gototopgototop

INGIN HAMIL PADA PENDERITA PCOS

PDFPrintE-mail

Share

Sindroma ovarium polikistik (PCOS-Polycystic Ovary Syndrome) adalah endokrinopatia utama yang terjadi pada wanita pada masa reproduksi dan diperkirakan mengenai lebih dari 10% populasi. Pada tahun 1935, Stein dan Leventhal menggambaran adanya penderita amenorea dan infertil dan disertai dengan pembesaran ovarium berikut sejumlah kista kecil di dalamnya.

 

(PCOS) merupakan masalah kesehatan seorang wanita yang dapat mempengaruhi:

- Siklus menstruasi

- Kemampuan untuk memiliki anak

- Hormon

- Jantung

- Pembuluh darah

- Penampilan

Dengan PCOS, perempuan biasanya memiliki:

- Tingginya kadar androgen. Ini kadang-kadang disebut hormon pria, meski wanita juga memproduksinya, namun dalam skala kecil.

- Mens yang tidak teratur

- Banyaknya Kista di indung telur mereka

Berapa banyak wanita yang menderita PCOS?

Antara 1 dari 10 dan 1 dari 20 perempuan usia subur memiliki PCOS. dan ini dapat terjadi pada anak perempuan yang masih berusia 11 tahun.

Apa yang menyebabkan PCOS?

Penyebab PCOS tidak diketahui. Tetapi kebanyakan ahli berpikir bahwa beberapa faktor, termasuk genetika sangat berperan. Wanita dengan PCOS lebih mungkin memiliki ibu atau saudara perempuan dengan PCOS.

Masalah utama yang mendasari PCOS adalah ketidakseimbangan hormon. Pada wanita dengan PCOS, ovarium membuat androgen lebih banyak dari biasanya. Androgen adalah hormon laki-laki walaupun perempuan juga memproduksinya. Tingginya kadar hormon ini mempengaruhi perkembangan dan pelepasan telur selama ovulasi.

Para peneliti juga berpikir insulin mungkin berhubungan dengan PCOS. Insulin adalah hormon yang mengontrol perubahan gula, pati, dan makanan lainnya menjadi energi bagi tubuh untuk digunakan atau disimpan. Banyak wanita dengan PCOS memproduksi terlalu banyak insulin dalam tubuh mereka karena mereka memiliki masalah dalam memproduksinya. Kelebihan insulin tampaknya meningkatkan produksi androgen. Tingginya kadae androgen dapat menyebabkan:

- Jerawat

- Pertumbuhan rambut yang berlebihan

- Berat badan

- Masalah dengan ovulasi

Apa saja gejala PCOS?

Gejala-gejala PCOS dapat bervariasi dari wanita untuk wanita. Beberapa gejala PCOS mencakup:

- Infertilitas (tidak bisa hamil) karena tidak berovulasi. Bahkan, PCOS adalah penyebab paling umum dari ketidaksuburan seorang perempuan.

- Jarang, tidak ada, dan / atau periode menstruasi yang tidak teratur

- Hirsutisme, meningkatkan pertumbuhan rambut pada wajah, dada, perut, punggung, jempol, atau jari kaki

- Kista pada ovarium

- Jerawat kulit, berminyak, atau berketombe

- Berat badan atau obesitas, biasanya dengan berat badan ekstra di sekitar pinggang

- Mempunyai pola kebotakan atau penipisan rambut seperti Pria

- Kulit pada leher, lengan, payudara, atau paha yang tebal dan berwarna coklat tua atau hitam

- Kulit tag – flaps yaitu kelebihan kulit di ketiak atau daerah leher

- Sering merasa Nyeri panggul

- Kecemasan atau depresi

- Sleep apnea - berhenti bernapas untuk jangka waktu yang singkat saat tidur

Mengapa wanita dengan PCOS memiliki masalah dengan siklus menstruasi dan kesuburan?

Ovarium, di mana seltelur wanita diproduksi, memiliki kecil kantung berisi cairan yang disebut folikel atau kista. Seperti telur yang tumbuh, folikel terbentuk cairan. Ketika telur matang, folikel istirahat lalu terbuka, telur dilepaskan, dan telur berjalan melalui tuba fallopi ke uterus (rahim) untuk terjadi pembuahan. Ini disebut ovulasi.

