Namun pada Kasus yang melibatkan episiotomi atau robekan tingkat ketiga hingga keempat, di mana robekannya lebih dalam melalui kulit ke otot, Anda biasanya dipindahkan ke ruang operasi dan dilakukan oleh dokter kandungan (otomatis jika Anda terjadi robekan derajat 3 dan 4 dan melahirkan di klinik yang tidak ada ruang operasinya, maka Anda akan dirujuk ke tingkat yang lebih tinggi dan lengkap fasilitasnya). Dokter kandungan dapat memberikan anestesi lokal melalui epidural (spinal) atau dalam beberapa kasus anestesi umum, tergantung pada tingkat kerusakan dan setelah itu, menjahit perineum. Tabung tipis (kateter) dapat dimasukkan ke dalam kandung kemih, untuk mengosongkan urin. Ini akan memungkinkan perineum sembuh dengan cepat. Biasanya, jahitan episiotomi adalah jahitan yang diserap atau larut.

 

Berapa Lama sembuhnya?

Biasanya luka jahitan akan sembuh dengancepat antara 1-2 minggu setelah melahikan. Apalagi apabila Anda merawatnya dengan baik.  Tetapi proses ini mungkin berbeda dari orang ke orang. Selain itu Juga, semakin besar robekannya, semakin banyak waktu penyembuhan. Rasa sakit dapat berkurang setelah seminggu tetapi ketidaknyamanan dapat berlanjut selama sekitar satu bulan.

Robekan yang lebih serius yang melibatkan jahitan yang lebih dalam mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Mungkin butuh 6 hingga 8 minggu untuk sembuh sepenuhnya. Rasa sakit mungkin dialami sekitar sebulan. Jahitan sering mulai gatal di area sekitar penjahitan biasanya dirasakan ketika lukanya mulai sembuh.

 

Bagaimana caranya supaya Anda tetap merasa nyaman?

Anda juga bisa membacanya disini ya

Jahitan bisa sangat menyakitkan setelah persalinan normal. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuatnya merasa nyaman:

  1. Gunakan “Jaranan” ini adalah resep dari nenek saya dan sangat ampuh ketika di terapkan pada ibu yang habis melahirkan.

Apa itu “jaranan” ? jaranan adalah kain panjang(90-100cm) yang di lipat kecil selebar pembalut yang di gunakan untuk meletakkan pembalut . sematkan pembalut yang sudah di beri kompres meggunakan kasa dan calendula tinktur /bethadine, lalu jadikan pembebat. Setiak kali Anda duduk dan berdiri Tarik kuat supaya luka bekas jahitan bisa terfiksasi dengan baik dan tidak tertarik ke salah satu sisi. Dan ingat! Setiap kali duduk, letakkan pantat Anda bersama sama (jangan duduk di salah satu pantat)

  1. Duduk di dalam bak berisi air dingin tidak hanya membantu menenangkan jahitan yang sakit tetapi juga meredakan pembengkakan. Ingatlah untuk menepuk-nepuk area kering dengan lembut menggunakan handuk bersih dan lembut. Atau, kompres dingin menggunakan ice pack atau ice gel.
  2. Saat duduk jika Anda mengalami rasa sakit, Anda dapat mencoba mencari bantal tiup berbentuk cincin atau bantal donat yang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan saat duduk.
  3. Untuk mengurangi tekanan dari perineum saat duduk di bangku, tekan dengan lembut bantalan di atas jahitan.
  4. Jika Anda merasa tidak nyaman saat buang air kecil, Anda mungkin bisa mengguyurnya dengan air hangat di area tersebut yang berguna untuk mengurangi sensasi terbakar.
  5. Ingatlah untuk menjaga perineum dan area vagina bersih dan kering untuk mencegah infeksi persalinan normal.
  6. Apabila Anda dapat memilih obat penghilang rasa sakit yang aman untuk mengatasi rasa sakit tetapi disarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan provider Anda dalam hal ini.