Panduan untuk Kehamilan Sehat

MENGATASI DENGAN ketidaknyamanan KEHAMILAN

Segera setelah anda hamil, tubuh Anda mulai bekerja untuk mendukung pertumbuhan bayi Anda. Kehamilan secara fisik terjadi berbagai perubahan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Namun perubahan dan ketidaknyamanan yang dialami antara ibu satu dengan yang lain pasti berbeda. Ibu hamil tidak selalu mengalami morning sickness, konstipasi, atau kram pada kaki.

 

 

Pengalaman Anda mungkin berbeda dengan pengalaman ibu yang lain. Cobalah untuk tidak membandingkan kehamilan Anda dengan orang lain. Bicaralah dengan dokter/bidan Anda tentang perubahan dan keluhan Anda. Dengan demikian Anda mungkin akan mendapatkan bantuan/saran/TIPS untuk mengatasi ketidaknyamanan Anda.

Kegelisahan

Penyebab

Apa yang Harus Dilakukan

Mual / Muntah  (Trimester 1)   

Perubahan hormon estrogen dan progesterone menyebabkan mual dan muntah yang biasa disebut morning sickness. Anda mungkin merasa sakit perut, muntah, atau hanya tidak doyan makan.

Morning sickness dapat terjadi setiap saat pada setiap harinya, terutama ketika perut Anda kosong. (Bagi kebanyakan wanita, morning sickness mulai hilang sekitar bulan keempat kehamilan)

Makan secara teratur, bahkan jika Anda merasa mual. Karena jika Anda Tidak makan ini justru tidak mengurangi mual. Tidak makan menyebabkan gula darah Anda menurun, sehingga membuat rasa mual menjadi memburuk.

Makan Makanan kecil atau makanan ringan setiap satu sampai dua jam.

Makan roti kering, biskuit, atau sereal kering sebelum Anda bangun dari tempat tidur di pagi hari. Karena Makanan tersebut mengandung banyak Karbohidrat yang mudah dicerna dan ini dapat membantu meredakan rasa mual.

Pada awal kehamilan, Makanlah makanan yang menarik bagi Anda.

Pastikan Anda minum cukup cairan. Minum beberapa ml cairan setiap satu sampai dua jam. Limun dan Gatorade/minuman isotonik (jika Anda dapat mentolerir itu) adalah pilihan yang baik.

Jika Anda kesulitan untuk minum cairan, cobalah makan makanan yang tinggi dalam air, seperti es loli atau buah semangka.

Pilih makanan rendah lemak dan makanan ringan. Hindari makanan berminyak, makanan pedas, rokok dan alkohol.

Hindari bau yang menyengat. bau Makanan dapat meningkatkan rasa mual. Hindari makanan berbau tajam dan mencoba makan makanan yang dingin. Jika memungkinkan, biarkan pasangan Anda menyiapkan makanan.