Pentingnya Microbiome Manusia

film ini adalah salah satu film yang sangat saya rekomendasikan selain beberapa film dokumenter yang lain seperti “birth into being” dan “business being born

film ini mengeksplorasi korelasi antara microbiome dan kesehatan manusia dan penyakit. dikaitkan dengan, obesitas , kanker, gangguan kesehatan mental, asma, dan autisme. nah karena saya bidan, maka saya akan mencoba mengkaitkan dengan kesehatan ibu dan anak serta kualitas generasi berikutnya.

Apa microbiome manusia?

silahkan lihat cuplikan video ini:

kemudian coba amati dan cermati infografi berikut:

johnsoncash_human_microbiome_copy_pdf__page_5_of_13_-2

 

Pra-konsepsi dan Kehamilan

Kepercayaan umum diterima dan diyakini saat ini adalah bahwa bayi dalam rahim adalah steril (apabila ketuban belum pecah). padahal sebenarnya tidaklah demikian. karena  mikrobiota usus ibu mungkin dapat mentranslokasi ke bayi / plasenta melalui aliran darah (Jiménez et al 2008;.. Metamoros et al 2013;. Rautava et al 2013;. Zimmer 2013). Dan ekosistem yang unik dari bakteri dalam plasenta mungkin berasal dari bakteri di mulut ibu. karena ada perubahan mikrobiota perempuan selama kehamilan dan berdampak pada metabolisme (Prince et al 2014). itulang mengapa para ibu hamil harus semakin aware dengan kehamilanya dengan microbiome yang sehat dan mempertahankannya. Sayangnya gaya hidup modern kita sangat tidak ramah dengan microbiome, dan banyak dari kita memiliki dysbiosis (ketidakseimbangan dalam bakteri usus). Dysbiosis dan terlalu banyak bakteri ‘salah’ telah dikaitkan dengan ketuban pecah dini dan kelahiran prematur (Fortner et al 2014). Penyakit gusi (bakteri) juga telah dikaitkan dengan pra jangka kelahiran. Saran:

  1. Anda adalah apa yang Anda makan … dan  mikrobiota ada di makanan yang Anda makan. Makanlah makanan yang memelihara microbiome Anda: tidak makan racun; makan banyak serat difermentasi – sayuran bertepung seperti kentang manis – mereka mikrobiota makanan; makan makanan fermentasi dll – mereka mengandung probiotik. makanan probiotik  juga dapat membantu menyeimbangkan mikrobiota vagina (Hantoushzadeh et al 2012;. Rautava et al 2013.).
  2. Jika usus Anda bermasalah, maka sembuhkan dan kembalikan keseimbangan mikrobiota. Anda bisa mengkonsumpsi makana yang mengandung probiotik.
  3. Meminimalkan stres. Stres akan berpengaruh dengan mikrobiota usus Anda – Chris Kresser menjelaskan bagaimana – dan ibu dapat lulus dari efek stres untuk bayi mereka melalui bakteri (Bailey et al 2011; Zijimans 2015.). Mungkin perawatan antenatal harus melibatkan sugesti yang positif dan pijat santai daripada melakukan tindakan uji klinis yang konstan dan diskusi tentang risiko?
  4. Hindari produk kulit yang mengandung antimikroba (misalnya sabun pencuci tangan.), Dan produk untuk membersihkan rumah – Anda dapat menonton youtube menjelaskan kekhawatiran FDA tentang produk tersebut.
  5. Hindari obat yang tidak perlu  (Bengmark 2012) terutama antibiotik (Cotter et al. 2012). Lihat Chris Kresser untuk lebih jelasnya kembali. antibiotik dan apa yang harus konsumsi jika memang benar benar Anda membutuhkannya.
  6. Berhenti merokok (Biedermann et al. 2013).

Kelahiran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *