiliki latar belakang dalam hipnoterapi. (Ini berguna)

b.      Jika mereka memiliki latar belakang pendidikan kesehatan terutama bidang obstetry dan gynecologi seperti Bidan atau Dokter Spesialis Kandungan, (akan sangat  membantu)

c.        Tanyakan berapa lama mereka telah mengajar hipnosis untuk kelas melahirkan, dan di mana mereka mengajar kelas. (Home, rumah sakit, dll)

d.      Berapa banyak kelas yang telah mereka ajar dan berapa lama masing-masing kelas/ masing-masing pertemuan.

e.       Apa materi yang mereka berikan dengan kelas (Buku, kaset, CD's, DVD/VCD, script, bantuan telepon, dll)

f.        Berapa biaya kelas, dan apakah itu kelas kelompok atau pribadi.

g.       Apakah mereka akan hadir sebagai pendamping saat proses persalinan anda nanti Jika tidak, apa yang akan mereka latihkan untuk “bekal” menghadapi proses persalinan?

h.       Berapa banyak dari mantan siswa mereka telah berhasil menggunakan hipnosis tentu saja melahirkan mereka. (Mereka harus tahu)

i.         Tanyakan kepada mereka tentang mengapa mereka menjadi instruktur hipnosis melahirkan. Mudah-mudahan mereka memiliki semangat untuk melahirkan dan cinta alam, melahirkan nyaman!

j.         Dan akan lebih ideal jika instruktur tersebut pernah bersalin dan memiliki pengalaman persalinan yang nyaman juga.

 

Salam Hangat dan Sukses Selalu

Yesie Aprillia S.Si.T, M.Kes

(Bidan, Instruktur dan Praktisi Hypnobirthing Indonesia)

Email   : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Website: www.bidankita.com

Hp: 081 329 017 009