Pada wanita dengan PCOS, ovarium tidak membuat semua hormon yang dibutuhkan sel telur untuk sepenuhnya matang. Folikel mungkin mulai tumbuh dan membangun cairan tapi tidak terjadi ovulasi. Sebaliknya, beberapa folikel mungkin tetap sebagai kista. Untuk alasan ini, ovulasi tidak terjadi dan produksi hormon progesteron tidak ada. Tanpa progesteron, siklus menstruasi wanita tidak teratur atau tidak ada. Plus, ovarium membuat hormon laki-laki, yang juga mencegah ovulasi.

Bagaimana saya tahu jika saya memiliki PCOS?

Tidak ada tes tunggal untuk mendiagnosis PCOS. Dokter akan mengambil langkah-langkah berikut untuk mengetahui apakah Anda memiliki PCOS atau jika sesuatu yang lain yang menyebabkan gejala Anda.

- Riwayat kesehatan. Dokter akan bertanya tentang menstruasi Anda, perubahan berat badan, dan gejala lainnya.

- Pemeriksaan fisik. Dokter Anda akan ingin untuk mengukur tekanan darah Anda, indeks massa tubuh (BMI) , dan ukuran pinggang. Dia juga akan memeriksa daerah-daerah pertumbuhan rambut yang meningkat. Anda harus mencoba untuk memungkinkan rambut alami untuk tumbuh selama beberapa hari sebelum kunjungan.

- Pemeriksaan panggul. Dokter Anda mungkin ingin memeriksa untuk melihat apakah ovarium Anda membesar atau bengkak oleh peningkatan jumlah kista kecil.

- Tes darah. Dokter mungkin memeriksa tingkat hormon androgen dan glukosa (gula) dalam darah Anda.

- USG vagina (USG). Dokter mungkin melakukan tes yang menggunakan gelombang suara untuk mengambil gambar dari area pinggul. Ini dapat digunakan untuk memeriksa ovarium Anda untuk kista dan memeriksa endometrium (lapisan rahim). Lapisan ini dapat menjadi tebal jika menstruasi anda tidak teratur.

Bagaimana PCOS diobati?

Karena tidak ada obat untuk PCOS, perlu dikelola untuk mencegah masalah. Tujuan pengobatan didasarkan pada gejala anda, apakah Anda ingin menjadi hamil, dan menurunkan kesempatan Anda untuk mendapatkan penyakit jantung dan diabetes. Banyak wanita akan memerlukan kombinasi perawatan untuk memenuhi tujuan ini. Beberapa pengobatan untuk PCOS antara lain:

- Modifikasi gaya hidup. Banyak wanita dengan PCOS kelebihan berat badan atau obesitas, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Anda dapat membantu mengelola PCOS Anda dengan makan sehat dan berolahraga untuk menjaga berat badan pada tingkat yang sehat. Tips-tips makan sehat meliputi:

Ø Membatasi makanan olahan dan makanan dengan gula tambah

Ø Menambahkan lebih banyak produk gandum utuh, buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak untuk diet Anda

- Hal ini membantu untuk menurunkan glukosa darah (gula) tingkat, meningkatkan penggunaan tubuh insulin, dan menormalkan kadar hormon dalam tubuh Anda. Bahkan kehilangan 10 persen berat badan dapat mengembalikan periode normal dan membuat siklus Anda lebih teratur.

- obat Diabetes.  obat metformin (Glucophage) digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2. Ini juga telah ditemukan untuk membantu dengan gejala PCOS, meskipun tidak disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk penggunaan ini. Metformin mempengaruhi cara kontrol insulin glukosa darah (gula) dan menurunkan produksi testosteron. Hal ini memperlambat pertumbuhan rambut abnormal dan, setelah beberapa bulan penggunaan, dapat membantu ovulasi kembali. Penelitian terbaru menunjukkan metformin memiliki efek positif lain, seperti massa badan menurun dan kadar kolesterol baik. Metformin tidak menyebabkan seseorang menjadi penderita diabetes.

