SPD

Beberapa Klien di Bidan Kita mengeluh mengalami nyeri panggul ketika mereka melakukan ANC (Ante Natal care/ Pemeriksaan kehamilan. Nah dalam kesempatan ini saya akan bahas tentang Nyeri panggul atau Symphisis Pubis Disfunction (SPD)

 

Harap dicatat: Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang disebut sebagai Pain Girdle Pelvis (PGP). Mereka berdua adalah kondisi yang sama. Tidak ada perbedaan antara keduanya. Namun “simfisis pubis disfungsi” atau “spd” masih umum digunakan

 

Apa Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP).?

Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP) adalah suatu kondisi yang menyebabkan nyeri pada satu atau lebih sendi panggul dan kesulitan berjalan. Hal ini paling sering berhubungan dengan kehamilan tetapi juga dapat terjadi pada wanita yang tidak hamil dan laki-laki juga, kadang-kadang sebagai akibat dari cedera atau trauma.

Symphysis-Pubis-Dysfunction

figure-9-pelvis-ligaments-superior-view5

 

Diagram panggul di atas menunjukkan posisi sendi sakro iliaka dan simfisis pubis. sendi Ini didukung oleh ligamen yang kuat dan lebih dari 35 otot yang melekat pada berbagai titik pada panggul dan tulang belakang.

Panggul terkait erat dengan tulang belakang dan dasar pinggul juga sakrum yang membentuk tulang belakang dan panggul yang mengakomodasi sendi pinggul, di kedua sisi. Oleh karena itu fungsi panggul juga dapat dipengaruhi oleh masalah yang mempengaruhi daerah-daerah seperti cedera sebelumnya di punggung bawah atau masalah pinggul.

Apa saja gejala dari SPD, PGP?

Gejala ini dapat dimulai pada setiap titik kehamilan, beberapa wanita merasakan selangkangannya berdenyut tidak nyaman dan di wanita lainnya mengalami sakit parah hingga mereka merasa sulit untuk berjalan, gejala nya antara lain:

1. kemaluan sakit

2. kemaluan tidak nyaman ketika disentuh walaupun menyentuhnya dengan lembut; disini ibu hamil biasanya merasa tidak nyaman ketika dilakukan pemeriksaan atau pengukuran tinggi fundus

3. Tulang ekor sakit, terutama di daerah sakro-iliaka

4. Merasa kesulitan / nyeri saat berguling di tempat tidur atau merasa nyeri ketika beralih posisi dari miring kekiri ke kanan saat tidur.