Ingin VBAC (Vaginal Birth After Caesarean)? Keputusan Ada di Tangan Anda.

Sebagian besar atau bahkan hampir semua wanita pasti ingin melahirkan normal alami dengan lancar dan nyaman. Namun kenyataannya di lapangan tidak sedikit yang gagal untuk melakukannya dan berakhir ke meja hijau (meja operasi). Ada banyak sekali penyebabnya mulai dari penyebab yang memang mengindikasikan harus dilakukan operasi sesar demi upaya penyelamatan ibu dan bayi, maupun penyebab yang pada dasarnya merupakan efek dari berbagai tindakan yang tidak perlu saat proses persalinan, maupun penyebab yang seharusnya dapat di hindari sebelumnya dan cenderung sengaja diberikan alias dibuat buat .

Mari sejenak kita melihat sejarah. Pepatah “sekali sesar, Pasti /Harus selalu sesar” pertama kali di lontarkan oleh Dr. Edwin Cragin’s pada tahun 1916, ia menciptakan pepatah ini pada dasarnya untuk menekankan bahwa operasi pertama seringkali menyebabkan operasi berikutnya. Dan ternyata pepatah ini masih saja banyak di pegang teguh hingga detik ini. Padahal sejak Nancy WAINER Cohen dan Lynn Baptisti Richards menerbitkan sebuah buku yang sangat fenomenal hingga saat ini, berjudul “Silent Knife” yang memaparkan tentang tentang efek buruk operasi bedah sesar bagi jiwa ibu, maka sejak tahun 1990-an, di Eropa para wanita mulai di anjurkan untuk melakukan Vaginal Birth After Caesarean (untuk selanjutnya akan di sebut :VBAC).

dan sebagian besar ibu yang sudah pernah mengalami operas Caesar, rata rata mereka menginginkan untuk merasakan seperti apa proses persalinan normal. bahkan banyak ibu, yang pernah melahirkan caesar sebelumnya, merasa tertekan ketika dia harus menjadwalkan operasi caesar ulang saat mereka berkeinginan atau memilih untuk melakukan VBAC.

sebagai pelayan kesehatan, memang sebaiknya seorang provider berkewajiban untuk berbagi informasi yang jujur dan jelas kepada para ibu calon VBAC. Untuk menginformasikan tentang risiko dan manfaat rencana VBAC atau memilih operasi caesar berulang. Bila ibu telah menerima semua informasi yang ibu perlukan untuk meyakinkan diri dalam pengambilan keputusan, maka keputusan dan pilihan yang diambil merupakan pilihan yang baik. seorang provider yang baik seharunya tidak  menakut-nakuti atau memaksa seorang ibu untuk menjalani operasi caesar berulang. Keputusan untuk menjalani operasi caesar atau persalinan  VBAC adalah mutlak hak seorang ibu.

Kunjungan prenatal atau Antenatal care (pemeriksaan kehamilan) memberi  kesempatan kepada Anda untuk  berdiskusi secara gamblang dan  jujur ​​dengan provider Anda tentang kekhawatiran Anda dan apa saja yang harus diperhatikan. karena pada dasarnya Anda punya hak  untuk berpartisipasi dalam semua pengambilan keputusan mengenai kesehatan dan kesehatan bayi Anda.

ketika Anda akan mengambil keputusan atau menetapkan hati untuk VBAC atau SC berulang, maka selama kehamilan Anda harus melakukan beberapa diskusi tentang manfaat dan risiko VBAC dan operasi caesar berulang;

Tanyakan kepada provider Anda tentang berapa banyak ibu yang berniat VBAC, seberapa tinggi tingkat  keberhasilan VBAC-nya dan seberapa banyak yang akhirnya harus SC ulang.

Diskusikan kondisi medis pribadi Anda sehubungan dengan VBAC dan ulangi operasi caesar. karena Anda mungkin perlu meninjau catatan operasi Anda (dokumentasi operasi.)

Tanyakan tindakan pengamanan apa yang ada untuk merespons ketika terjadi keadaan darurat obstetrik termasuk ruptur uterus.

Cobalah untuk mendapatkan formulir informed consent untuk prosedur yang mungkin Anda perlukan (untuk induksi, obat epidural, nyeri) selama kehamilan Anda sehingga Anda punya waktu untuk membaca dan memahaminya.

Buatlah daftar kelebihan dan kekurangan perencanaan VBAC atau penjadwalan operasi caesar berulang dan diskusikan dengan pasangan Anda.

Pertimbangkan untuk didampingi doula saat kelahiran Anda.

karena melahirkan adalah pengalaman transformatif. maka Perawat Anda harus membuat Anda merasa diperhatikan, dihormati, dan didukung dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Resource :

  • http://www.vbac.com
  • Cohen N. W. & Estner L. J. (1983). Silent Knife. Bergin & Garvey Publishers.