gototopgototop

Share

Dalam istilah bahasa jawa, melahirkan adalah “babaran” artinya sudah selesai atau telah di lepaskan. Dan melahirkan pada dasarnya adalah sebuah pelepasan.

Saya telah membantu banyak ibu dalam persalinan baik di rumah ibu (homebirth) maupun di Klinik Bidan Kita, dan telah melihat berkali-kali bahwa jika mereka mempersiapkan diri selama kehamilan, jika mereka benar-benar berlatih melepaskan, dengan napas mereka, maka ketika berada dalam proses persalinan, mereka jauh lebih mampu untuk “menyerah” dengan semua sensasi yang ada dan “pergi” bersama sensasi itu daripada “melawannya”.

Bagi seorang ibu yang hendak melahirkan secara naluriah, dia perlu merasa benar-benar aman, tidak hanya secara fisik, tetapi secara emosional dan spiritual. Dukungan dari orang terdekat dan orang yang mencintainya sangatlah penting. Dia membutuhkan cinta dari semua orang, dan kesabaran dan pengetahuan bahwa mereka memiliki iman dan keyakinan bahwa tubuhnya mempunyai pengetahuan yang sempurna untuk melahirkan bayinya.

Seorang wanita dalam persalinan harus bebas untuk bergerak sesuai dengan irama dan insting tubuhnya secara naluriah. Pertolongan alternatif untuk membantu menghilangkan dan meringankanrasa sakit harus tersedia juga. Selama ini dengan penggunaan kompres hangat, dan juga penggunaan shower air hangat maupun berendam di kolam air hangat, pijat, homeopati, hypnobirthing dll sangat membantu.Perlu ada tempat yang empuk baginya untuk berjongkok dan berlutut di lantai. Perlu ada cahaya yang remang-remang dan privasi. Dia harus memiliki kebebasan untuk mengerang dan berteriak serta mengekspresikan dirinya dengan cara apapun.

Setelah mengenal dan mendalami gentle birth, Tidak ada ibu yang saya paksa lagi untuk berbaring terlentang, setengah duduk atau berada dalam satu posisi yang saya ingini dan memudahkan saya untuk melakukan tindakan. Karena saya sadar bahwa ibu akan lebih mudah dan lancar untuk melahirkan ketika dia bisa memberdayakan diri untuk terus mendengarkan dan melakukan apa yang terasa tepat untuk dirinya dan bayinya. Sebagian besar ketika seorang wanita mengikuti tubuhnya dia akhirnya melahirkan dengan duduk, jongkok, merangkak bahkan berdiri.

Setiap Wanita sudah tahu bagaimana cara untuk melahirkan. Karena tubuh seorang wanita diciptakan untuk melahirkan dan melahirkan adalah hal yang paling alami di dunia - telah berlangsung selama ribuan tahun. Setiap dari kita memiliki warisan, dan memori selular, dari generasi ibu yang telah melahirkan terdahulu.

Mamalia melahirkan tanpa menghadiri kelas melahirkan dan mereka tidak memesan ke rumah sakit untuk melahirkan. Kita lupa bahwa manusia adalah mamalia juga! Dapatkah Anda membayangkan seekor kuda atau rusa melahirkan sambil berbaring terlentang? Seekor kucing yang melahirkan di sebuah ruangan yang terang benderang penuh sesak? Ketika itu terjadi, yang ada adalah proses persalinannya akan berhenti segera dan akhirnya dia harus mendapatkan hormon sintetis (induksi) untuk merangsang proses persalinan terjadi lagi.

