Saat seorang ibu hamil memasuki trimester terakhir, banyak sekali ibu yang mengalami stress, takut dan kecemasan. Mulai dari takut sakit/ merasanya nyeri saat bersalin, takut terjadi komplikasi saat bersalin dan panic. Namun bagi ibu-ibu yang sudah belajar tentang hypno-birthing, peristiwa persalinan hanyalah sebuah tantangan yang pasti bisa dilewatinya dengan nyaman, lancar dan nikmat.

 

Untuk menghadapi proses persalinan agar terasa nyaman, dan lancar para wanita bijak memilih untuk menggunakan hipno-birthing untuk menghilangkan rasa sakit dan rasa takut saat bersalin sehingga pengalaman persalinan yang mereka dapatkan adalah sebuah pengalaman yang indah dan tak terlupakan.

Dimasa lalu kata “hipnosis” identik dengan magic dan gambaran penghipnotis akan mempengaruhi orang lain untuk masuk dalam situasi yang memalukan. Namun sekarang hypnosis digunakan sebagai terapi dalam berbagai bidang kedokteran, anestesi gigi dan sesi terapi pribadi. Meskipun demikian, ada banyak kesalahpahaman tentang hipnosis yang dapat menghalangi mereka belajar metode yang canggih ini.

 

Berikut ini persepsi yang benar tentang hypnosis:

* Semua Hypnosis adalah self-hypnosis, hipnoterapis/ orang yang melakukan hypnosis sebenarnya adalah fasilitator. Seseorang dapat memilih untuk masuk ke dalam keadaan hipnosi maupun tidak.

* Sekitar 90-95% dari manusia dapat dihipnotis. Kemauan, keyakinan dan motivasi memiliki pengaruh besar dalam keberhasilan hypnosis.

* Selama hipnosis anda tidak tertidur atau tidak sadar, dan selalu bisa “keluar”  dari kondisi hypnosis kapan saja Anda inginkan.  Dalam kondisi hypnosis anda tetap memegang kendali atas diri anda.

* Dalam keadaan hypnosis Anda tidak dapat dibuat untuk membocorkan informasi atau melakukan apa saja yang anda tidak maui.

lalu bagaimana dengan Hypnosis untuk proses persalinan?

saat ini Hipnosis digunakan dalam bidang medis/kedokteran, pembedahan dan kedokteran gigi dengan sukses. Banyak sekali manfaat yang sudah didapatkan pasien terutama yang memiliki alergi dengan obat anestesi, dengan ini, memungkinkan mereka untuk menjalani operasi tanpa obat-obatan dan tanpa rasa sakit.

kita tahu bahwa pikiran dapat dilatih untuk mengalihkan rasa ketidaknyamanan menjadi tekanan  ringan saja, dan dalam proses persalinan hal ini juga di gunakan. Selain itu, pada saat proses persalinan, dengan ibu bida menerapkan relaksasi apalagi di sela kontraksi, maka ibu akan merasa jauh lebih nyaman sehingga ibu mampu mengalami pengalaman persalinan yang nyaman dan indah. Relaksasi hypno-birthing dapat dipelajari dan dipraktekkan sehari-hari dalam persiapan untuk kelahiran menggunakan visualisasi dipandu dan diikuti oleh sugesti positif. Dan dalam keadaan hypnosis sugesti positif akan terekam di alam bawah sadar klien, sehingga sama seperti Laptop yang terkena “virus” (Virus= pikiran dan anggapan bahwa bersalin itu menyakitkan) , sugesti positif mampu me “reprograming dan mendelete” virus-virus tersebut dan mengganti dengan “program” baru yaitu bahwa bersalin itu normal, lancar, nyaman dan menyenangkan!