Ya lega…namun kembali saya punya PR banyak.

Beginilah rasanya jika ketiban sampur. Klien datang tiba tiba tanpa pernah ANC sebelumnya di Bidan Kita, dan banyak sekali yang datang ke Bidan Kita setelah “melarikan diri” dari RS.

Senang sich dapat klien baru…tapi sedih juga ..karena tenyata masih banyak sekali para ibu dan keluarga yang HANYA menganggap bahwa persalinan itu sekedar melahirkan seorang bayi dari perut ibunya. Banyak ibu yang tidak menyadari pentingnya persiapan persalinan , banyak keluarga yang tidak menyadari betapa pentingnya pengetahuan akan proses persalinan, sehingga mereka cenderung PASRAH dengan apapun yang akan terjadi kepada nakes yang mereka percayai. Padahal melahirkan ibu bukan sekedar mengeluarkan seorang bayi dari perut ibunya, namun melahirkan Anak Allah dan utusan Tuhan, melahirkan seorang wanita menjadi seorang IBU, melahirkan seorang lelaki menjadi seorang Ayah. Melahirkan seorang ibu menjadi Nenek, dan seorang bapak menjadi kakek.

Ya harapan saya….dengan artikel ini, pembaca akan semakin tersadar akan pentingnya peristiwa ini.

Birth is the beginning of LIFE

Mari berdayakan diri bunda …..

KNOWLEDGE is POWER

Namun NIAT, DAYA, UPAYA, KOMITMEN itu memegang KUNCI dan peranan besar.

 

Mengapa kasus ini saya angkat menjadi sebuah artikel di Bidan Kita?

Selain memuat ajakan dan himbauan kepada anda agar Anda bisa dan mau berdayakan diri. Kalau Anda perhatiakan ada hal yang menarik dalam kasus ini.

Saat mbak Bella datang ke RS untuk memeriksakan dirinya dan mengecek pembukaannya, tiba tiba tubuhnya berubah, keringat dingnin, pikirannya kacau, dan dia menderita serangan panik yang luar biasa. Padahal menurut pengakuannya mbak Bella sudah berusaha untuk mengatur nafas….membayangkan yang indah indah…namun tetap saja ketika panik itu menyerang, yang ada adalah pikirannya tidak karuan dan tubuhnya langsung tegang dan tekanan darah meningkat.

Sesaat saya langsung teringat kalimat yang pernah di ucapkan sahabat saya yaitu REZA GUNAWAN yang menyatakan bahwa yang terpenting adalah HEALING BIRTH TRAUMA, karena berfikir positif atau membayangkan yang indah indah saja tidak cukup!