• Silahkan Ambil posisi duduk bersila yang nyaman. Usahakan posisi punggung Anda tetap tegak namun rileks.
  • Anda dapat sambil mendengarkan musik atau sesuatu yang meditatif
  • Mengatur penghitung waktu selama tiga menit, (Anda bisa menggunakan Alarm yang ada di HP)
  • Rentangkan lengan Anda keluar seperti sayap, sejajar dengan tanah. Mulailah mengepakkan tangan Anda dengan cepat seolah-olah terbang tinggi ke awan kepakkan hanya dari pergelangan tangan Anda saja
  • Lalu Ambil Nafas panjang dan dalam. Jika Anda mau, Anda bisa menutup mata Anda dan memfokuskan perhatian pada titik di antara kedua alis mata Anda.
  • Setelah tiga menit berlalu langsung tarik nafas panjang dan dalam dan banyakkan seluruh ketakutan dan kecemasan Anda hilang.

Ketika Anda melakukan meditasi ini pikiran Anda mungkin mengatakan kepada Anda bahwa lengan Anda akan jatuh dan terasa berat. Namun Ketika Anda berpikir – “Aku tidak bisa melakukan ini, itu terlalu keras” – terima pikiran negatif Anda untuk pikiran pelindung, kemudian menggantinya dengan positif berpikir: “Ya, saya bisa saya lebih kuat dari yang pernah saya pikirkan “

Meditasi ini membawa kita kembali ke pikiran netral. Andapun bisa melakukan ini dalam yoga selama tiga menit untuk melatih pikiran untuk menguasai perasaan yang intens.

Kecemasan dan ketakutan pada ibu dalam proses persalinan

Seringkali ketika seorang ibu yang merasakan ketakutan dan kesemasan saat proses persalinan, tubuhnya menunjukkan beberapa tanda yaitu nafas yang cepat, sangat sensitif dengan suara yang keras atau bising, mengganggam erat bagian tubuhnya, mengerutkan tubuhnya atau merapatkan kaki dan tangannya bahkan hingga histeris.

Dalam program Gentle birth Balance, tidak hanya ibu hamil yang kami latih untuk mampu melatih dan menguatkan mental sehingga dia mampu “menikmati” indahnya proses persalinan, namun juga melatih bagaimana jika Anda berperan sebagai pendamping persalinan. Karena saya sangat menyadari bahwa ketika ibu berada dalam proses persalinan, emosi nya sangat labil dan energinya benar-benar terbuka, di saat itulah dia bisa saja menghilangkan energi negatif dalam diri nya namun disisi lain dia juga mudah sekali menerima energi dari lingkungan sekitar yang positif juga yang negatif. Nah keika pendamping persalinan justru merasa panik, maka energi panik ini akan mudah sekali “nular” kepada ibu. Untuk itu, beberapa strategi yang dapat Anda lakukan ketika Anda menjadi pendamping ibu saat persalinan antara lain:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here