Prenatal Gentle Yoga Klaten


Event Details

This event is running from 2 February 2017 until 30 January 2020. It is next occurring on December 21, 2017 15:00

  • Categories:
  • Tags: , ,
  • Upcoming Dates:

Prenatal Gentle Yoga

adalah olahraga terabit untuk Ibu Hamil

Mengapa saya mengeluarkan statement demikian?

karena tanya yoga saja yang benar benar mempersiapkan ibu hamil mulai dari Soul, Mind dan Body nya agar bisa menjalani mas kehamilan dengan penuh sukacita dan bebas keluhan serta bisa merasakan pengalaman positif saat Melahirkan.

Banyak hal yang harus di pelajari dalam yoga. Ada tiga dasar filosofi Yoga yang merupakan berbagai prinsip yang akan membantu Anda mengubah hidup Anda dan menerima apa yang terbaik bagi Anda. Mengikuti tiga dasar tersebut akan membantu membuat hidup Anda bahagia, sederhana, dan jauh lebih sedikit stres.

  1. Anda harus memiliki cinta kasih terhadap diri Anda juga dengan orang lain, yang seharusnya dimulai sejak saat Anda bangun dari tempat tidur.
  2. Anda harus berhenti mengkritik diri sendiri maupun orang lain dalam hidup Anda. Ketika Anda mengambil tindakan positif Anda akan melihat betapa bedanya dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Anda juga harus memiliki daya memaafkan yang tinggi entah itu memaafkan orang lain atau diri sendiri. Hal ini diperlukan untuk kelangsungan hidup dan kualitas hidup pribadi. Ini berbahaya bagi seseorang untuk berprasangka buruk terhadap seseorang dan tentu sebaliknya akan lebih sehat untuk membiarkan prasangka itu pergi jauh-jauh!

Yoga juga bermanfaat karena membantu Anda belajar untuk bernapas dalam-dalam dan rileks, yang akan berguna saat Anda menghadapi tuntutan fisik selama masa kehamilan dan persalinan. Bahkan, salah satu hal pertama yang Anda pelajari di kelas yoga adalah bagaimana bernapas dengan baik.

Manfaat yoga tidak terbatas pada kesejahteraan fisik Anda.

“Mengambil kelas  prenatal gentle yoga adalah cara yang bagus untuk bertemu wanita hamil lainnya – untuk menjadi bagian dari komunitas,”

karena dengan berada di lingkungan yang positif dan mendukung dengan orang lain seperti Anda dapat memberikan dorongan emosional dan membuat Anda termotivasi untuk terus berolahraga.

ada beberapa ketentuan dalam melakukan Prenatal Gentle Yoga yaitu selalu upayakan untuk memenuhi formula yang sudan disusun antara lain:

Formula Prenatal Gentle Yoga:

  1. Menciptakan Ruang (Creating space)

Apakah gerakan yang dilakukan menciptakan ruangan ? dimana?

Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi , ibu hamil seringkali membutuhkan untuk memanjangkan torso untuk menciptakan ruangan dan membuat tubuhnya menjadi lebih nyaman bagi tubuhnya dan bayinya. Dengan memanjangkan torso dan menciptakan ruangan akan sangat membantu ibu untuk mempertahankan posisinya ke dalam posisi yang baik dan benar serta nyaman. Sehingga gerakan yang dilakukan harus selalu di sesuaikan dengan kondisi dan keadaan tubuh ibu dan harus selalu mampu menciptakan ruang (creating space) tanpa meninggalkan “pakem” yang ada

  1. Otot Perut (Abdominal Muscle)

Apakah efek setiap gerakan yang dilakukan dengan otot perut?

Ketika seorang ibu hamil, maka otot perut menjadi semakin membesar bahkan terpisah ortotnya untuk mengakomodasi tumbuhnya Rahim seiring dengan tumbuhnya janin. Pemisahan otot ini adalah suatu hal yang normal, namun jangan sampai pemisahan ini menjadi hal yang semakin tidak baik dan sulit untuk dikembalikan seperti sediakala pada masa post partum. Nah untuk itu gerakan yang dilakukanpun harus membuat otot perut semakin baik kondisinya .

  1. Hormon Relaxin

Bagian otot dan sendi mana yang banyak di aliri oleh hormone relaxin pada setiap gerakan atau pose atau asanas yang dilakukan?

Hormon relaxin diproduksi lebih banyak selama masa kehamilan, yang mana hormone ini bertugas untuk melubrikasi atau memberi pelumas pada sendi dan jaringan penghubung (connective tissue) serta otot di dalam tubuh. Kita harus lebih “aware dan mindfull” untuk melakukan beberapa pose atau asanas pada ibu hamil. Jangan sampai pose yang dilakukan membuat sendi dan otot menjadi stress secara berlebihan atau mendapatkan tekanan secara berlebihan yang justru ini potensial dapat mengakibatkan cidera atau gangguan di kemudian hari (jangka panjang)

 

  1. Tekanan pada perut (belly Compression)

Seberapa besar tekanan pada perut yang dialami oleh ibu hamil saat melakukan gerakan atau pose dalam prenatal gentle yoga tersebut?

Pose seperti berbaring terlentang dalam jangka waktu yang lama atau pose memilin perut (closed twist) akan sangat tidak nyaman dan menyebabkan tekanan yang berlebihan pada perut ibu, sehingga harus di hindarkan.

  1. Stability and Balance

Apakah gerakan yang dilakukan mendukung kestabilan dan keseimbangan pada panggul, terutama pada sacrum dan pubic symphisis?

Karena peningkatan hormone relaxin pada area panggul seringkali membuat area ini menjadi tidak stabil. Nah bagaimana gerakan ini mendukung dan membuat otot panggul ini menjadi lebih stabil dan menjadi lebih baik sehingga mampu mengakomodasi proses persalinan menjadi lebih lancar dan proses pemulihan pada masa post partum menjadi lebih baik.

  1. Breathing

Nafas adalah salah satu kunci dalam memaksimalkan hasil pada prebatal gentle yoga, sehingga pada prenatal gentle yoga ini harus benar benar memperhatikan nafas dan gerakan yang dilakukan.

 

  1. Individual Assesment & Adjustment

Apakah ibu hamil dapat melakukan pose prenatal gentle yoga dengan mudah?

Apakah pose yang dilakukan dirasakan nyaman?

Bagaimana kestabilan, fleksibilitas dan apakah muncul cidera sebelum dan sesudah melakukan gerakan? Ketiga hal tersebut dii atas harus diperhatikan oleh seornag guru prenatal gentle yoga, karena setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda. Sehingga assessment dan adjustment yang dilakukan dan diperlukan oleh setiap ibu pun berbeda.

Ikuti Kelas Regular kami di Bidan Kita:

Jadwal

Selasa

Kamis

Session 1 : 15:00 – 17:00 WIB

Tempat : Klinik Bidan Kita, Klaten

pendaftaran : Admin 085100111884

Sabtu

Session 1 : 09:00 – 11:00 WIB

Tempat : Klinik Bidan Kita, Klaten

pendaftaran : Admin 085100111884

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *