Mengenal Lebih Dekat

Siapa saya?

Berawal dari sebuah keinginan untuk share tentang ilmu yang saya peroleh kepada semua ibu di Indonesia, dan berawal dari keinginan untuk menuangkan ide dan juga keluh kesah kepada Anda, saya membuat website dan klinik Bidan Kita ini.

Sejak tahun 2005/2006 saya mulai belajar tentang sebuah ilmu yang akhirnya menjadi “jalan” bagi saya untuk menjadi seperti sekarang ini. Sejak 2007 saya mulai banyak share tentang apa itu hypnobirthing dan saya ingat sekali saya pernah di undang oleh sebuah RS swasta di Jogja untuk sharing tentang hypnobirthing kepada lebih dari 100 ibu hamil. Dan disitulah awal mula saya bertemu dengan mas Wira yang merupakan salah satu staf marketing di RS tersebut. Dan beliaulah yang membujuk serta membantu saya untuk membuat website Bidan Kita ini.

Dari lubuk hati paling dalam, saya mengucapkan terimakasih untuk mas Wira.

Pemilihan nama Bidan Kita pun alasannya sangat sederhana, karena profesi saya adalah Bidan dan saya ingin menjadi bidan yang mampu menginspirasi Anda dan membantu Anda sesuai dengan kemampuan saya, maka saya memilih nama Bidan Kita yang akhirnya menjadi nama tempat praktek saya sekarang.

09-09-2009 adalah hari bersejarah di dalam lahirnya Bidan Kita.

Saat ini saya bersama suami saya tercinta beserta beberapa staf mengelola bidan kita ini.

Dan berharap website maupun klinik saya bisa memberi layanan yang terbaik untuk Anda semua.

Karena cita cita saya adalah

Semua ibu, ayah, bayi dan keluarga mendapatkan pengalaman positif saat melahirkan.

Ya saya ingin semua ibu merasakan nyamannya melahirkan, mengapa demikian? Berawal dari pengalaman melahirkan tanpa rasa sakit yang saya alami pada tahun 2001 yang lalu membuat saya berfikir bahwa ternyata melahirkan itu nyaman dan bahkan nikmat. Tidak seperti yang orang lain katakan.

Setelah lulus dari D3 kebidanan, saya mendapatkan beasiswa dan ikatan dinas dengan sebuah STIKES Swasta di JOGJA, yang akhirnya saya menjadi dosen di STIKES tersebut. Sebagai dosen di sebuah stikes di Jogjakarta, saya harus sering update ilmu pengetahuan. Saat itu saya ingat sekali disela jam istirahat ketika saya duduk di meja dosen saya berfikir “kapan ya ada persalinan dalam air?” lalu saya sempat browsing namun yang saya dapatkan adalah melahirkan tanpa rasa sakit atau hypnobirthing. Itulah awal mula saya menghubungi pakar hypnobirthing di Indonesia yaitu ibu Lanny Kuswandi.

Dari situlah perhatian saya berbelok dari waterbirth ke hypnobirth.

Setelah mengikuti workshop bersama ahli hypnotherapy Rommy Rafael di Solo, saya bertemu dengan kawan-kawan dari JASPI (Jasa Psikologi Indonesia) yang ternyata anggotanya adalah para praktisi hypnotherapy di Solo. Bergabung dengan JASPI membentuk Solo Hypno Club bersama Bp. Hisyam Fachri membuat saya semakin menguasai hypnotherapy karena hamper tiap minggu kami berlatih secara intensif di sebuah cafe ijo. Memang saat itu kami lebih mengarah ke hypnostate (hypnosis untuk keperluan panggung). Namun dari sana kami bisa diliput juga di salah satu stasiun TV saat itu acara “Mata Rantai” di ANTV.

Ilmu Hypnotherapy sangatlah bagus, Karena saya Bidan tentu saja saya ingin juga mengembangkan ilmu ini di dunia kebidanan dan kandungan dan ini selaras dengan profesi saya. akhirnya saya mengundang ibu Lanny Kuswandi ke Solo untuk melakukan seminar dan pelatihan kepada para bidan. Dan ini adalah kali pertamanya saya “kopi darat” dengan ibu Lanny. Dan ini adalah awal “debut” saya sebagai hypnobirthing practicioner.

