Tuliskan segala ketakutan dan pikiran negatif, dan kemudian segera menulis sebuah pikiran positif untuk menyeimbangkan negatif. Tapi jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berpikir. Menulislah dengan cepat.

Sebagai penulis saya telah berlatih apa yang kita sebut “freewriting” selama bertahun-tahun. Di sinilah saya coba untuk duduk dengan menghadap laptop dan terus menulis setidaknya 10-15 menit. Dengan tidak memungkinkan jari ini untuk berhenti menekan tombol keyboard di laptop, Anda bisa mendapatkan sesuatu lebih dalam kreativitas dan mematikan pikiran kritis. Memang tindakan ini seringkali menghasilkan banyak omong kosong, tetapi juga beberapa hal brilian yang seringkali tidak terpikirkan sebelumnya akan muncul. Saya akan mendorong Anda untuk melakukan hal yang sama dengan latihan ini. Hanya mulai menulis. Jangan biarkan pena atau jari Anda berhenti. Ketika Anda tiba-tiba menulis pikiran negatif, segera ikuti dengan positif.

Jika Anda melakukan salah satu dari latihan ini dalam 30 menit sebelum tidur Anda mendapatkan manfaat tambahan. Pikiran bawah sadar melakukan hal yang luar biasa ketika Anda tidur. Pada dasarnya apa yang terjadi setiap malam adalah pikiran yang mencoba untuk memprediksi apa yang akan terjadi besok. Hal ini didasarkan pada apa yang telah terjadi hari ini dan kemarin dan hari sebelumnya. Jika rasa takut telah menjadi pola, ketakutan akan terus berlanjut. Jika Anda menambahkan satu ons pikiran positif untuk satu malam, Anda tidak akan mencairkan rasa takut yang banyak, tapi jika Anda menambahkan satu ons setiap malam selama beberapa hari, segera akan terjadi keseimbangan. Dengan melakukan hak ini sebelum tidur, maka pikiran pikiran positif semakin terekam di bawah sadar Anda.

 

Pindahkan Ketakutan

Pertama-tama, rasa takut adalah cara otak untuk mencoba melindungi Anda. otak memiliki niat baik, tapi rasa takut tidak selalu benar merupakan tanda bahaya. Misalnya, jika Anda melihat tongkat melengkung di jalan, mungkin Anda langsung takut dan mengira bahwa itu adalah ular – sampai Anda menyadari bahwa itu hanya tongkat. Tapi kalau itu ular, secara mental dan fisik Anda siap – adrenalin sudah mengalir ke dalam aliran darah Anda, konstriksi berbagai otot akan segara berlangsung, dan sejumlah proses yang terjadi secara tidak sadar ketika kita merasa takut. Ketakutan bisa menjadi teman kita, sehingga saya tidak ingin mengambilnya sama sekali dari kesadaran kita.

namun masalahnya adalah, bahwa proses fisik alami yang terjadi jika diiringi dengan rasa takut justru akan menghambat perkembangan persalinan. Masalah besar kemudian adalah bagaimana membantu seorang ibu melepaskan rasa takut, terutama jika mereka memiliki pengalaman traumatis melahirkan di mana ada ketakutan terburuk yang direalisasikan.

Ada beberapa cara untuk mengurangi rasa takut dan cemas mulai dari Hypnobirthing, meditasi dll, dan mengadopsi dari buku karya Gurmukh yang berjudul “Beautiful, Bountiful, Blisfull” langkah meditasi seredhana ini sangat membantu Anda untuk mengurangi rasa takut tersebut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here