- obat Kesuburan. Gangguan pada ovulasi biasanya alasan untuk masalah kesuburan pada wanita dengan PCOS. Beberapa obat yang merangsang ovulasi dapat membantu wanita dengan PCOS menjadi hamil. Meski begitu, alasan lain untuk infertilitas baik wanita dan pria harus disingkirkan sebelum obat kesuburan yang digunakan. Juga, beberapa obat kesuburan meningkatkan risiko kelahiran kembar (kembar, kembar tiga). Pilihan pengobatan termasuk:

Ø Clomiphene (Clomid, Serophene) - terapi pilihan pertama untuk merangsang ovulasi untuk sebagian besar pasien.

Ø Metformin diambil dengan clomiphene - mungkin dicoba jika klomifen saja gagal. Kombinasi tersebut dapat membantu wanita dengan PCOS berovulasi pada obat dosis rendah.

Ø Gonadotropin - diberikan sebagai tembakan, tetapi lebih mahal dan meningkatkan risiko kelahiran kembar dibandingkan clomiphene.

Ø Pilihan lain adalah fertilisasi in vitro (IVF). IVF menawarkan kesempatan terbaik untuk menjadi hamil dalam siklus tertentu. Hal ini juga memberikan kontrol yang lebih baik dokter atas kemungkinan kelahiran kembar. Tapi, IVF sangat mahal.

Ø Bedah "pengeboran ovarium". Adalah operasi yang dapat meningkatkan kemungkinan ovulasi. Ini kadang-kadang digunakan ketika seorang wanita tidak merespon terhadap obat-obatan kesuburan. Dokter membuat luka yang sangat kecil atas atau di bawah pusar (pusar) dan memasukkan sebuah alat kecil yang bertindak seperti teleskop ke dalam perut (perut). Ini disebut laparoskopi. Dokter kemudian tusukan ovarium dengan jarum kecil yang membawa arus listrik untuk menghancurkan sebagian kecil dari ovarium. Prosedur ini membawa risiko mengembangkan jaringan bekas luka di ovarium. Pembedahan ini dapat menurunkan kadar hormon pria dan membantu dengan ovulasi. Tetapi, efek ini hanya dapat bertahan beberapa bulan. Perawatan ini tidak membantu dengan hilangnya rambut kepala atau peningkatan pertumbuhan rambut pada bagian lain

ApakahPCOS mempengaruhi seorang wanita saat hamil?

Wanita dengan PCOS tampaknya memiliki resikolebih tinggi dari:

- Keguguran

- diabetes Gestational

- Kehamilan akibat tekanan darah tinggi ( preeklampsia )

- Kelahiran prematur

- Bayi yang lahir dari wanita dengan PCOS memiliki risiko lebih tinggi menghabiskan waktu di unit perawatan intensif neonatal atau kematian sebelum, selama, atau segera setelah lahir. Sebagian besar waktu, masalah ini terjadi di beberapa kelahiran bayi (kembar, kembar tiga).

Para peneliti sedang mempelajari apakah metformin obat diabetes dapat mencegah atau mengurangi kemungkinan mengalami masalah saat hamil. Metformin juga menurunkan kadar hormon pria dan batas penambahan berat badan pada wanita yang mengalami obesitas ketika mereka hamil.

Metformin adalah kehamilan FDA obat kategori B. Tidak tampak menyebabkan cacat lahir besar atau masalah lain pada wanita hamil. Tapi, hanya ada beberapa penelitian penggunaan metformin pada wanita hamil untuk memastikan keamanannya. Bicarakan dengan dokter tentang mengambil metformin jika Anda sedang hamil atau sedang mencoba untuk hamil. Juga, metformin dilewatkan melalui ASI. Bicarakan dengan dokter tentang penggunaan metformin jika Anda seorang ibu menyusui.

Beberapa ketidakseimbangan hormon biasanya termasuk yang berikut:

1. tingkat testosteron Lebih tinggi.

2. tingkat kortisol Lebih tinggi

3. tingkat estrogen Lebih tinggi atau normal.

