Mengenal Homeopathy untuk pelihara kesehatan keluarga

2085 2

Saya mengenal homeopathy pertama kali sekitar tahun 2007 atau 2008 ya? (saya agak lupa) saat itu saya magang di Bumi Sehat. Belajar tentang Gentle Birth, dan seru sekali. Terheran heran saat ada pil kecil kecil yang menurut saya dasyat sekali, mulai dari bantu Uplifthing energinya ibu disaat ibu mulai “down” dan kelelahan. Sampai mengatasi perdarahan. Gak hanya itu saja saat itu yang digunakan, tapi ada juga remedy dari TCM (Traditional Chenese Medecine) yang digunakan.

Ya…saya belajar banyak sekali, Thanks God.

homeopathy-11

Pil kecil sebesar telur cicak itu membayangi saya, dan “menarik” sekali bagiku. Saat itu juga saya langsung mulai cari buku buku dan referensi tentang homeopath, belajar outodidak. Dan mulai mencari dimana saya mendapatkan remedy ini.

Beruntung saat itu saya selalu dibantu Brenda Lynn yang bisa bawain homeopath dari Singapore atau nitip temenku dari Aussie. Cukup seru bereksplorasi dengan homeopath ini, namun karena saat itu saya belum menemukan resource yang mudah, dan kalau import pasti biaya cukup mahal dan remedynya pun terbatas, maka hanya pada klien klien tertentu saja saya gunakan remedy ini.

20160727_172210Seiring dengan berjalan waktu sambil meniatkan diri untuk bisa belajar langsung dari Tjok Gde (si gantheng ahli homeopath dr Bali), kamus kamus homeopath (Materica medica) pelan pelan ku baca disela sela kesibukan tiap harinya, hingga akhirnya bulan lalu cita cita ketemu sama Tjok Gde terlaksana dan diijinkan belajar dengan beliau. Huhuiii seru..biar tambah mantap.

Dan ternyata, semakin menarik saja si homeopath ini. Seru dan lucu. Mempelajari ini remedy serasa hidup di jaman harry potter atau serasa jadi Gandalf saja. Ya karena remedy ini ada banyak sekali lebih dari 3000 jenis remedy. Dan sangat personal.

Okay saya jelaskan pelan pelan ya

 

Mengenal Homeopathy yuk?

Homeoapathy adalah pengobatan yang paling terpercaya dan sudah digunakan lebih dari 200 tahun

Dimana didasarkan dari dua prinsip:

  1. hukum serupa atau yang serupa menyembuhkan yang serupa

yang berarti bahwa sesuatu yang menyebabkan gejala jika di konsumsi oleh orang sehat akan menyembuhkan gejala yang sama atau mirip dengan gejala yang dialami oleh orang sakit.

  1. Prinsip dosis yang minimum (low dose) yang berarti pengobatan yang paling efektif bisa di capai engan pemberian dosis yang minimum. Jadi lucu kan….biasanya kita dosisnya ditingkatkan, kalau homeopath malah sebaliknya.

Homeopathy terbuat dari hampir semua elemen alam, terutama dari tumbuhan, mineral, logam dan sumberhewani. Ada beberapa dosis, yang tersedia di saya adalah potensi 30C artinya remedy tersebut sudah diencerkan 1:100, dan telah diterapkan getaran selama 30 kali berturut turut.

Nah remedy ini bekerja dalam lapisan tubuh Etheric dan Life force

 

Ya karena pada dasarnya tubuh punya kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri

“you must believe that we can heal our self”

 

dan To heal, maka HARUS FREE from FEAR

karena pada dasarnya FEAR =INFECTION artinya semakin kita takut, maka infeksi akan semakin meningkat.

 

dan ketika kita bebas dari rasa takut maka kita akan sehat, tenang, damai, ikhlas dan selaras.

 

Belajar tentang homeopathy memaksa saya untuk belajar lagi tentang Anthroposophy0-nya Rudolf Stainer…(ilmu ini keren sekali) dan menurut beliau SICK is a Lesson. Ya penyakit adalah pelajaran. Ketika Anak kita demam, terkadang demam memang diperlukan. Karena secara conscious body mencoba untuk mensempurnakan struktur tubuh. Nah ketika menangani anak demam jangan buru buru kasih obat kimia apalagi antibiotic. Karena justru ini membuat tubuh tidak selaras. Dan menurut penelitian justru bisa mematikan icrobiome dalam tubuh dan membuat resiko penyakit kanker meningkat.

