• Bantu ibu untuk tetap fokus dan terhubung dengan tubuh dan pikirannya
  • Berikan dukungan moral dan panduan yang kuat agar tetap positif

Dukungan benar-benar diperlukan oleh sang ibu, bahkan hanya dengan melakukan tindakan sederhana yaitu memberikan sugesti positif kepada ibu, itupun sudah sangat berarti baginya. Apalagi ketika persalinan berlangsung begitu lama dan melelahkan

  • Bantu ibu untuk menemukan titik fokusnya

Dalam hal ini Anda pun bisa menjadi Anchor atau jangkar bagi sang ibu dimana setiap kali Anda menyentuh dan memijat tubuh ibu atau mengucapkan kata rileks misalnya, maka tindakan itulah yang membuat sang ibu kembali lagi ke fokusnya.

  • Berikan perhatian kepada ibu, bahkan perhatian yang sangat kecil sekalipun. Mulai dari mengambilkan atau membuatkan minuman, menyeka keringat atau bahkan hanya memeluk atau hanya ikut terjaga ketika ibu merasakan kontraksi saja itu sudah sangat berarti.

Bersiap untuk menikmati nyeri persalinan

Apakah benar melahirkan itu harus nyeri dan sakit? Saya tidak merasakan lho.

Lalu apakah benar melahirkan bisa tanpa rasa sakit? Saya merasakan namun banyak para ibu dan teman saya yang menyatakan bahwa melahirkan itu sakit sekali.

Lalu yang benar yang mana?

Nyeri dan sakin sebenarnya sangat tergantung dari persepsi seseorang.

Apa yang Anda rasakan ketika Anda dicubit manja oleh pacar Anda dahulu? Lalu apa yang Anda rasakan ketika Anda di cubit oleh musuh Anda padahal dia mencubit dengan intensitas dan kekuatan yang sama dengan cubitan pacar Anda kala itu?

Kemudian apa yang Anda rasakan ketika Anda menderita sakit gigi dan saat itu Anda sedang bertengkar dan marah dengan suami?

Dan apa yang Anda rasakan ketika Anda menderita sakit gigi namun kali ini Anda di ajak pergi ke Mall dan Anda dibelikan tas, sepatu dan baju baru impian Anda?

Bukankan sama-sama sakit gigi? Namum mana yang terasa lebih sakit?

Nah itu adalah gambaran sederhana tentang “persepsi” nyeri pada setiap orang. Banyak wanita menyatakan bahwa melahirkan itu sakit dan nyeri luar biasan. Namun saya sangat beruntung karena di persalinan pertama saya tidak merasakan nyeri saat persalinan. Karena kenyamanan adalah hal yang dicari oleh banyak orang, maka banyak upaya baik medis maupun alternatif yang bisa digunakan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa nyeri pada saat proses persalinan, namun di Gentle Birth Balance saya mencoba untuk mengajak klien saya untuk bersiap diri untuk menikmati rasa nyeri yang mungkin saja timbul ketika proses persalinan.

Mengapa justru menikmati, bukan menghilangkan? Bukankah konon kabarnya dengan hypnosis atau hypnobirthing rasa nyeri bisa hilang sama sekali?

Ya benar. Memang dengan hypnobirthing rasa nyeri bisa sama sekali hilang. Namun di dalam program gentle birth balance ini saya tidak akan menjanjikan kepada Anda bahwa Anda bakalan tidak merasakan nyeri sama sekali saat menjalani proses persalinan. Karena saya yakin bahwa nyeri dalam proses persalinan adalah nyeri yang positif. Artinya bahwa nyeri yang tercipta sebenarnya adalah nyeri yang memang dibutuhkan sebagai alarm tubuh bahwa Anda akan segera melahirkan.

Ketika Anda mampu menikmati rasa nyeri tersebut. Maka ketika seharusnya Anda mengeluh akibat dari sensasi yang ditimbulkan saat melahirkan, justru Anda merasa nyaman dan tenang bahkan merasa santai walaupun rasa nyeri tersebut tetap ada. Namun sensasi yang Anda rasakan adalah berbeda.

Mengapa tidak sekalian saja di hilangkan rasa nyeri tersebut?

Itu karena setiap orang mempunyai persepsi dan pengalaman yang berbeda terhadap proses persalinan. Dan semua orang mempunyai tingkat sugestibilitas yang berbeda terhadap proses hypnobirthing. Sehingga dalam program ini, saya berusaha untuk mengajak Anda mempersiapkan segala sesuatunya untuk bersiap menikmati segala sensasi yang ada saat menjalani proses persalinan:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here