4. FSH (follicle stimulating hormone) Lebih rendah.

5. LH (luteinizing hormone) Lebih tinggi atau normal.

6. Progesteron Rendah.

7. tingkat insulin Tinggi atau resistensi insulin.

8. tingkat prolaktin Tinggi.

9. ketidakseimbangan pola Hypothyroidism, seperti T4 rendah (tiroksin) dan T3 (triiodotironin). 

Apakah wanita penderita PCOS mempunyai risiko masalah kesehatan lainnya?

Wanita dengan PCOS memiliki kemungkinan lebih besar terkena beberapa kondisi kesehatan serius, termasuk penyakit yang mengancam nyawa. Penelitian terbaru menemukan bahwa:

- Lebih dari 50 persen wanita dengan PCOS akan memiliki diabetes atau pra-diabetes (toleransi glukosa) sebelum usia 40.

- Risiko serangan jantung adalah 4 sampai 7 kali lebih tinggi pada wanita dengan PCOS daripada wanita pada usia yang sama tanpa PCOS.

- Wanita dengan PCOS memiliki risiko lebih besar mengalami tekanan darah tinggi.

- Wanita dengan PCOS memiliki tingkat LDL (kolesterol jahat) dan rendahnya tingkat HDL (kolesterol baik).

- Wanita dengan PCOS dapat mengembangkan apnea tidur. Ini terjadi ketika bernapas berhenti untuk jangka waktu yang singkat selama tidur.

- Wanita dengan PCOS juga dapat lebih mudaha menderita  kecemasan dan depresi. Jadi sangat penting untuk berbicara dengan dokter Anda mengenai pengobatan untuk kondisi kesehatan mental.

- Wanita dengan PCOS juga berisiko untuk kanker endometrium. Periode menstruasi yang tidak teratur dan kurangnya ovulasi menyebabkan perempuan untuk menghasilkan hormon estrogen, tetapi bukan hormon progesteron.Progesteron menyebabkan endometrium (lapisan rahim) untuk menumpahkan setiap bulan sebagai periode menstruasi.Tanpa progesteron, endometrium menjadi kental, yang dapat menyebabkan perdarahan berat atau tidak teratur.Seiring waktu, hal ini dapat mengakibatkan hiperplasia endometrium, ketika lapisan tumbuh terlalu banyak, dan kanker.

Jika Anda memiliki PCOS, mengalami gejala Anda di bawah kendali pada usia lebih dini untuk membantu mengurangi kesempatan Anda memiliki komplikasi seperti diabetes dan penyakit jantung. Bicaralah dengan dokter Anda tentang mengobati semua gejala Anda, daripada berfokus hanya pada satu aspek PCOS Anda, seperti masalah hamil. Juga, berbicara dengan dokter tentang test untuk diabetes secara teratur. Langkah lain dapat Anda lakukan untuk menurunkan kesempatan Anda masalah kesehatan meliputi:

- Makan yang benar

- Berolahraga

- Tidak merokok

Bagaimana saya bisa mengatasi dampak emosional dari PCOS?

Memiliki PCOS bisa sulit. Anda mungkin merasa:

- Malu dengan penampilan Anda

- Khawatir tentang taidak bisa hamil

- Murung

Cara pengobatan untuk PCOS dapat membantu dengan masalah ini dan membantu meningkatkan harga diri Anda.Anda juga mungkin ingin mencari kelompok pendukung di daerah Anda atau online untuk membantu Anda mengatasi dampak emosional dari PCOS. Anda tidak sendirian dan ada sumber daya yang tersedia untuk wanita dengan PCOS.

Nah adalam artikel ini saya akan amencoba amemilih pendekatan alami untuk kesehatan Anda. Terapi alami seperti obat herbal, terapi progesteron alami, pijat diri untuk peningkatan kesuburan, terapi minyak jarak dan memperbaiki asupan gizi dapat membantu Anda menyeimbangkan hormon Anda, mengelola berat badan dan PCOS.

