Jauhkan Tanganmu dari Vagina Ku!

pelvic_exams

Wow!! Judulnya kayak apa aja ya?!

Saat ini saya ingin membahas tentang proses atau prosedur dalam proses persalinan yang biasanya sangat tidak disukai oleh para ibu yang hendak melahirkan, yaitu PEMERIKSAAN VAGINA (Periksa dalam/Vaginal Toucher/VT)

Dan kebanyakan orang merasa tidak nyaman ketika dilakukan VT bahkan banyak dari Anda mungkin yang saat ini marih trauma karena di – VT.

Ya proses persalinan adalah proses yang sangat mudah terganggu oleh intervensi yang tidak perlu. “sfingter itu sangat pemalu”.

 

Ketika seorang wanita sedang mengalami tanda tanda persalinan, kemudian mereka memeriksakan diri ke dokter atau bidan, hal yang pasti dilakukan adalah dilakukannya VT atau pemeriksaan dalam vagina untuk mengetahui seberapa lebar pembukaan serviks terjadi. Namun ternyata sebenarnya proses VT itu sendiri merupakan   intervensi yang dapat mengganggu proses melahirkan alami.

Dalam sisi lain di kehidupan kita, vagina kita dianggap sebagai organ yang sangat “pribadi”. Hingga tidak ada seorangpun boleh melhat vagina Anda kecuali suami Anda. Nah Selama persalinan, tiba tiba seorang wanita diperintahkan untuk berbaring, buka kakinya dan memungkinkan tubuhnya untuk dieksplorasi oleh orang asing. Seorang wanita yang melahirkan seolah kehilangan harga dirinya, privasi dan kepercayaan dirinya di tangan orang-orang bahwa ia telah “disewa” atau “dipercaya” untuk membantunya pada proses yang sangat sakral ini yaitu melahirkan.

Seorang penggiat persalinan alami di Kanada bernama Gloria Lemay, menulis dalam beberapa buku dan artikelnya dimana sebaiknya kita menghindari melakukan pemeriksaan dalam terlalu sering, bahkan jika memungkinkan lakukan pemeriksaan dalam ketika sudah pembukaan 8 cm. Dengan alasan;

Pertama, karena tidak nyaman bahkan terkadang terasa menyiksa bagi ibu.

Kedua, karena mengganggu titik halus dalam proses persalinan di mana tubuh melakukan banyak penyesuaian baik untuk mempersiapkan diri untuk mendorong/melahirkan bayi dan pada dasarnya tubuh seorang wanita sedang mengakses bagian yang sangat primitif dari otak kuno nya.

 

Apa yang Harus Anda Tahu …

 

  • pemeriksaan dalam vagina /VT merupakan metode klinis tradisional untuk mengevaluasi kemajuan dalam persalinan. Menurut Curve Freedman (studi 1955 dari 500 wanita), seorang wanita harus mengalami pelebaran serviks 1 cm per jam setelah ia telah mencapai pembukaan 4 cm. Ketika seorang wanita tidak mengalami “standar” ini, beberapa bidan menjadi frustasi dan mendorong atau terpicu untuk memberikan  obat-obatan seperti Pitocin dan metode lain untuk mempercepat kemajuan persalinan sesuai dengan harapan mereka. Dan Ini dapat menimbulkan caskade intervensi (bisa dilihat disini & disini )
  • Seorang wanita mungkin menjadi berkecil hati oleh beberapa komentar ceroboh dari bidan atau dokter seperti, “ini baru membuka ….cm”, atau “kok masih membuka ….cm ya? Masih lama nich!” yang mana ketika sang ibu merasa “down” mentalnya maka pembukaan justru semakin lambat dan akhirnya memicu para dokter dan bidan untuk melakukan intervensi  yang sering berakhir dengan operasi caesar.
  • pemeriksaan dalam vagina meningkatkan risiko infeksi dengan membawa bakteri terhadap leher rahim, bahkan bila dilakukan dengan hati-hati dan terutama setelah ketuban pecah.
  • pemeriksaan dalam vagina bukan cara yang dapat diandalkan untuk memprediksi kapan persalinan akan dimulai. Proses persalinan biasanya dimulai ketika bayi siap dan hormon oksitosin mulai di produksi tubuh.
  • pemeriksaan dalam vagina sangat menyakitkan selama kontraksi dan mengganggu konsentrasi wanita.
  • pemeriksaan dalam vagina apalagi pemijatan perineumselama persalinan, selain mengganggu dan invasif, menurut penelitian tidak melindungi perineum. http://www.bmj.com/content/322/7297/1277.full
  • Ada insiden yang lebih tinggi dari robekan perineum ketika penolong persalinan melakukan “kromilas” atau pemijatan dan pemaksaan pelebaran perineum atau sering disebut “hands on” dibandingkan dengan pendekatan lepas tangan “hans off”. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12092017

 

One Comment on “Jauhkan Tanganmu dari Vagina Ku!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *