gototopgototop

Relaksasi Hypnobirthing

PDFPrintE-mail

Share

 


 

Bagi wanita hamil, apalagi yang baru pertama kali menjalani kehamilan, kekhawatiran, kecemasan, dan ketakutan selama hamil dan saat menghadapi persalinan, sering menghinggapi hati dan fikiran mereka. Kecemasan yang mereka rasakan umumnya berkisar mulai dari khawatir tidak bisa menjaga kehamilan sehingga janin tidak bisa tumbuh sempurna, khawatir keguguran, takut sakit saat melahirkan, takut bila nanti di jahit, bahkan lebih ekstrim lagi mereka merasa takut terjadi komplikasi pada saat persalinan sehingga dapat menimbulkan kematian, hingga khawatir kelak tidak bisa merawat dan membesarkan anak dengan baik.

 

Apalagi jika membayangkan saat melahirkan. Bagi sebagian wanita, proses melahirkan dianggap identik dengan peristiwa yang menakutkan, menyakitkan dan lebih menegangkan dibanding peristiwa manapun dalam kehidupan.

Di dalam benak mereka, seolah telah terprogram, bahwa proses melahirkan haruslah seperti itu. Malahan, masih banyak juga wanita yang tetap dicekam kekhawatiran selama hamil dan menjelang melahirkan meski sudah pernah melahirkan sebelumnya, terutama mereka yang sempat mengalami trauma karena merasakan sakit atau mengalami komplikasi saat melahirkan anak pertama.

Hal ini tidaklah mengherankan, karena sejak kecil, ketakutan pada proses melahirkan, tanpa disadari telah tertanam di alam/pikiran bawah sadar wanita khususnya dan hampir semua orang pada umumnya. Televisi maupun film, sering menampilkan adegan melahirkan yang begitu menegangkan dan menakutkan, penuh dengan jeritan histeris.

Setiap kali menyambut kedatangan bayi dari teman atau kerabat, kita juga hampir selalu mendengar cerita seputar rasa sakit dan penderitaan si ibu ketika melahirkan. Bahkan saat kita bertanya dengan orang tua, kerabat dan teman kita tentang seputar pengalaman melahirkan, maka jawaban mereka dapat dipastikan bahwa melahirkan itu sakit, nyeri, melahirkan itu antara hidup dan mati dan bila tidak sakit bukan melahirkan namanya. Dan lebih parahnya lagi sebagian besar tenaga kesehatan baik dokter maupun bidan selalu saja menjawab pertanyaan dengan jawaban yang salah, bahkan salah dalam memberikan sugesti.

Hal inilah yang akhirnya menjadikan kami team Hypno-birthing Indonesia berupaya mengembangkan program pelatihan hypno-birthing ini kepada Dokter dan Bidan diseluruh Indonesia.

Dengan harpan mulai agar Dokter dan Bidan semakin mampu menghargai proses kehamilan, dan persalinan, mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para ibu.

Selama ini sudah ada lebih dari 2600 orang (Bidan, Dokter dan DSOG) yang sudah dilatih dan tersebar diseluruh Indonesia.

Selain mengembangkan program pelatihan bagi para praktisi kesehatan, hypno-birthing Indonesia juga mengembangkan hypno-birthing prenatal class di beberapa daerah. Dan diajar oleh para trainner hypno-birthing yang juga seorang bidan yang sudah berpengalaman dibidangnya:

1. KLATEN

Yesie Aprillia S.Si.T (Trainner hypno-birthing Indonesia)

Perumahan cemara hijau 2 No 8B. Gayamprit, Klaten

081 329 017 009

Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Website : www.bidankita.com

Biaya:

Biaya pelatihan Rp.400.000/ 3xpertemuan
(Dengan Perjanjian)

Layanan Lainnya:
1. hypno-fertility
(Solusi alami bagi pasangan "infertility")
2. hypno-pregnancy
(Bagi pasangan yang merencanakan kehamilan sehat)

2. Hypno-breastfeeding

(bagi ibu yang mempersiapkan proses menyusui dan mengalami kesulitan dalam menyusui)

Sebagai Bidan juga trainner hypno-birthing di Indonesia, Banyak karya yang telah dilakukan berikut beberapa testimoni dari Bidan peserta pelatihan hypno-birthing dan beberapa klien yang telah dilakukan hypno-birthing:

- Sharring dari bidan Anin Ari Bidan RS Asy -Syifa Sambi Boyolali: " Saya ada pasien G1P0A0 uk 39 minggu kontyraksi kuat, gagal induksi dokter saran SC. Sy melakukan hypno-birthing kpd pasien tsb hasilnya pasien tertidur dengan tenang dan tidak merasakan sakit sama sekali sampai operasi akan dimulai. Berkat hypno-birthing pasien saya menjadi lebih nyaman saat menghadapi persalinan"

- Sharring dari Bidan Erli (RS Kustati Solo)..."setelah mengikuti pelatihan hypno-birthing sungguh luarbiasa...bahkan sekarang RS kami mengembangkan metode hypnoanesthesia pada pasien kuretase...jadi saya yang melakukan relaksasi dan DSOG-nya yang melakukan kuretase. hasilnya pasien nyaman, tanpa rasa sakit bahkan pada post kuretasenya. makasih team hypno-birthing indonesia."

- Setelah mengikuti pelatihan Hypno-birthing dan dilatih oleh pakarnya (ibu Lanny Kuswandi) Alhamdullilah Pasien sy tambah banyak dan tambah mantep dan lebih puas. sekarang pasien saya tambah banyak lho bu. ibu hamil dan ibu bersalin merasa lebih tenang, lebih nyaman dan persalinan juga lebih lancar.... Hypno-birthing Indonesia memang TOP BGT (sharring dari bidan Sofia Harjayanti, Candirejo Ungaran. Peserta pelatihan angk 20/ 4,5,6 Agust 09)

- Ny Puji G3 P2 A0 (Perawat RSUD Wates) umur kehamilan 39mgg, ikut kelas hypno-birthing sejak umur kehamilan 36 mggu. sore jam 16.00 tadi ngabarin kalo mules dikit...kusaranin ke RS aja...eh jam 17.30 dah lahir....tyt ibu ini smp ke RS udah lengkap trus 15 menit ngedannya... trus lahir... si ibu smp terkaget-kaget karena dia tdk merasa sakit menjelang dan saat bersalin. (sharring dari bidan Yesie Aprillia)

- Sharring yang luarbiasa dari Bidan Rugayah di Tegal: Allhamdulilah setelah saya ikut pelatihan hypno-birthing keberhasilannya sgt tinggi, yg paling menakjubkan adl 3 pasien sy dg diagnosa PPT (Placenta Privea Totalis) yang didiagnosa pada Umur Kehamilan 38 mggu, setelah saya relaksasi ternyata bs berubah mjd Plasenta N...ormal alhasil bs bersalin pervaginam... kl kebetulan kan gak mungkin krn ini pd ke -3 pasien saya.

- Sharring dari ibu Sri Hidayati Ns.S.Kep , Ka. Ru Kebidanan RS Dr. Kariadi Semarang : Setelah mengikuti pelatihan hypno-birthing bersama ibu Lanny Kuswandi 'n Team luar biasa saya sekarang langsung buat kelas "bersalin menyenangkan" dan hasilnya semua pasien merasa puas. dan bisa merasakan betapa menyenangkannya bersalin. terimakasih hypno-birthing Indonesia

Nah ibu-ibu…..Oyo ikutan belajar….

1. Informasi Pelatihan hypno-birthing Bagi praktisi Kesehatan (Bidan, Dokter, Psikolog)

Lanny Kuswandi : 08129329943

Yesie Aprillia : 081329017009

2. Informasi Pelatihan hypno-birthing bagi ibu hamil, menyusui:

- Jakarta = Lanny Kuswandi (08129329943)

- Jogjakarta, Klaten, Solo, Magelang dan sekitarnya = Yesie Aprillia (081329017009)

- Cilacap dan Bandung = Tantri M (087 837 021 822)

Semoga informasi ini berguna bagi semua