1.  Pilihlah lingkungan yang tenang.
    Meditasi harus dipraktikkan di tempat yang tenang. Hal ini akan membuat Anda dapat memusatkan perhatian secara khusus pada tugas yang ada dan menghindari memenuhi pikiran dengan rangsangan dari luar. Cobalah mencari tempat di mana Anda tidak akan terganggu selama meditasi, baik meditasi selama lima menit ataupun tiga puluh menit. Ruangannya tidak perlu terlalu besar, sebuah ruang kecil dan tertutup atau bahkan kantor maupun tempat tidurAnda juga dapat digunakan untuk bermeditasi, asalkan tidak ada gangguan di tempat tersebut.
    • Bagi orang yang baru mengenal meditasi, sangat penting untuk menghindari hal-hal yang menjadi pengganggu konsentrasi dari luar. Matikan televisi, telepon atau peralatan rumah tangga yang berisik lainnya. Jika Anda memainkan musik, pilihlah nada yang tenang, berulang dan lembut, agar tidak memutus konsentrasi Anda.
    • Pahami bahwa ruang meditasi tidak harus sunyi sepenuhnya, jadi tidak perlu mencari penutup telinga. Suara mesin pemotong rumput atau anjing tetangga yang menyalak seharusnya tidak menghalangi meditasi yang efektif. Pada kenyataannya, menyadari adanya suara-suara tersebut tapi tidak membiarkan suara-suara tersebut mendominasi pikiran Anda merupakan komponen penting dari meditasi yang sukses.
    • Bermeditasi di luar ruangan dapat dilakukan oleh banyak pelaku meditasi. Asalkan Anda tidak duduk di dekat jalan raya yang sibuk atau sumber-sumber suara bising lainnya, Anda dapat menemukan ketenangan di bawah pohon atau duduk di atas rumput yang lebat di pojok kebun.
  2. LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here