Dalam kebanyakan kasus dengan PCOS menjadi masalah karena alasan berikut:

1. Tidak berovulasi secara teratur setiap bulan.

2. Mengalami haid tidak teratur, terlalu pendek atau terlalu panjang.

3. Mengalami amenorea selama lebih dari tiga bulan.

4. Memiliki kista ovarium kecil 2-9 mm.

5. Setelah folikel matang. Ovarium polikistik mengandung folikel antral kecil banyak mengandung telur, yang tidak mengembang atau dewasa dan tidak lepaskan pada ovulasi.

6. Memiliki kelebihan jumlah testosteron hormon laki-laki menyebabkan peningkatan pertumbuhan rambut wajah dan tubuh (hirsutisme).

7. Memiliki resistensi insulin dan berat badan.

Bagaimana supaya Hamil

Jika Anda berusia di bawah usia 35 dan telah didiagnosa dengan sindroma ovarium polikistik dan infertilitas, pertanyaan sesungguhnya adalah tentang pengobatan yang paling efektif untuk kasus Anda.  Saya menyarankan Anda untuk melihat ke dalam pendekatan alami sebelum beralih ke pengobatan dengan obat kesuburan karena ini dapat menyebabkan efek samping berat.

PCOS & Mendeteksi Ovulasi

Tantangan pada penderita PCOS adalah tentang mendeteksi ovulasi. Bahkan, sebagian besar wanita dengan PCOS tidak dapat mendeteksi masa subur mereka dan gagal untuk hamil bahkan jika mereka berovulasi. Ovulasi pada PCOS sering tertunda karena ketidakseimbangan hormon. 

Tantangan lain untuk hamil bagia penderita PCOS berasal dari fakta bahwa produksi lendir leher rahim pada masa subur terganggu karena ketidakseimbangan hormon. Lendir leher rahim Anda mungkin menunjukakan masa subur namun tidak diikuti dengan kenaikan suhu basal tubuh.  

Wanita dengan sindrom polikistik ovarium mengalami "stimulasi folikel ganda," suatu kondisi di mana lebih dari satu folikel dipilih selama siklus. Stimulasi beberapa folikel dapat terjadi jika folikel dominan pecah atau tidak matang seperti yang diharapkan karena ketidakseimbangan hormon. Akibatnya, telur tidak dilepaskan dan pembuahan tidak dapat terjadi.

Sebagian besar wanita dengan sindrom ovarium polikistik akan dapat hamil dan memiliki bayi yang sehat. Hamil dengan PCOS adalah mungkin sekali Anda mengikuti program ini langkah-demi-langkah:

LANGKAH 1: Diet Untuk PCOS

Wanita dengan PCOS harus mengikuti diet tertentu untuk meningkatkan kesempatan mereka untuk pembuahan. Resistensi insulin merupakan salah satu aspek penting dari PCOS, yang meningkatkan kadar insulin dalam darah dan menghambat ovulasi atau mengganggu pematangan sel telur.  Cobalah untuk mengikuti panduan diet:

1. Makanlah dalam porsi kecil, setiap 3 jam. Pastikan untuk memulai sarapan dengan sejumlah kecil protein dan memiliki protein setiap makan.

2. Hanya makan karbohidrat yang sehat (tidak ada tepung halus atau gula) dan dalam jumlah terbatas per porsi. Jangan makan karbohidrat setiap kali makan, batasi satu porsi sekali sehari.

3. Selalu mengkonsumsi sayuran tinggi serat dengan makan. Ambil suplemen serat jika Anda membutuhkan serat ekstra.  minimal 35 gram serat sehari.

4. Makan makanan dengan indeks glisemik rendah (GI) setiap kali makan. 80% dari makanan Anda harus menjadi makanan GI rendah.

5. Gunakan minyak kelapa atau minyak zaitun saat memasak. Menghindari atau membatasi mentega dan benar-benar tidak makan margarin atau lemak terhidrogenasi. Jangan makan makanan yang digoreng. Gunakan minyak zaitun sebagai bumbu.

