gototopgototop

Video Posisi Melahirkan Alami

PDFPrintE-mail

Share

Sampai saat ini masih banyak yang berfikir bahwa posisi persalinan dengan berbaring adalah posisi yang paling baik. Dan sampai sekarang sebagian besar posisi persalinan dengan berbaring terlentang ataupun setengah duduk (sebenarnya setengah berbaring) masih sering digunakan. Alasannya sangat klise yaitu memudahkan bidan atau dokter menolong kelahiran bayi. Padahal posisi ini kurang baik bagi ibu maupun bayi.

Nah mari kita lihat gambarannya melalui video-video berikut ini dan amatilah ternyata dengan posisi berbaring akan lebih “merangsang” si bidan dan dokter untuk melakukan episiotomy. Dan coba amati dan bedakan dengan video yang lain.

Harapan saya Anda mulai terbuka dan mulai berusaha merubah “gaya lama” tersebut.

1. Video Persalinan Normal dengan Posisi JONGKOK

Klip berikut ini menggambarkan proses persalinan dengan bayi besar yang mana ibunya melahirkan dalam posisi berjongkok dengan disangga atau di bantu suaminya. Banyak ibu yang memilih posisi ini saat melahirkan karena dengan berjongkok maka akan membuka panggul dan memanfaatkan gaya gravitasi, mendorong bayi menuruni jalan lahir lebih cepat. Posisi i melahirkan seperti ini membuat ibu mampu mengontrol dirinya dan membantu pembukaan panggul sekitar 30% lebih luas daripada dalam posisi terlentang. Jika Anda lelah, cobalah untuk berdiri atau duduk untuk bersantai di antara kontraksi. Anda juga dapat menggunakan bola persalinan. Menggunakan bola persalinann akan membantu rileks pada area perineum dan kaki selama persalinan.

Lihat dan amati video ini untuk melihat bagaimana cara melahirkan bayi dalam posisi jongkok dan disangga pasangan:

JavaScript is disabled!
To display this content, you need a JavaScript capable browser.

 

2. Video Persalinan Normal dengan Posisi Merangkak

Video melahirkan berikut ini menunjukkan seorang wanita yang melahirkan dengan posisi merangkak. Ini adalah salah satu posisi melahirkan yang paling disarankan untuk persalinan dengan posisi bayi posterior atau bayi besar. Posisi ini bagus untuk melahirkan karena ini salah satu posisi yang paling nyaman karenas melahirkan dengan posisi ini dapat melengkungkan punggung ibu bersalin untuk membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan.

JavaScript is disabled!
To display this content, you need a JavaScript capable browser.

 

3. Persalinan Persalinan dengan Setengah Duduk (Posisi yang biasa atau sering di dilakukan /diterapkan di RS)

Video melahirkan berikut ini menunjukkan seorang wanita yang melahirkan di rumah sakit dalam posisi semi-duduk atau setengah duduk. Jika Anda memilih untuk melahirkan bayi Anda dalam posisi ini, gunakan bantal di bawah lengan untuk mendukung tubuh Anda. Pada setiap kali Anda merasa kontraksi, Anda bisa mengkaitkan tangan Anda di sekitar lutut Anda dan tarik lutut Anda ke arah bahu Anda. Ini adalah salah satu posisi yang paling umum digunakan bersalin di rumah sakit. Pastikan untuk bersandar dengan baik, jangan berbaring! Karenadengan demikian Anda bisa mendapatkan bantuan dari gaya gravitasi untuk membantu penurunan bayi Anda jalan lahir. Dengan memegang lutut Anda, Anda akan merasa lebih bisa memegang kendali ketika tiba saatnya untuk bernapas lembut (jangan mengejan keras) ketika bayi Anda keluar/ lahir

Lihat video ini untuk melihat bagaimana hal itu dilakukan.

JavaScript is disabled!
To display this content, you need a JavaScript capable browser.

Posisi Melahirkan Lainnya:

Ada banyak posisi lain yang bisa digunakan saat peralinan. Video persalinan di atas adalah yang paling populer. Sedangkan posisi yang lain meliputi:

a. Posisi Melahirkan dengan Berlutut

Ini adalah salah satu posisi melahirkan yang paling dianjurkan jika Anda bersalin secara alami di tempat tidur. Letakkan tangan Anda di atas tempat tidur dan letakkan lutut anda melebar dan nyaman. Anda juga sedikit mengakat satu kak anda. Posisi ini mengurangi dan mencegah robekan perineum dan kebutuhan episiotomi.  ini juga membuat ibu merasa sangat tenang dan santai.

b. Posisi Melahirkan dengan Tidur Miring

Jika Kala kedua persalinan Anda sangat cepat, anda dapat menggunakan posisi ini di mana Anda berbaring miring dan kaki satunya di sangga dan diangkat oleh pasangan Anda. Posisi ini berguna jika Anda lelah.

c. Posisi Melahirkan dengan Duduk

Duduk di toilet, bangku bersalin atau melahirkan bola membuka panggul akan meningkatkan gaya gravitasi dan membantu bayi keluar secara alami.

Nah sekarang pilih posisi persalinan yang akan Anda gunakan dan komunikasikan dengan bidan serta dokter yang akan menolong Anda:

Salam hangat

Bidan Kita