• Slow sunrise
Untuk menghindari atau menyembuhkan diastasis recti, pastikan bahwa setiap kali Anda bangun dari posisi berbaring, miringkan badan Anda terlebih dahulu lalu dorong badan Anda hingga posisi duduk.
  • “Rocking the Baby” Breath
Berdirilah dengan posisi tangan memegang kedua sisi perut Anda. Tarik napas Anda dan ijinkan perut Anda untuk mengembang, lalu saat Anda menghembuskan napas Anda tarik perut Anda ke posisi semula. Anda juga dapat menambahkan vokalisasi saat Anda menghembuskan napas.
  • Cat or cow pose dalam posisi duduk
Duduklah dalam posisi yang nyaman dengan kaki dilipat. Taruh kedua tangan Anda di lutut Anda. Saat Anda menghembuskan napas, lengkungkan tulang belakang Anda seperti saat Anda melakukan cat pose, dan saat Anda menarik napas, buka dada Anda. Ketika Anda menghembuskan napas, bayangkan Anda sedang memeluk perut Anda.
  • Tight and tighter
Duduklah bersila dengan kedua tangan di perut Anda. Tarik napas panjang dan biarkan perut Anda mengembang secara maksimal, lalu ketika Anda menghembuskan napas, Tarik perut Anda ke dalam semaksimal mungkin. Tahan posisi ini untuk beberapa waktu. Lalu ambil napas napas kecil dan setiap kali Anda menghembuskan napas, Tarik perut Anda lebih jauh lagi. Anda dapat melakukan latihan ini dalam beberapa posisi yang berbeda: duduk bersila, berdiri dengan lutut sedikit ditekuk, atau posisi yang lain, kuncinya adalah pastikan bahwa punggung Anda dalam keadaan datar atau lurus dan lakukan latihan ini selama 10 menit setiap harinya. Untuk diastasis recti, hindari gerakan atau latihan yang memberikan tekanan ke perut Anda sehingga perut Anda menonjol keluar seperti sit up atau planks. Hindari pula untuk mengangkat barang- barang berat. Backbends atau gerakan yang dapat memanjangkan tulang belakang juga tidak disarankan karena mereka dapat memberikan tekanan di jaringan abdominal Anda.  Saat Anda melakukan latihan untuk diastasis recti, pastikan bahwa Anda menarik perut Anda ke dalam “Keep your belly tucked in” dan bukannya menekan perut Anda ke luar. Bayangkan bahwa otot Anda adalah sebuah korset yang merentang dari tulang pinggul sampai ke tulang rusuk Anda, dan pikirkan gerakan atau tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengencangkat korset tersebut.