Pastikan untuk mengikuti diet sehat dan bahwa kalori ekstra berasal dari makanan sehat bergizi dan bukan junk food.  menyusui Juga memberikan kontribusi untuk kesehatan hormonal karena hormon yang dikeluarkan (prolaktin dan oksitosin) mempengaruhi saldo keseluruhan dari banyak hormon lainnya dan menjaga kadar estrogen tetap rendah.

Langkah # 4. Hindari Terlalu banyak Makan

Makan terlalu banyak mengirimkan pesan ke otak Anda untuk merangsang penimbunan lemak membuat Anda harus lebih keras lagi usahanya jika ingin langsing lagi. Makan biji-bijian, kacang-kacangan, banyak buah-buahan dan sayuran ketika lapar. Jika Anda perlu, konsumsi ekstra serat sebelum makan untuk membantu Anda merasa kenyang dan mencegah Anda makan terlalu banyak selama makan.

Langkah # 5. Memiliki Pola Tidur Malam Yang Bagus

Jika Anda tidak mengisi ulang baterai Anda setiap malam maka tubuh Anda tidak dapat mendetoksifikasi dan menyembuhkan organ-organ Anda dan justru membuat lebih banyak stres pada metabolisme Anda.  Ada hubungan antara tidur dan hormon-hormon yang mempengaruhi perilaku makan Anda. Jika Anda kurang tidur, Anda cenderung memiliki tingkat hormon ghrelin yang lebih tinggi, yang meningkatkan nafsu makan. Akibatnya anda tidak merasa kenyang dan keinginan untuk makan malah lebih banyak. Cobalah untuk tidur 7-9 jam setiap malam.

Langkah # 6. Hilangkan Stress

Stres melepaskan kortisol, suatu hormon yang menyebabkan kenaikan berat badan. Anda belajar relaksasi untuk mengatasi stres. Pastikan untuk mengkonsumsi suplemen seperti B kompleks, Magnesium, vitamin c dan Zinc saat Anda merasa stres ini akan membantu mengurangi stres.

Langkah # 7. Release/hilangkan Racun Berbahaya

Racun dalam tubuh Anda mengganggu sinyal kontrol berat badan dan mematikan jalur metabolik yang memecah lemak.  Minum teh hijau dan makan sayuran, selada air, ketumbar, dan minum minuman probiotik (Lactobacillus dan Bifidobacter)membantu menormalkan flora usus dan mengurangi endotoksin.

Langkah # 8. Meningkatkan Asupan Serat

Untuk membantu menstabilkan gula darah Anda dengan memperlambat penyerapan karbohidrat konsumsilah makanan yang mengandung serat ekstra. Cobalah untuk secara bertahap meningkatkan asupan serat harian Anda sampai 30-50g dengan makan kacang, kacang, biji-bijian, sayuran dan buah-buahan.