Cegah Poop saat melahirkan

sebenarnya ini adalah suatu hal yang mangat wajar!

bahkan bagi kami, para tenaga kesehatan (bidan dan dokter) di Poop-in Klien adalah hal yang Sudan sangat biasa. dan teringkali kami anggap sebagai BONUS.

namun bagi para ibu bersalin, seringkali merasa sungkan, malu dan risih ketika mendapati dirinya poop saat mengejan saat persalinan.

Poop saat melahirkan merupakan salah satu hal yang berada dalam daftar kengerian ibu hamil mengenai proses persalinan. Artikel ini akan membantu Anda untuk meminimalisir kemungkinan poop saat melahirkan.

Berikut adalah 7 cara untuk mencegah poop saat proses persalinan

  1. Meningkatkan Cairan dan Serat

Kita semua tau bahwa semua yang kita makan, nantinya akan dikeluarkan. Itulah mengapa pola makan saat kehamilan akan memberikan pengaruh besar dalam proses persalinan. Hormon persalinan, progesterone akan memperlambat proses pencernaanmu. Untuk mengatasinya, minum sekurang kurangnya 2L air per harinya dan makan makanan kaya serat seperti buah, sayuran,dan biji bijian. Hal ini membuat Anda lebih mudah megetahui kapan Anda harus ke kamar kecil untuk poop.

  1. Hindari Makanan Tertentu

Hindari makanan makanan yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna seperti produk susu, daging merah, dan makanan makanan berminyak. Makanan makanan ini akan memperbesar kemungkinan Anda untuk poop saat proses persalinan.

  1. Olahraga

Walaupun saat hamil, biasanya Anda akan disarankan untuk istirahat dan tidak banyak beraktivitas, namun Anda harus setidaknya meluangkan waktu Anda sebentar setiap harinya untuk berolahraga. Jalan-jalan santai, yoga, atau berenang untuk 30 menit setiap harinya akan membantu proses pencernaan Anda. Dan hal ini sangat penting terutama di minggu minggu terakhir menjelang persalinan. Ditambah lagi, olahraga akan membantumu untuk menyiapkan daya tahan/tubuhmu untuk persalinanmu.

  1. Jangan Menahan Keinginan untuk Poop

Menjelang persalinan, biasanya tubunhmu akan mengalami ‘pengosongan’ alami. Anda mungkin juga akan mengalami sedikit diare sebagai cara tubuhmu mempersiapkan diri untuk bayimu. Selama Anda dinyatakan baik, itu adalah hal yang normal. Minum banyak cairan agar tidak dehidrasi dan walaupun tidak nyaman, coba untuk tidak mengkonsumsi obat obatan yang akan menghentikan diaremu. Karena hal itu mempunyai efek berkebalikan dari yang diinginkan tubuhmu. Jika Anda benar benar mengeluarkannya di tahap ini, lebih kecil kemungkinan Anda untuk poop saat Anda mengejan.

  1. Hindari Stress

Anda harus dapat mengatasi kecemasan Anda karena stress dapat mempengaruhi proses pencernaan Anda dan mengakibatkan sembelit. Lakukan hal hal yang dapat membuat Anda merasa tenang dan nyaman.

  1. Pola Makan saat Proses Persalinan

Ketika kontraksi dimulai, Anda lebih baik berpindah ke pola makan yang ringan. Makan sedikit sedikit tetapi sering akan membantumu mempertahankan energimu untuk persalinanmu nanti. Makanan seperti roti bakar, crackers, granola, soup, smoothies, dan minuman elektrolit adalah pilihan yang popular. Mengkonsumsi permen juga merupakan cara yang baik untuk menjaga kadar gulamu tetap tinggi tanpa mengkonsumsi makanan makanan kaya karbohidrat.

  1. Pertimbangkan Posisi

Posisi saat persalinan sangatlah penting. Posisi seperti berlutut atau squat akan membuat Anda lebih mudah untuk melahirkan bayi Anda, namun sayangnya posisi itu juga akan membuat Anda lebih mudah untuk poop. Posisi alternative yang dapat dipilih adalah posisi miring dengan kaki untuk menyangga. Posisi ini memberikan tekanan yang kecil pada rectum dan membuat Anda cenderung tidak poop.