Di jaman modern seperti sekarang ini, normalitas proses persalinan dan kelahiran sudah mulai terlupakan. High Tech adalah merayap masuk (Bahkan seorang wanita itu sendiri yang memilih ini.) Tingkat operasi Sesar semakin merayap naik atau semakin banyak terjadi di rumah sakit. Ibu dan bayi langsung dipisahkan segera setelah lahir. Semakin sedikit ibu yang mampu menyusui dan memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka. Apa yang terjadi? Teknologi telah dirancang untuk menyelamatkan nyawa dan bila diperlukan serta digunakan dengan bijaksana itu benar-benar menakjubkan hasilnya. Keprihatinan saya adalah bahwa tehnologi telah digunakan terlalu “over” dan dengan demikian apa yang pernah menjadi peristiwa normal dalam kehidupan manusia telah berubah menjadi prosedur medis yang penuh dengan resiko. Sebuah ritual dimana seorang perempuan tumbuh menjadi ibu telah digantikan oleh obat, hormon-hormon alami yang berada di tubuh kita sudah tidak melakukan pekerjaan luar biasa yang diperlukan dalam proses melahirkan dan dilahirkan, dan kita kehilangan tantangan dan kesempatan untuk benar-benar mengalami satu pengalaman yang paling berpotensi memberdayakan dalam hidup kita.

Dalam pekerjaan saya, saya bertujuan untuk membantu para wanita memperoleh kembali pengalaman persalinan yang positif. Ketika seorang wanita diberikan informasi yang jelas, dan dilibatkan dalam penentuan pilihan dan pengambilan keputusan, dan merasa didukung sepenuhnya, dia merasa aman dan bisa melahirkan secara alami dan naluriah. Dengan sikap mental / emosi positif, maka setiap wanita mampu melahirkan dengan cara yang sangat indah.

Selain itu saya ingin bayi-bayi yang lahir di dunia ini merasakan damai dan disambut denna penuh sukacita oleh orang-orang yang mendukung dan mencintainya. Karena ini merupakan pondasi bagi kehidupannya kelak. Gentle birth sebuah proses persalinan dan kelahiran yang santun, ramah jiwa, minim trauma bagi buah hati dan generasi kita.

Kami Percaya ....

Bahwa Proses Persalinan itu sebuah proses yang ALAMI dan AMAN.

Janin Tumbuh dan berkembang di dalam Rahim seorang Wanita yang mana Rahim itu adalah sumber KASIH.

Kami Percaya.....

Bahwa Tuhan menciptakan dan Mendesain tubuh seorang Wanita SEMPURNA untuk melahirkan alami.

Kami Percaya....

Bahwa Tubuh di dalam seorang wanita menyimpan pengetahuan yang luar biasa. Sebagaimana dia bagaimana menumbuhkan telur dan sperma serta memeliharanya di dalam tubuh manusia, dia juga tahu bagaimana cara mengeluarkan janin. .
Tugas kita adalah hanya untuk relaks, siapkan jalannya dan percaya.

Kami Percaya .....

Bahwa “gangguan” atau komplikasi yang seringkali terjadi dalam proses persalinan sangat di pengaruhi oleh 3 faktor di bawah ini:

1. Miskinnya pengetahuan dan persiapan

2. Ketakutan dan kekhawatiran (flight and fight respon dalam persalinan)

3. Gangguan dari Luar (intervensi dari bidan/dokter yang tidak perlu)

Bila faktor-faktor tersebut dihilangkan, kebanyakan wanita bisa melahirkan dengan mudah dan lancer

Kami Percaya ....

Bahwa tubuh kita dan bayi sangat responsif terhadap pikiran kita. Cara terbaik untuk memastikan kehamilan dan kelahiran baik, sehat dan alami
adalah berpikir positif, menghadapi dan mengatasi ketakutan kita, dan percaya pada kemampuan kita sendiri

1. Hypnobirthing Prenatal Class (PAKET)

Siapa yang tidak ingin proses persalinannya lancar, nyaman dengan rasa sakit yang minimal bahkan tanpa rasa sakit?

Tentu saja semua wanita menginginkan hal ini bukan?

Nah ikutilah program ini

Untuk biaya Paket 3x pertemuan Rp 500.000,- /session (durasi 90-120 menit)

keterangan kurikulum dan biaya ada di sini


2. Hypnobirthing for Gentle natural and confidance birth (Privat)

Siapa yang tidak ingin proses persalinannya lancar, nyaman dengan rasa sakit yang minimal bahkan tanpa rasa sakit? Melalui proses persalinan yang lembut dan minim trauma bagi ibu maupun bayinya.

Tentu saja semua wanita menginginkan hal ini bukan?

Nah ikutilah program ini

Untuk biaya Paket 5x pertemuan Rp 750.000,- /session (durasi 90-120 menit)

keterangan kurikulum dan biaya ada di sini


3. Hypnobirthing for Gentle natural and confidance birth (Group)

Kelas ini kami kemas menjadi bentuk Group (maksimal 15 couple)

Dengan kelas yang interaktif Anda bisa saling sharing dan mendapatkan ilmu yang banyak.

Dilengkapi dengan teori dan praktek langsung Anda akan semakin siap untuk proses persaliann yang nyaman

Kelas ini dikemas dalam waktu yang padat (weekend) sehingga sangat cocok bagi Anda yang sibuk dan mobile

Untuk info kelas dan biaya silahkan hubungi Bidan Kita


4. Hypnobirthing For VBAC preparation

Anda menginginkan untuk melahirkan secara normal setelah sebelumnya pernah mengalami operasi sesar?

Pemberdayaan diri adalh kuncinya

Ikutilah kelas ini yang akan mendukung dan membimbing anda untuk memberdayakan diri dan mempersiapkan body mind and spirit untuk memperoleh proses persalinan normal yang indah, menyenangkan , nyaman dan aman bagi Anda dan bayi Anda

Untuk biaya Paket 5x pertemuan Rp 750.000,- /session (durasi 90-120 menit)

keterangan kurikulum dan biaya ada di sini


5. Hypnobirthing For C- Section preparation

Ketika Anda ternyata harus operasi sesar, walaupun mungkin itu bukanlah pilihan Anda, namun demi mendapatkan hasil yang terbaik maka, minim trauma bagi Anda dan bayi Anda, maka Anda sangat perlu untuk mengikuti program yang satu ini

Untuk biaya Paket 2x pertemuan Rp 300.000,- /session (durasi 90-120 menit)

keterangan kurikulum dan biaya ada di sini

6. Hypnnobirthing for Obstetric and gynecology case

Mulai dari hamil dengan kasus posisi bayi sungsang, melintang, plasenta previa, hypertensi , hamil dengan myoma/kista, dapat sangat di bantu dengan program ini. Iktilah segera

Untuk biaya Rp: 250.000,- /session (durasi 90-120 menit)

Jadwal : By Appointment (Harus Dengan perjanjian)


7. Hypno-fertility

Program ini ditujukan bagi para pasangan yang ingin hamil dan mempunyai momongan serta mempersiapkan hamil sehat.

Biaya : Rp. 200.000/pertemuan
Waktu : 90 s.d 120 menit
Jadwal : By Appointment (Harus Dengan perjanjian)


8. Hypnobreastfeeding

Program ini ditujukan untuk ibu menyusui agar ASi lancar dan bisa RELAKTASI
Dilengkapi dengan massage payudara.

Biaya : Rp. 300.000 (Paket 2 x pertemuan)
Waktu : 90 s.d 120 menit
Jadwal : By Appointment (Harus Dengan perjanjian)


9. Hypno-Parenting & Hypno-Therapy (vaginismus, healing birth trauma, hypnopost partum, hypno-slimming)

Therapy hypnotherapy ini untuk segala macam kasus
Biaya : Rp. 250.000/pertemuan
Waktu : 90 s.d 120 menit
Jadwal : By Appointment (Harus Dengan perjanjian)


10. Prenatal Yoga for Gentle Birth

Ø Prenatal Yoga for Gentle Birth di JOGJA

Tempat : Studio Yoga Balance Jogja

Hari/Pukul : Selasa, jam 09:00 – 11.00 WIB

Biaya : Rp 75.000/session

Ø Prenatal Yoga for Gentle Birth di KLATEN (Bidan Kita)

Tempat : Bidan Kita Klaten

Hari/Pukul : Kamis, jam 16:00 – 18.00 WIB

Biaya : Rp 40.000/session

11. Pregnancy Acupresure and acupuncture

Program ini diberikan khusus untuk ibu hamil yang mengalami post date atau masa kehamilannya melebihi 40 minggu. Tujuan program ini adlaah untuk melakukan induksi alami

