Persalinan mulai dipandang sebagai patologi, dan masyarakat medis datang untuk mengendalikan dan memodifikasi patologi tersebut. Luasnya penggunaan intervensi anestesi yang rutin dan tidak perlu, pemisahan antara ibu dan bayi, menjadi praktek-praktek yang aman dan modern. Orang tua didorong untuk menolak menunjukkan kasih sayang untuk anak-anak mereka, dan diarahkan untuk menunjukkan kepedulian melalui metode yang dikecualikan sentuhan fisik dan kontak.

kampanye besar-besaran dan terus-menerus menggerogoti kepercayaan dalam tubuh, Pada tahun 1955, 95 persen dari semua kelahiran Amerika terjadi di rumah sakit dengan tujuan memikat dan mempromosikan proses persalinan tanpa rasa sakit dan aman melalui anestesi. Ketika seorang perempuan dipaksa menjadi menginginkan kelahiran tanpa rasa sakit, mereka juga melepaskan kekuatan mereka sendiri kepada para teknisi medis dan dokter. Konsep persalinan yang menyenangkan sering tampak asing bagi mereka karena mereka mendengar perubahan yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Pendidik dapat membantu ibu hamil belajar tentang proses kehidupan, desain kehamilan dan proses persalinan, dan cara terbaik untuk memelihara kesehatan yang baik dan sikap positif dan penuh harapan. Ketika seorang ibu hamil berikan dukungan, panduan informasi, dia akan mampu mengembangkan harga diri dan kepercayaan diri. Ketika seorang ibu hamil memiliki waktu untuk mempersiapkan diri secara emosional, akan lebih mudah baginya untuk menyerah pada kekuatan tubuh nya secara alami dalam proses melahirkan. Persiapan menggantikan rasa cemas dan takut dengan fokus, arah dan tenang yang lebih besar. Penelitian telah dengan jelas menunjukkan bahwa pendidikan melahirkan memiliki pengaruh kuat dan menguntungkan atas berlangsung pengalaman persalinan. Lingkungan meyakinkan

Seorang wanita yang bersalin memiliki reseptor oxytocin 8 kali lebih tinggi/sensitif dari pada waktu lainnya dalam hidupnya. Hal ini dikombinasikan dengan endorfin, memberikan padanya dengan bantuan alami untuk meningkatkan proses peralinan dan pengalaman ikatan batin. Ketika dia merasa nyaman, bebas gangguan, dan percaya dirinya di lingkungan yang aman, dia dapat mengakses sifat primitif pada otak belakang nya, yang akan menuntun dia melalui proses persalinan ini dnegan sealami mungkin. persalinan adalah pengalaman simpatik. Relatif, pengalaman simpatik berkaitan dengan “fight or flight” respon dan produksi katekolamin yang meningkat. Katekolamin seperti epinefrin dan norepinefrin, akan melemahkan pengaruh dan menghentikan produksi oxytocin dan endorfin dibutuhkan untuk membantu persalinan. Dalam modus parasimpatis, lingkungan yang remang/gelap dan tenang akan membantu seorang wanita untuk merasa aman dan untuk mengakses alam naluriah nya lebih mudah. Dia akan cenderung untuk menghemat energi lebih efisien, mempengaruhi durasi persalinan. Untuk dia menjadi tenang selama dan antara kontraksi, di banding apapun cara nya, akan mengizinkannya untuk mempertahankan keadaan fisiologis yang kompleks. hal ini akan disampaikan kepada bayi selama persalinan maupun saat lahir. Bayi bergantung pada reaksi ibunya terhadap proses persalinan dan kelahiran sebagai indikator keselamatan sendiri. Bahkan dalam kasus di mana seorang ibu memilih untuk mengejan dengan suara keras, bayi masih dapat merasakan perbedaan antara ibu telah memilih untuk mengikuti pola instingtual dan seorang ibu yang panik dan takut. ibu dan bayi adalah sebuah tim, bekerja melalui transformasi ini bersama-sama, dengan niat, mengurangi stres bayi dan memungkinkan untuk ikatan mudah dan proses fisiologis normal. dasar dari elemen inti dari kebutuhan fisiologis saat persalinan adalah memastikan ibu yang beristirahat, makan, terhidrasi, dan dalam lingkungan suhu yang nyaman. sediakan lingkungan yang meyakinkan, jadi dia tidak perlu khawatir tentang keselamatan dirinya, dan dapat membiarkan dirinya untuk fokus sepenuhnya pada proses persalinannya. berikan rasa cinta, memiliki dan dihargai . Dikelilingi oleh orang-orang yang peduli dan yang mencintainya, akan memfasilitasi produksi hormon yang diperlukan untuk kemajuan proses persalinannya.