6. Minum jus yang segar atau dijus dengan juicer. Jika Anda memiliki gula darah tidak teratur atau resistensi insulin, jangan makan buah-buahan tinggi gula seperti pisang dan anggur. Apel, jeruk, pir, peach, aprikot, buah dan grapefruits adalah pilihan yang baik. Jangan makan buah setelah pukul 15:00

7. Hindari makanan yang mengandung hormon dan antibiotik. Batasi konsumsi keju susu dan telur.

8. Jangan minum alkohol, kopi atau teh hitam.

9. Meningkatkan kualitas sel telur dengan makan makanan ini: Royal Jelly, Spirulina, rumput gandum, buah, sayuran dengan daun gelap, biji labu, ikan seperti salmon Hindari, gula, makanan fast food, alkohol, merokok, lemak trans, dan stres.

LANGKAH KE 2: PIJAT DIRI SENDIRI UNTUK KESUBURAN

Lakukan pijat sendiri ini (self massage) dengan terapi minyak jarak.  ini sangat mudah untuk dipelajari

Self massage untuk peningkatan kesuburan ini membantu masalah ketidaksuburan, seperti:

- kista  Ovarium

- Sumbatana pada Tuba Falopii

- Endometriosis

- PCOS

Nah bisa dipelajari di sini:

Gejala PCOS Dan Siklus Menstruasi

Gejala PCOS menampakkan diri dalam mayoritas kasus sebagai penyimpangan dari siklus menstruasi.Menstruasi tidak teratur adalah hasil dari tidak berovulasi secara teratur. Istilah-istilah berikut sering digunakan dalam hubungan dengan aspek gejala PCOS.

1. Amenore, ketika wanita tidak mendapatkan waktu sama sekali.

2. Oligomenore, ketika seorang wanita mengalami periode jarang.

3. Hypermenorrhea, ketika periode terjadi terlalu sering.

4. Menorrhagia, bila wanita tersebut memiliki periode berat selama beberapa hari.

5. Metorrhagia, ketika terjadi perdarahan atau spotting yang terjadi di antara periode normal. 


LANGKAH 3: Konsumsi Homeophati Untuk PCOS

Pengobatan homeopati pada PCOS didasarkan pada pengobatan holistik. Cara terbaik adalah untuk berkonsultasi dengan konsultan homeopati yang dapat mengatasi kasus Anda dan pilih obat terbaik untuk Anda.

Obat ini termasuk Natum muriaticum, Sepia, Pulsatilla, Lycopodium, Lilium tigrinum, Baryta carbonica, Calcarea carbonica, Folliculinum, dll

Tonik ovarium baik ovarium yang dapat membantu Anda jika Anda jarang ovulasi terdiri dari mengambil obat homeopati berikut: Trifolium pratense, Lilium, Origanum, dan Senecio, Agnus castus.  ini biasanya dianjurkan untuk dikonsumsi dua kali sehari selama fase folikuler dari siklus Anda. 

Jika anda memiliki banyak cairan atau jaringan parut di sekitar ovarium Anda yang Thiosinaminum obat 6X dapat membantu memecah jaringan bekas luka. 

LANGKAH KE 4: Diet Sehat

Anda benar-benar harus fokus pada mengikuti diet sehat dan makan banyak makanan yang mendukung kesuburan kesehatan ovarium Anda seperti Royal Jelly. Penelitian telah menunjukkan bahwa PCOS berhubungan dengan sindrom resistensi insulin. Tubuh menjadi tidak dapat menangani lonjakan insulin pada siang hari menyebabkan ketagihan gula meningkat, berat badan, mudah marah, jerawat, ovulasi miskin dan tentu saja kesuburan rendah. Cobalah untuk makan makanan yang tinggi serat dan rendah karbohidrat. Jangan makan protein hewani terlalu banyak, pastikan untuk menambahkan banyak protein nabati yang sehat pula. 

Jika Anda makan karbohidrat, pastikan mereka datang dari seluruh bunga seperti Kamut, Spelt, dan Quinoa.

LANGKAH KE 5: Hypnotherapy

Ini adalah langkah yang sangat penting untuk Anda ambil. Karena ketika seorang wanita menderita PCOS, tantangan utamaa dari keberhasilah dan penyembuahan adalah hindaari stres. Nah Hypnotherapy bisa menjadi solusi untuk mengatasi stres dan membuat energi tubuh menjadi lebih seimbang.

Nah, semoga bermanfaat

Salam hangat

Bidan Kita

Follow us on Twitter