gototopgototop

Merawat tali pusat bayi Anda

PDFPrintE-mail

Share

Ketika bayi berada dalam rahim, mereka menerima makanan dan oksigen melalui plasenta yang terhubung ke dinding dalam rahim ibu. Plasenta terhubung ke bayi Anda dengan tali pusat melalui lubang pada bayi Anda perut. Setelah bayi Anda lahir, tali pusat ini dijepit dan dipotong dekat dengan tubuh dalam prosedur rasa sakit, meninggalkan tunggul tali pusat yang menjadi apa yang kita sebut “pusar/udhel”.

Banyak ibu (terutama ibu baru) yang sedikit cemas dan bingung bagaimana melakukan perawatan pada bayi baru lahir yang tali pusat-nya belum puput. Nah saat ini saya akan mencoba untuk mengupas tentang bagaimana cara perawatan tali pusat. Namun sebelumnya saya akan mengungkapkan bahwa ada beberapa metode pemotongan tali pusat.

 

 

1. Ada yang dipotong segera maupun ditunda beberapa menit setelah bari baru lahir dengan menggunakan klem dan gunting

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


2. Ada yang ditunda beberapa menit/jam lalu dipotong dengan menggunakan api (disebut burning cord)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


3. Ada yang tidak dipotong sama sekali hingga tali pusat tersebut puput dengan sendirinya

Nah prinsip dari perawatan tali pusat semuanya sebenarnya sama yaitu menjaga tetap kering dan bersih.nah bagaimana sebenarnya?


 

 

 

 

 

Perubahan terbaru untuk rekomendasi perawatan tali pusat

Karena tali pusat dapat menjadi sumber infeksi dan bakteri memasuki tubuh bayi Anda, penting untuk merawat dengan benar. Namun, beberapa penelitian telah mengkonfirmasikan bahwa tidak ada 'pengobatan' khusus diperlukan untuk membantu penyembuhan.

Praktek populer menggunakan alkohol tidak lagi dianjurkan oleh dokter anak karena telah banyak studi mengungkapkan bahwa penundaan penyembuhan nya justru lebih lama dibandingkan dibiarkan sembuh sendiri secara alami

Cara merawat tali pusat bayi Anda

Selama waktu tali pusat bayi Anda belum puput, adalah penting untuk menjaga daerah tersebut bersih dan kering .

Apa yang harus dilakukan!

· Cuci tangan Anda sebelum menyentuh tali pusat bayi Anda. (Kuman dapat tularkan melalui tangan Anda.)

· Bersihkan sekitar area ‘udhel’ bayi setidaknya sekali setiap hari atau lebih sering jika kabel nya terlihat lengket atau basah, bisa dengan menggunakan air matang hangat.

· Keringkan area yang diolesin air hangat tadi. kering menggunakan tissue atau kassa steril. (Jangan menggunakan bola kapas kering karena dapat meninggalkan serat pada tali pusat-nya.)

· biarkan tali pusat bayi Anda terbuka. Talikan popoknya di bawah udhel dan Juga menggulung kemejanya di atas pusat untuk memungkinkan udara beredar secara bebas di daerah tapi pusat/udhel.

· Amati tanda-tanda infeksi .

Apa yang TIDAK untuk dilakukan!

· Jangan menutupi pusat bayi Anda dengan apa pun, karena hal ini dapat meningkatkan kemungkinan infeksi dengan tidak membiarkan tali pusat benar-benar kering.

· Hindari sesatu menggesek tali pusat bayi Anda, seperti popoknya atau pakaian.

· Jangan pernah mencoba untuk menarik tali pusat bayi Anda. Biarkan dia jatuh atau puput secara alami, bahkan jika itu hanya tinggal tergantung seperti benang.

· Jangan menaruh minyak, lotion atau bubuk pada atau sekitar tali pusat bayi Anda.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang perawatan tali pusat

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk puput?

· Umumnya kabel bayi akan jatuh dalam 1 - 3 minggu, tetapi beberapa dapat memakan waktu lebih lama dari ini. Tali pusat bayi Anda akan jatuh ketika sudah siap.

· Tapi pada praktek penundaan pemotongan dan pengekleman tali pusat, bahkan penggunaan metode burning cord dan lotus birth tali pusat justru lebih cepat puputnya.

· Pada burning cord rata-rata 4 s.d 5 hari sudah puput sedangkan pada lotus birth 2 s.d 5 hari sudah puput.

2. Tali pusat bayi saya bau dan terlihat lengket bagaimana mengatasinya?

Hal ini tidak selalu merupakan tanda infeksi. Hal ini dapat terjadi jika tali pusat bayi Anda tetap basah untuk waktu yang lama, mungkin karena tertutup oleh popoknya.

3. Kadang sebelum tali pusat puput di sekitar tunggulnya ada cairan kekuning-kuningan seperti nanah atau cairan warna merah muda di daerah sekitar pangkal pusat, bagaimana ini?

Ini adalah normal. Tidak perlu dikhawatirkan kecuali ada tanda-tanda infeksi atau drainase berlanjut selama lebih dari beberapa hari setelah tali pusat bayi Anda puput.

4. Aku melihat sedikit pendarahan di sekitar tali pusat bayi saya.

Itu normal untuk melihat keluarnya cairan atau darah sedikit setelah tali pusatnya puput. Cairan merah muda juga bisa umum tetapi perdarahan aktif tidak. (Perdarahan aktif adalah ketika Anda menghapus darahnya tapi keluar lagi dan tidak berhenti perdarahannya.) Perdarahan ini dapat terjadi jika tali pusat ditarik atau tertarik sebelum waktunya puput.

5. Tali pusat bayi saya telah puput tetapi tapi udhelnya terlihat aneh?

Setelah tali pusat bayi Anda telah jatuh, Anda mungkin melihat area merah muda kecil di bawah pusat, yang tidak terlihat seperti sisa kulitnya. Ini normal bunda Dalam satu atau dua hari kulit normal akan tumbuh di atasnya.

Jika pusat terlihat “bodhong”, ittu normal. Sebuah tonjolan kecil di sekitar pusat bayi Anda mungkin karena hernia umbilikalis. Hal ini disebabkan oleh kelemahan otot sekitar area kabel. Sebuah hernia kecil kurang dari 1 / 2 inci pada umumnya akan hilang saat bayi Anda tumbuh (biasanya hilang .

6. Bagimana dengan tradisi meletakkan sebuah koin atau benda lainnya di atas pusat agar tidak bodhong?

Ini adallah praktek yang dapat meningkatkan risiko infeksi di daerah tali pusat bayi Anda jadi justru harus dihindari.

7. Dapatkah saya memandikan bayi saya, sementara tali pusatnya belum puput?

Saran mengenai memandikan bayi saat tali bayi masih menempel sangat bervariasi. Beberapa dokter anak dan rumah sakit bersalin mendorong orang tua untuk hanya menyeka dengan spons mandi (sibin) bayi mereka sampai tali pusatnya puputsedangkan Lainnya mengatakan itu OK untuk mandi berendam asal setelah mandi sesegera mungkin area talipusat di bersihkan, dikeringkan lalu di biarkan di udara terbuka.

Jika tali pusat bayi anda menjadi basah saat mandi biarkan kering oleh udara atau keringkan dengan pengering rambut yang disetel hangat. (hati-hati untuk tidak membakar bayi anda.)

Kapan Anda harus ke dokter?

Jika Anda melihat salah satu dari berikut ...

· Wilayah atau arrea sekitar tali pusat memerah atau meradang.

· Pembengkakan di sekitar pusat bayi Anda.

· Nanah keluar terus menerus walaupun sudah di bersihkan.

· Adanya perdarahan Aktif yang tidak berhenti dengan cepat.

· Bau dari tali pusat yang tidak hilang walaupun Anda sudah membersihkan dan mengeringkan.

· Tanda-tanda bahwa daerah ini menyakitkan bagi bayi Anda.

· Jika bayi Anda demam.

· Sebelum 'mengobati' tali pusat bayi Anda dengan apa pun.

Pengobatan

Di masa lalu orang tua diperintahkan untuk menggunakan perawatan yang berbeda yang diyakini untuk membantu mempercepat proses pengeringan dan / atau melindungi terhadap infeksi. Ini termasuk memberikan

· Spiritus

· Hexachloraphane bubuk

· Klorheksidin atau larutan Betadine

· Tinktur Yodium

· Hidrogen Peroksida

· Zink Sulphadiazine

· Antibiotik topikal

Namun ternyata semua hal diatas TIDAK PERLU Anda lakukan/terapkan. Karena justru yang terpenting adalah membiarkan tali pusat tetap kering, bersih dan terpapar udara bebas.

Semoga bermanfaat

Salam Hangat

Follow us on Twitter