Robekan perineum dapat dibagi menjadi empat derajat:

  1. Derajat 1: ini adalah robekan yang sangat kecil sehingga bisa sembuh sendiri tanpa perawatan apa pun. Hanya luka dangkal karena hanya mengenai kulit perineum dan lapisan luar dari lubang vagina. Ini sering tidak memerlukan jahitan dan bakalan sembuh dengan cepat.
  2. Derajat 2: Beberapa sobekan terjadi lebih dalam hingga ke otot-otot di bawah kulit. Ini perlu dijahit melalui lapisan kulit. ini umumnya sembuh dalam waktu beberapa minggu.
  3. Derajat 3: Beberapa robekan lebih parah dan dapat meregang jauh melalui jaringan perineum dan otot sampai sfingter anal (otot di sekitar anus). Mereka pasti membutuhkan jahitan dan dapat menyebabkan rasa sakit yang signifikan selama beberapa bulan. Robekan ini dapat menempatkan Anda pada risiko inkontinensia ani (buang air besar yang tidak disengaja).
  4. Derajat 4: Ini adalah jenis robekan serius yang masuk lebih dalam melalui otot-otot yang ada di sekitar anus dan jaringan di bawahnya hingga anus. Mungkin perlu operasi kecil untuk menjahit sobekan yang terjadi.

Dalam beberapa kasus, robekan dapat terjadi di atas vagina, dekat dengan uretra. Naun robekan ini biasanya sangat kecil dan mungkin memerlukan sedikit atau tanpa jahitan. Mereka umumnya tidak termasuk otot, karenanya sembuh dengan sangat cepat. Habya saja ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat kencing.

 

Bagaimana proses penjahitan Itu Dilakukan

Bagi saya pribadi proses penjahitan luka perineum adalah proses yang sangat tidak saya sukai, karena proses ini membutuhkan tenaga dan focus yang lebih.  Itulah kenapa saya lebih sering mengedukasi ibu hamil supaya mempersiapkan vaginanya agar bisa elastis dan kuat saat persalinan sehingga tidak terjadi robekan saat melahirkan.

(Anda dapat membacanya disini)

Jika luka robekan hanya kecil da ringan, Anda mungkin dijahit di ruangan tempat Anda melahirkan. setelah memberikan anestesi lokal, untuk mematikan rasa di daerah yang bersangkutan, akan menutup robekan dengan jahitan jelujur. Sebagian besar, benang yang digunakan akan diserap oleh tubuh Anda, jadi tidak perlu di ambil.