Seorang ibu akan selalu bersemangat jika bayinya menendang, tidak peduli itu tendangan keberapa. Karena tendangan itu dapat membuat Anda merasa lega bahwa si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik dan sebentar lagi akan bergabung dengan Anda di dunia. Selain itu tendangan tersebut mengingatkan Anda bahwa ada kehidupan di dalam Anda. Namun, tidak semua gerakan yang Anda rasakan berasal dari tendangan. Si kecil menghabiskan banyak waktunya untuk mengeksplorasi rahim, cegukan, berubah posisi, dan bahkan berjungkir balik. Bayi itu sibuk!

Berikut ini merupakan beberapa fakta mengenai tendangan bayi:

  1. Kapan saya akan merasakan tendangan si kecil?

Ibu yang mengalami kehamilan pertama mungkin akan merasakan pergerakan si kecil di umur kehamilan 24 minggu (namun banyak juga yang sudah merasakan tendangan janinnya di usia 18-22 minggu). Bayi Anda sebenarnya sudah mulai bergerak jauh sebelum itu, namun sensasinya mungkin tidak familiar untuk Anda dan mungkin Anda tidak mengenalinya karena gerakan bayi biasanya tidak begitu kuat di awal persalinan. Di kehamilan kedua, beberapa ibu dapat merasakan pergerakan si kecil sejak umur kehamilan 13 minggu. Anda akan lebih dapat merasakan tendangan si kecil jika Anda berada di posisi tenang seperti duduk atau berbaring. Anda akan kesulitan untuk merasakan gerakan si kecil jika Anda aktif, plasenta si kecil berada di depan dinding rahim (anterior), atau jika punggung bayi sudah menghadap di depan rahim Anda (posterior).

  1. Kenapa si kecil menendang?

Tendangan bayi biasanya merupakan respon dari apa yang terjadi di lingkungan mereka. Terlalu berisik, terlalu terang, atau bahkan makanan tertentu dapat menstimulasi bayi untuk menendang dan bergerak. Selain itu, bayi juga perlu meregangkan badan dan bergerak untuk relaksasi. Ketika Anda bergerak, bayi Anda akan merasa tenang seakan digoyang goyang, sehingga si bayi biasanya akan rileks dan bahkan tertidur. Selain itu, calon ibu yang mengikuti latihan relaksasi seperti meditasi atau yoga mungkin juga akan menemukan bahwa bayi mereka lebih tenang dan tidak banyak bergerak. 

  1. Berapa banyak gerakan bayi dapat dirasakan per harinya?

Biasanya si kecil dapat bergeak 15-20 kali per hari, mengingat bahwa gerakan ini termasuk semua gerakan, tidak hanya tendangan. Namun semua bayi berbeda, dan begitu pula dalam hal gerakan. Beberapa bayi mungkin akan bergerak terus menerus, namun ada juga bayi yang tidur sepanjang hari dan hanya bergerak di saat saat tertentu.