Jodoh memang tak akan kemana, semenjak bertemu ibu Lanny saya merasakan kecocokan dan “inilah salah satu hal yang saya cari selama ini” akhirnya karena punya visi dan misi yang sama saya diajak bergabung dengan ibu Lanny Kuswandi. Bersama Pro V Clinic kami membentuk team Hypnobirthing Indonesia. Saat itu anggota kami masih 3 orang yaitu dr Erwin TB Kusuma SpKj (K) (Bapak hypnotherapy Indonesia), Ibu Lanny Kuswandi (pakar Hypnobirthing Indonesia) dan saya sendiri Yesie Aprillia S.Si.T, M.Kes(bidan). Sejak itu berbagai seminar dan pelatihan ke berbagai kota kami jalani, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Aceh, Padang, Medan, Sangata, Bontang, Jambi, Lombok, Bali, dan masih banyak sekali kota-kota yang kami kunjungi. Hampir di seluruh Indonesia. Bertemu dengan para bidan di berbagai daerah dengan berbagai karakter membuat kami semakin kaya pengalaman.

Berawal dari pertemuan saya dengan bu Lanny akhirnya mengantarkan pula saya untuk mengenal ibu Robin Lim di Nyuh Kuning Bali. Dan lagi-lagi saya memang orang yang sangat beruntung. Saat itu kami (Saya, Ibu Yosi Trihana, Ibu Palupi, Ketiganya adalah bidan di Klaten dan Solo) diperbolehkan untuk belajar waterbirth di yayasan Bumi Sehat Bali secara GRATIS! Bahkan kami disediakan penginapan gratis pula. Beberapa hari kami di Bumi Sehat, dan semakin saya mengenal ibu Robin Lim saya semakin kagum dengan beliau. Metode layanannya, energinya, humble nya luar biasa dan lagi-lagi saya berkata dalam hati “inilah yang saya cari selama ini”.

Di Bumi Sehat saya juga mengenal bidan bule bernama Brenda Ritchmort yang beliau selain bidan juga pengusaha cake “Bali Budda” dan sejak itu saya punya keluarga di Bali. Ibu Robin Lim juga Brenda. Luar Biasa!

Semakin hari semakin saya belajar dan bukan kebetulan lagi, kalau saya selalu beruntung karena berawal dari niat yang kuat akhirnya saya bisa bertemu dengan salah satu pakar Gentle Birth di Dunia yaitu Ellena Tonetti Vladimirova seorang spiritual midwife dari Rusia. Belajar dari Elena di Singapore waktu itu ternyata membawa titik cerah dan membuat saya semakin belajar tentang BIRTH TRAUMA. saat itu hanya 4 orang dari Indonesia yang mengikuti pelatihannya (saya, Ibu Lanny, Reza Gunawan dan dr Horas). Semua pelatihan ini semakin melengkapi dan menggenapi “pencarian” saya dalam memberi pelayanan.

Selain belajar tentang Gentle Birth dan Birth Trauma, saya juga belajar khusus tentang waterbirth di BALI (Indonesian Waterbirth Associaton) dan Online Course dengan Waterbirth International by Barbara Harper. Sejak tahun 2009.

Selama perjalanan ini lagi lagi saya beruntung karena Bp Hisyam F, memperkenalkan saya dengan mbak Resita seorang editor di sebuah penerbit besar di Jakarta.

Buku dengan Judul HIPNOSTETRI akhirnya menjadi karya pertama saya dan diterbitkan oleh Gagas Media Jakarta. Dari buku itu ternyata saya semakin kecanduan untuk menulis dan menulis lagi.

Buku Kedua dengan judul SIAPA BILANG MELAHIRKAN SAKIT? Akhirnya diterbitkan pula oleh Andi Offset Jogjakarta.

Buku ke tiga judulnya dalah Gentle Birth yang diterbitkan oleh Grasindo

Buku ke empat judulnya adalah The Art of Waterbirth yang di terbitkan oleh Grasindo juga

Buku Ke lima judulnya adalah Gentle Birth Balance yang di terbitkan oleh Mizan

Dan buku ke enam sedang dalam proses penyuntingan saat ini…..

Berharap setiap tahun saya bisa menciptakan berbagai buku yang sarat akan pengetahuan dan layak Anda baca karena saya percaya

KNOWLEDGE is POWER

Akhirnya selain menjadi pelatih hypnobirthing, dan penulis. Saya melengkapi semuanya dengan membuka Bidan Kita. Sebuah tempat praktek dan juga Website ini untuk saya mengaktualisasikan semua prinsip Gentlebirth.

Berbagai layanan saya berikan di Bidan Kita yang pastinya berprinsip pada Gentle Birth

Harapan saya adalah semakin banyak ibu-ibu di Indonesia yang merasakan indahnya proses kehamilan, persalinan dan pengasuhan Anak.

Semoga Indonesia menjadi lebih damai.

Salam Hangat

Yesie