#gambar di ambil dari : http://www.bellybelly.com.au

Saya rasa semua wanita menginginkan proses persalinannya berjalan dengan lancar dan selamat. Dan saya yakin semua wanita menginginkan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat melahirkan. Dan memang seharusnya demikian. Karena kita tahu bahwa melahirkanadalah proses yang tidak bakalan terlupakan oleh seorang ibu.

Kalau tak percaya….coba tanyakan kepada nenekmu, bagaimana proses kelahiran ibumu? Walaupun sudah puluhan tahun, sang nenek akan masih terus mengingat tentang proses persalinannya. Nah apa jadinya kalau proses persalinan menjadi proses yang traumatic? Pastinya nenek akan bercerita tentang traumana kepada Anda. Nah kalau udah demikian, bukankah itu justru menjadi semacam sugesti negative atau penularan rasa takut dan trauma kepada Anda? Dan ini akan mengakibatkan muncul trauma pada persalinan Anda juga?

Nah salah satu langkah untuk menggapai persalinan yang nyaman dan minim trauma adalah dengan mencegah cascade intervensi.

Nah apa itu cascade intervensi dapat Anda simak di artikel saya sebelumnya di sini:

http://www.bidankita.com/cascade-intervensi-dalam-persalinan/

 

Cascade-of-Intervention_0

Nah itu bukan berarti semua intervensi punya efek negative lho ya? Namun paling tidak Anda harus menyadari dan mengerti mana intervensi yang perlu dilakukan, mana yang tidak dan mana yang bisa di hindari. Karena pada dasarnya semua intervensi dapat menyebabkan efek samping.

 

Nah saat ini saya akan membahas tentang intervensi rutin yang sering terjadi dalam proses persalinan:

 

Intervensi rutin umumnya dilihat sebagai suatu tindakan yang diperlukan untuk menjaga ibu dan bayi agar tetap aman selama proses kelahiran. Namun, Beberapa intervensi mungkin memiliki dampak negatif atau efek samping. Dan Mereka mungkin justru mengganggu proses fisiologi persalinan:

 

Contoh yang paling sering terjadi adalah Memisahkan ibu bersalin dari pasangannya, bayi atau keluarga dan teman yang menjadi pendampingnya.

Hal ini masih banyak terjadi dan dilakukan oleh beberapa tempat layanan kesehatan, dimana mereka melarang seorang ibu untuk di damping pasangan atau keluarga mereka saat melahirkan. Apa akibatnya?

  • Ibu mendapatkan pengalamantidak nyaman dan tidak menyenangkan;
  • Dapat mengakibatkan efek samping yang lebih serius lainnya
  • Dapat menyebabkan penggunaan intervensi lainnya yang dirancang untuk memantau, mencegah atau mengobati efek samping ini (dikenal sebagai Cascade Intervensi).

Bukti ilmiah yang sekarang berkembang bahwa beberapa prosedur rutin ini berpotensi mengganggu atau menyebabkan kerusakan, dan bahkan malah tidak benar-benar bermanfaat bagi wanita atau bayi.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here