Hampir setiap ibu hamil dan ibu bersalin merasa risih, tidak suka dan merasa sakit saat dilakukan pemeriksaan dalam. Apalagi jika pemeriksanya berlawanan jenis kelamin (laki-laki) Anda mungkin merasa malu, risih, hingga merasa dilecehkan apalagi jika dokter laki-laki yang memeriksa ini melakukan pemeriksaan dengan sangat kasar. Sakit, marah, tapi tidak bisa berbuat apa-apa karena pemeriksaan dalam adalah salah satu pemeriksaan yang harus dilakukan untuk menilai seberapa jauh kemajuan persalinan Anda, dan seberapa lebar serviks Anda membuka.

Pernahkah Anda berfikir untuk memeriksa sendiri? Saya pernah! Dan salah satu modal pengetahuan yang bisa digunakan untuk memberikan gambaran kepada Anda tentang bagaimana letak, rasa dan gambaran serviks bisa Anda dapatkan di : http://www.beautifulcervix.com/ website ini adalah web yang sangat menarik dan sangat edukatif sekali. Silahkan buka web ini ya;).

Saya pikir adalah hal yang baik jika dilakukan pemberdayaan bagi para wanita untuk memeriksa leher rahim sendiri untuk mengetahui seberapa lebar serviksnya membuka saat persalinan. Karena untuk belajar ini, Anda tidak perlu gelar medis atau pelatihan bertahun-tahun untuk melakukannya. Ingat ini tubuh Anda jadi Anda berhak mengetahuinya dan memeriksanya bukan orang lain. Berikan hak spesial bagi diri Anda untuk menjadi yang pertama kali mengetahui seberapa lebarnya serviks Anda membuka sebelum bidan dan dokter Anda yang memeriksa dan memberitahukannya kepada Anda.

Vagina adalah organ seperti halnya hidung-telinga dan bibir Anda, yang mana tidak akan berbahaya ketika orang lain menyentuhnya, memeriksa bahkan memasukkan jari maupun instrumen ke dalamnya. Memang organ ini sangat sensitif namun tidak berbahaya, dan ketika Anda melakukan pemeriksaan sendiripun hal itu tidak akan membahayakan.

Nah dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana cara Anda untuk memeriksa kondisi serviks Anda baik ketika tidak hamil, hamil maupun pada saat dalam proses persalinan. Semoga ini bisa bermanfaat bagi Anda.

 

(gambar melakukan pemeriksaan serviks sendiri)

 

Berikut ini alat bernama spekulum yang bisa dibeli di apotek atau alat kesehatan yang dapat membantu Anda melihat kondisi serviks Anda (sebaiknya gunakan sekali pakai /disposibble) dan ini biasanya dilakukan pada ibu yang sedang dalam kondisi tidak hendak melahirkan, jika saat ini Anda dalam kondisi proses persalinan cukup gunakan kedua jari tangan Anda saja (jari tengah dan jari telunjuk)