Biaya : Rp. 100.000/pertemuan (Acupresure& moxa therapy), Rp. 75.000 / pertemuan (Accupunkture)
Waktu : 90 s.d 120 menit
Jadwal : By Appointment (Harus Dengan perjanjian)

12. Baby massage, baby spa dan baby Yoga

Pijat Bayi dapat dilakukan setiap hari
Sedangkan untuk Spa baby plus Pijat Bayi dilakukan terjadwal dengan biaya

Biaya : range antara 30.000 s.d 75.000


13. Home Care (post partum care, baby massage) (Khusus wilayah Klaten dan Prambanan)

Home care diberikan bagi client bidan kita

Biaya bervariasi tergantung jarak tempuh

Informasi biaya ada di 0272 3111884


14. Pijat payudara (Breast care)

Layanan Pijat Payudara ini bisa dilakukan kapan saja dan bahkan bisa dilakukan dengan metode kunjungan ruman (*** ini diutamakan bagi para ibu yang berdomisili di Klaten)
Biaya yang harus Anda keluarkan hanya :

· Rp. 35.000,- (Pijat dilakukan di Bidan Kita)

· Rp. 50.000,- (Pijat dilakukan dengan Kunjungan Rumah dengan catatan rumah radius 5 km dari Bidan Kita)


15. Imunization / Imunisasi


16. Contraceptive / Pemasangan Alat Kontrasepsi (KB)

Berbagai layanan KB di lakukan disini Antara lain:

· KB Suntik

· KB Pil

· KB Implant

· KB IUD

· Konsultasi KB dengan Metode Billings

*** Keterangan tambahan:

Bagi Klien dengan minat pasang Implant dan IUD dapat dilakukan dengan metode Hypnoanesthesia, sehingga Klien tetap merasa nyaman, rileks, tenang bahkan tanpa rasa sakit saat dipasang alat KB tersebut


17. Natural and gentle birth / Persalinan Normal Alami

Sudah banyak ibu-ibu yang merasakan nyamannya melahirkan nyaman dan alami.

Bahkan banyak juga proses melahirkan yang tanpa mengejan bahkan sambil tertawa. Dan hanya Anda dapatkan disini tentunya dengan berbagai persiapan-persiapan yang matang.

Untuk jenis layanan dan biaya silahkan hubungi Bidan Kita


18. Antenatal care / Pemeriksaan kehamilan

Pemeriksaan kehamilan di Bidan Kita dilengkapi dengan Belly Mapping dan Konsultasi Gratis baik langsung maupun Online, sehingga Anda semakin mengerti tentang Kehamilan, persalinan dan perawatan bayi.

Biaya : Rp. 50.000,- (tanpa USG) Rp. 75.000 (Dengan USG)

Keterangan :

· Pemeriksaan dilakukan secara komprehensif dan menggunakan obat-obatan standart

· Apabila ada permintaan obat khusus atau ada kasus khusus yang menggunakan obat atau fasilitas lain maka tambahan biaya ditanggung klien


19. Consulting maternity health care / Konsultasi seputar kesehatan ibu dan anak

Bidan Kita melayani konsultasi kesehatan terutama perihal kesehatan ibu dan Anak.Silahkan datang dan dapatkan ilmu pengetahuan lengkap dengan penyampaian yang ramah dan komunikatif.


20. Komunitas Gentle Birth

Melalui media Online Bidan Kita membentuk komunitas untuk saling sharing dan berbagi tentang ilmu pengetahuan dan kesehatan seputar ibu dan anak. Harapannya masyarakat lebih MELEK Informasi dan lebih bijak dalam menjaga kesehatan keluarga.

Bergabunlah dalam komunitas ini:

https://www.facebook.com/groups/gentlebirthuntuksemua/


21. Maternity and babies photography

Dan kami siap abadikan semua moment berharga Anda ;)

 


 

Follow us on Twitter