Ibu yang melahirkan dengan posisi bayi terlentang (OP) akan mengalami persalinan yang lebih lama yang menyebabkan meningkatnya resiko dilakukannya operasi caesar dan berbagai intervensi yang lan. Selain itu, resiko untuk terkena ambeien setelah melahirkan pun juga meningkat.

Bayi yang turun panggul dengan posisi OP biasanya membuat kehamilan menjadi lebih lama, ketuban pecah dini, kontraksi yang tidak teratur saat persalinan dan melambatnya pelebaran serviks. Selain itu, ibu yang mempunyai posisi bayi OP seringkali cenderung mempunyai dorongan untuk mengejan lebih awal dari seharusnya.

Beberapa ibu mengalami rasa sakit yang berbeda ketika bayi berada dalam posisi OP, namun bagaimanapun juga, kita tidak dapat tau pasti apakah rasa sakit tersebut disebabkan karena posisi bayi atau karena faktor yang lain. Biasanya, ibu dengan bayi OP disarankan untuk mendapatkan epidural yang mana dapat meningkatkan resiko terjadinya fetal distress dan memperlama proses persalinan yang nantinya akan berujung ke operasi Caesar. Hal ini tidak mengejutkan karena mengingat bahwa mereka selalu diberitahu bahwa melahirkan dengan bayi OP sangatlah menyakitkan. Mereka biasanya juga disarankan untuk melakukan induksi seperti Pitocin atau ARM yang mana justru dapat membuat rotasi bayi menjadi lebih sulit, dan bahkan lebih menyakitkan yang akhirnya meningkatkan kesempatan digunakannya epidural. Saat epidural masuk dalam tubuh, kemampuan bayi untuk berputar menjadi posisi OA akan berkurang. Hal ini dikarenakan sang ibu tidak bisa merasakan tubuhnya dan menggerakkan tubuhnya untuk bekerjasama dengan si bayi untuk membuatnya berputar. Sebagai tambahan, dasar panggul akan dibius dan kehilangan ritmenya, mengambil kemampuan untuk membantu perputaran si bayi.

Apakah memungkinkan untuk melahirkan normal dalam posisi bayi OP?

Posisi OP tidak menutup kemungkinan untuk dapat melahirkan secara normal. demikian prosesnya:

 

Percayai tubuhmu dan bayimu. Lakukan teknik napas, Cobalah untuk melakukan berbagai teknik dan gerakan yang dapat membantu dan memberi ruang kepada bayi Anda untuk berputar, seperti teknik teknik yang dapat memberi ruang yang lebih banyak di pelvis.