3. Siapkan Diri Anda Secara Fisik

jika ingin proses persalinan yang nyaman dan lancar, maka memerlukan beberapa persiapan sebelumnya. Saat proses persalinan, Anda merespons rasa sakit akibat kontraksi rahim dengan bergerak. Gerakan adalah strategi mengatasi rasa sakit, dan kebebasan untuk bergerak dalam proses persalinan menjadi sangat penting.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalamthe Journal of Perinatal Education, ibu bersalin yang menggunakan posisi tegak lurus dan bergerak selama proses persalinan maka proses persalinannya memerlukan waktu  yang lebih pendek, intervensi menjadi sangat berkurang, dan rasa sakitpun sangat sedikit.dan merasa lebih puas saat melahirkan dibandingkan dengan ibu ibu yang melahirkan dengan posisi tidur berbaring

Menurut penelitian yang diterbitkan the Journal of Perinatal Education, ibu bersalin yang menggunakan posisi tegak lurus dan bergerak selama persalinan memiliki tenaga kerja yang lebih pendek, kurang mendapat intervensi, melaporkan rasa sakit yang kurang parah dan menggambarkan kepuasan lebih pada pengalaman persalinan mereka daripada wanita dalam posisi berbaring. (6)

Untuk mempersiapkan diri Anda agar berhasil melahirkan alami  akan mengharuskan Anda untuk mengubah posisi selama masa pembukan Anda, tetap aktif secara fisik selama kehamilan Anda. jalan cepat, yoga dan pengangkatan beban ringan selama kehamilan Anda membantu meningkatkan daya tahan dan fleksibilitas Anda saat melahirkan. prenatal gentle yoga juga dapat sangat membantu karena Anda dapat menggunakan pose pose yoga untuk membantu memperlancar pembukaan  serviks dan mengurangi rasa sakit saat melahirkan secara alami – selain itu, yoga mengubah otak Anda dan membantu Anda mengurangi kecemasan dan Andapun akan merasa lebih terkendali.

4. Ambil Kelas persiapan GentleBirth (baik Private maupun Group)

KNOWLEDGE is POWER

bagaimanapun juga ibu yang memberdayakan diri dengan ilmu pengetahuan pasti akan sangat nyaman proses persalinannya, karena dia pasti akan melakukan persiapan dan pemberdayaan diri dengan tepat untuk mampu melahirkan secara alami. Meski melahirkan adalah kejadian alami dan wanita terlahir dengan kemampuan ini, namun dengan pengetahuan yang tepat, dengan mengikuti kelas kelas terutama kelas private tentu akan sangat  membantu ibu untuk mempersiapkan strategi yang matang untuk menghadapi dan menjalani hari H dengan nyaman dan tenang.