Keajaiban Tali Pusat

Delayed Umbilical Cord, burning cord dan lotus birth adalah praktek-praktek yang 3 tahun belakangan ini saya lakukan di pelayanan saya. Dan semakin hari ini membuat saya semakin takjub tentang segala hal yang berkaitan dengan kelahiran. Mulai dari penciptaan bayi dari sperma dan sel telur, proses melahirkan, plasenta, juga tali pusat.

Kita tahu selama di dalam kandungan sang janin di jaga dan dipelihara oleh tali pusat dan plasenta. Namun ketika sang bayi lahir, seringkali kita lupa dengan plasenta dan tali pusat bahkan menganggap dia sudah tidak berguna dan harus segera di singkirkan. Padahal sebenarnya tali pusat masih berfungsi hingga detik-detik terakhir si bayi mulai siap beradaptasi dengan paru-parunya, bahkan plasenta dan tali pusat merupakan “dewa penolong” bagi para bayi yang menderita asfiksia atau apnue segera setelah lahir.

Sudah lama saya ingin sekali mengabadikan foto tentang perubahan yang terjadi di tali pusat setelah di lahirkan. Namun ternyata lumayan sulit. Sampai saat ini saya baru bisa mengabadikan perubahan pada lotus birth saja itupun jedanya berjam-jam. Hingga akhirnya saya menemukan link ini (http://www.nurturingheartsbirthservices.com/blog/?p=1542) yang mungkin bisa mewakili keinginan saya untuk menjelaskan dan memperlihatkan kepada Anda bagaimana perubahan pada talipusat segera setelah bayi di lahirkan.

Tali pusat memiliki dua arteri dan satu vena. Ketiga pembuluh darah tersebut dikelilingi oleh zat khusus yang disebut Wharton Jelly. Ini jelly tebal dan seperti agar-agar. Dia berfungsi untuk melunakkan dan membuat tali pusat tidak terlalu ketat dan lebih lentur/elastis. Ketika bayi lahir, Tali pusat ini terus berfungsi, memberikan bayi tidak hanya darah dan oksigen – tetapi menyediakan WAKTU bayi! Waktu untuk transisi menghirup udara melalui paru-parunya. Selama tali pusat ini berdenyut, cara kerjanya sama seperti sebelum bayi keluar/dilahirkan.

Setelah bayi melakukan pernafasan paru-paru dan stabil, talipusat tidak lagi sangat diperlukan, ia akan ber transformasi sendiri. Wharton Jelly pada tali pusat akan mulai mencair dan menjepit mereka secara alami. Dan talipusat-pun perlahan-lahan menjadi tipis, putih, lemas – perubahan dramatis dari kondisi yang kenyal, berwarna ungu pada bayi baru lahir!