Jadi ketika menangani penyakit, ya usahakan jangan melawan proses dari tubuh, tetapi menyelaraskan. Nah homeoapathy bertugas menyelaraskan tubuh ini.

banner3

Apakah remedy ini aman?

Kalau diperhatikan namanya mungkin Anda akan heran karena remedy homeopath memiliki nama nama seperti substansi beracun. Contoh Arsenic, mercury, dll. Ya karena memang bahan dasarnya ada juga yang dari racun. Lucu kan?

Contoh nama Crolatus ini bahan dasarnya adalah dari Bisa ular cobra fungsinya untuk obati perdarahan dan orang yang stroke dan sakit jantung. Merc.col bahan dasarnya Mercuri ternyata dipakai untuk mengobati sampai kanker tenggorokan, untuk flu, demam bahkan untuk infeksi mata dan telinga. Adalagi namanya Lachesis bahan dasarnya adalah dari bisa ular surucucu (ular paling berbisa di amerika selatan) dan ini berguna buat orang yang ambisius, menopause, sakit saat menstruasi juga. Tapi terkhusus orang yang pribadinya choleric dan fanatic, keras kepala. Unik kan? Jadi remedy homeopath sangat di pengaruhi dengan tanda gejala keluhan tubuh, karakter client, emosi client juga. Nah karena proses homeopathy ini unik, disebut POTENTISASI, maka substansi yang beracun dan paling beracun sekalipun dijadikan tidak berbahaya dan bebas dari kimiawi. Karena sifat remedy ini alami, maka aman digunakan bahkan untuk bayi baru lahir dan ibu hamil.

341749-homeo

Cara pakai

  1. Untuk mencari pengobatan yang tepat bagi Anda, haruslah cari kondisi yang ingin diobati, lalu baca pengobatan apa yang telah di sebutkan. Di hamper semua keadaan akan ada lebih dari satu obat yang harus dipilih karena homeopathy adalah sebuah system pengobatan yang didasarkan dari pemberian resep secara individual, sehingga penting sekali mencocokkan profil gejala yang paling lengkap dengan pengobatan yang paling cocok. Sangat spesifik. Dan Anda bisa saja saja terkejut mendapati bahwa beberapa obat bisa ditujukan untuk banyak kondisi yang berbeda dan tidak ada obat yang spesifik untuk setiap kondisi. Karena satu obat homeopathy mempunyai ruang lingkup yang luas dan satu remedy dapat mengobati ratusan gejala secara efektif. Tapi jangan khawatir akan memilih remedy yang salah. Karena homeopath sifat yang tidak keras dan akan du proses oleh system penyeimbang dan kekuatan tubuh. Jadi HALYANG PALING BURUK yang bisa saja terjadi adalah TIDAK ADA EFEK. Artinya kalau Anda salah pilih remedy ya tubuh Anda tidak akan bereaksi ke arah yang lebih baik.
  2. Tahu kapan harus mengganti remedy. Walaupun homeopath terkenal dengan pengobatan yang lembut namun bukan berarti lamban reaksinya, karena faktanya sering kali dimana klien merasakan kemajuan setelah beberapa menit meminum remedy ini. Aturan minum adalah setiap 3 jam sekali pada kasus yang parah. Dan jika menjadi lebih parah atau tidak ada kemajuan setelah 3 kali dosis, maka yang terbaik adalah mengganti dengan remedyyang di anjurkan berikutnya. Dan jika tetep aja gak ada peningkatan, silahkan konsul dengan ahli homeopath.
  3. Konsumsi remedy: ada 2 cara meminum remedy homeopath yaitu Pil dengan berbasis sukrosa, makanya manis rasanya yang di minu dengan cara di larutkan di bawah lidah, dan bisa juga dnegan satu pil perdosis dilarutkan ke dalam satu gelas air, lalu aduk hingga larut selama 10 detik lalu minum satu atau dua teguk perdosis. Sisa larutan bisa disimpan dan diminum lagi setiap 1-2 jam sekali hingga gejala membaik. Kadang saya masukkan ke tumblr kocok lalu saya minum sepanjang hari, setelah airnya hamper habis, saya refill lagi tumblernya dengan air putih biasa dan minum lagi begitu seterusnya. Untuk bayi baru lahir, pilnya di gerus, larutin di ASI lalu minumin.
  4. Cara penyimpanan remedy: hanya ada 1 musuh yaitu RADIASI dalam segala macam bentuk. Bisa dari sinar mataharo atau gelombang electromagnetic. Jadi kalau nyimpan jauhkan dari HP, computer, televise. Kalau semisal TERPAKSA harus berdekatan dengan sumberrasiasi, ya kasih alumunium foil. Dan simpan di tempat yang kering
  5. Dosis untuk bayi, anak dan dewasa kan biasanya di bedain tuh, nah di homeopath tidaklah demikian. Semua sama, namun untuk anak anak dan bayi sebaiknya pil dilarutkan di ASI atau air, (bukan di taruh di bawah lidah) takut keselek.

 

Contoh Kondisi dan pengobatannya:

  1. BATUK

Batuk sangat bervariasai ada yang batuk kering, ada yang berdahak. Kunci dari penanganan batuk dengan homeopath adalah melalui pengobatan secepatnya. Jika nunggu nunggu terlalu lama maka semakin susah ngobatinnya heheh

  1. batuk kering
  • Aconite = untuk batuk yang tiba tiba muncul karena terekspos udara dingin atau AC.
  • Drosera : tiap 2-3 jam sekali hingga kondisi membaik jika batuk kering merejan dimana ada suara tercekik dan tersedak bahkan habis batuk kadang muntah. Drosera juga akan membantu batuk yang parah jika anda berbaring
  • Bryonia = untuk batuk yang kering dan menyakitkan disertai sakit kepala di belakang mata, bahkan kadang sakit kepalanya melebihi batuknya. Biasanya dia memilih berdiam diri di kamar yang dingin dan gelap. Ada kemungkinan badan agak demam juga.
  • Arsenicum = jika Ketika batuk terasa tenggorokan panas terbakar dan sedikit berdahak. Remedy ini cocok untuk penderita asma dan jika keadaan memburuk di udara dingin
  • Phosphorus = bisa untuk batuk kering maupun berdahak, gatal tenggorokan dan walaupun batuk masih tetep pengen minum dingin, dan klidn merasa lemah letih lesu, dahak juga kuning

 

  1. batuk berdahak
  • hepar sulp = batuk berdahak dan merejan dengan dahak buanyak berasal dari tenggorokan dan hidung, kadang kadang muntah dahak, biasanya mereka merasa panas tapi sensitit dengan udara dingin inginnya berdiam diri di kamar yang hangat. Jangan dikasih heparsulo pada klien demam
  • Pulsatilla = kalau gejala mirip dengan diatas tapi terjadi pada anak anak dan dia terus menangis dan pengennya nempel dan digendong terus sama orang tuanya.

 

  1. CIDERA

Paling aman adalah kasih ARNICA. Arnica mampu menyembuhkan dari mulai memar, bengkak, habis operasi, post partum, dll dalam kasus cedera menengah beri dosis 1 kali dalam tiap 3 jam hingga kondisi membaik. Jika kondisi cedera parah kasih 1 dosis tiap 1 jam

CALENDULA = untuk obtain cidera sobek, terkelupas, setelah operasi, bahkan obati luka perineum. Bisa pakai pil nya bisa pakai Tinkture (cairan) seperti mbak Natalie, saya tidak pakai bethadine sama sekali tapi pakainya calendula tinktur. Dan 2 hari post jahitan, jahitan udah menyatu dan tidak ada bengkak.

Bahkan mbak Nat bilang enak banget rasanya gak perih sama sekali.

Ledum     = untuk mencegah infeksi tapi jika ledum tidak bekerja optimal ganti pakai staphysagria .

Rhus tox = bisa dipakai untuk cidera otot dan ligament, secara umum beri 1 dosis setiap 3 jam untukcidera menengah. Kalau sudah membaik ya hentikan.

 

  1. DEMAM

Demam adalah tanda daya tahan kita sedang teruji, tubuh kita butuh demam untuk menyelaraskan. Yang penting adalah pahami seberapa demamnya sehingga tahu mana yang bahaya, mana yang tidak. Menangani demam pada homeopath bukan saja menghentikan demam tetepi lebih memberikan kesempatan untuk mempertahankan suhu tubuh yang aman

 

ACONITE = untuk permulaan demam,

BELLADONA         = jika demam tinggi, pipi wajah telinga memerah, demam sumbernya di kepala tetapi kaki dan tangan dingin (JIKA DEMAM 39 DERAJAT kasih 1 pil tiap sejam) pada kasus beladona klien berkurang rasa haus meskipun demam tinggi

BRYONIA  = jika demam mengalami perlulaan bertahap dengan sakit perut dan kepala, sensitive pada cahaya dan suara, dan haus terus pengen min uterus (bryonia ini bagus sekali untuk demam karena typus dan DBD), jika di kasih Bryonia tidak sembuh, maka kasih GELSEMIUM

PULSATILLA          = jika demam tubuh terasa panas tapi bagian lain dingin dan gejala berubah ubah dimana klien pengennya ditemenin, gak mau sendiri apalagi bayi mintanya di gendong terus dan sangat rewel

  1. DIARE

NUX VOMICA      = obat pertama untuk kasus diare, apalagi jika gegara makan terlalu bersantan dan pedas.

ARSENICUM         = jika diare dian mual muntah, merasa gelisah dan haus tapi hanya bisa minum seteguk itu[un mintanya air hangat.

CHAMOMILLA    = untuk diare yang diderita bayi dan anak anak karena tumbuh gigi

 

  1. SUSAH TIDUR

ada banyak penyebabnya bisa karena ketidak seimbangan hormone, atau kekurangan mineral, biasanya kurang magnesium, keracunan logam berat atau gangguan emosi dan stimulasi berlebihan dari media elektronik dan radiasi elektromagnetik. Maka sangat penting menemukan cara efektif untuk menyembuhkannya yaitu matikan Hp dan Televisi kalau mau tidur heheh

NUX VOMICA = ini terutama untuk yang KECANDUAN GADGED, penting untuk orang bekerja dan berbisnis, dan suka minum kafein biar terjaga

 

IGNATIA   = ini jika sulit tidur karena depresi, stress atau dukacita

CHAMOMILLA    = untuk anak anak akan sangat membantu apalagi jika dia suka uring uringan, tantrum, mudah rewel dan tumbuh gigi

 

  1. MAAG atau masalah pencernaan

NUX VOMICA      = terutama jika klien pengen makanan yang berat dan berminyak, kopi, rokok dan juga cocok untuk orang yang pribadinya keras (choleric)

 

PULSATILLA            = paling oke untuk yang suka kembung disertai begah terutama jika disebabkan karena makanan yang bersantan

 

ARSENICUM         = terutama untuk yang mual ulu hati bisa dikurangi dengan air hangat tapi tambah buruk saat minum dingin

 

  1. PILEK/FLU

ACONITE = pertolongan pertaa pada pilek flu adalah aconite minum tiap 3 jam sekali sampe merasa nyaman, jika tidak sembuh, lanjutkan Arsenicum tiap 3 jam sekali, atau jika klien merasa dingin, hidung terasa terbakar, mata dan hidung berair, merasa cemas dan hanya pengen minum hangat.

Gelsemium = jika flue dan merasa ngantuk lemah letih lesu, demam rendah

Rush Tox = jika badan ngilu semua dan merasa lebih baik kalau dalam situasi hangat dan minum hangat

NUX VOMICA = bila flu nya disebabkan karena stress terutama karena banyak pekerjaan dan kekawatiran finansial

 

PULSATILLA          = anak anak pilek, hilang nafsumakan, rewel, ingus hijau kental, maunya nenen terus dan gak mau lepas dari orang tua, dan mudah menangis

 

  1. RASA SEDIH

IGNATIA   = untuk mengobati kesedihan dan dukacita terutama jika melibatkan kehilangan orang terdekat, hewan maupun pekerjaan. Sangat bagus bagi orang yang introvert

Kasih 1 tablet sehari selama 1 minggu

 

Nah menarik Kan?

Dalam pengobatan homeopath kita juga perlu tahu tentang MATERICA MEDICA nya materika medika adalah kumpulan data klinis yang telah dikumpulkan dalam kurun waktu ratusan tahun bahkan ribuan tahun yang memandu kami para praktisi homeopath tentang pengobatan mana yang cocok untuk tiapkondisi

Jadi jika bingung konsul saja ke praktisi homeopath

About The Author

Praktisi dan trainer hypnobirthing dan gentle birth, Penulis buku kesehatan, Pemilik dan bidan dari Klinik Bidan Kita, salah satu pelopor dan penggiat Gentle Birth di Indonesia

2 Comments on "Mengenal Homeopathy untuk pelihara kesehatan keluarga"

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *