Namun Ketika bayi memasuki panggul dari sisi kanan akan mendapati kecuraman sisi kanan rahim dengan punggung menjadi lebih lurus (ekstensi). Sehingga kondisi ini bisa mengangkat kepala bayi dan menciptakan lebih banyak potensi bagi bayi untuk berubah menjadi posisi posterior (ketika bagian belakang kepala dan tulang belakang bayi sejajar dengan punggung ibu/ bayi terlentang).

Jika posisi janin posterior, maka ini akan mengarahkan diameter kepalanya yang lebih besar masuk ke dalam pelvis dan mengakibatkan ibu perlu melakukan lebih banyak energi untuknya dan bayinya. Terkadang diperlukan intervensi tambahan. Sekitar 50% bayi posterior akan membutuhkan bantuan persalinan melalui operasi caesar.

Dengan menjaga keseimbangan pada rahim, broad ligamen, round ligamen, dan utero sacral ligament, maka ini dapat membantu bayi masuk ke posisi yang lebih optimal atau ideal untuk persalinan dan kelahiran. Saat ligament ini seimbang maka bentuk rahimpun menjadi sempurna dan lebih luas, Ketika ada lebih banyak ruang di dalam rahim, bayi bergerak lebih bebas.

Dan ketika ligament di dalam panggulpun seimbang, maka panggul bisa melakukan gerakan yang pas sehingga bisa memfasilitasi pergerakan kepala janin saat turun melewati panggul dan jalan lahir.

silahkan pelajari posisi janin yang seperti apa yang paling mudah untuk di lahirkan

Mari kita pelajari apa saja ligament dalam Rahim, panggul dan bagaiman pergerakan janin saat proses persalinan.

Ligamen Rahim

sebenarnya ada beberapa ligament yang membantu menyangga rahim dan ovarium, namun saya akan membahas ligamen ligamen besar yang utama dan sangat penting dalam proses persalinan

source : pic by google

Broad Ligament

Ligament ini memanjang dari sisi rahim (uterus) ke dinding lateral dan dasar panggul; terbuat dari mesosalpinx (membungkus tabung rahim), mesoovarium (membawa pembuluh ovarium dan saraf), mesometrium (berisi bagian dari ligamentum servikal transversal)

broad ligament berfungsi sebagai mesenterium rahim, ovarium, dan saluran rahim. Ini membantu dalam menjaga rahim pada posisinya.

Round Ligament

round ligament – memanjang dari lateral cornu uterus melalui broad ligamentum ke jaringan ikat pada labiya mayora (pada vagina); mengandung pembuluh darah saraf dan limfatik dari uterus