Namun, aturan ini dapat mempunyai peran yang luar biasa besar, atau bahkan membuat proses persalinan menjadi traumatis jika sang ibu tidak mengerti bahwa mereka sebenarnya mempunyai hak untuk membuat pilihan, untuk meminta suatu informasi atau penjelasan, meminta alternatif lain, atau bahkan menolak sesuatu yang tidak Anda inginkan. Inilah mengapa sangat penting bagi Anda untuk memberdayakan diri dan belajar mengenai proses persalinan.

Seorang ibu yang diberi suatu perawatan yang berkualitas akan merasa bebas untuk bertanya mengenai informasi dan dukungan yang ia butuhkan agar ia bisa membuat keputusan yang terbaik untuk dirinya sendiri serta bayinya. Dia tidak akan merasa tertekan, terintimidasi, atau merasa haknya diambil.

  1. Rasa menghargai

Diperlakukan dengan rasa hormat, dan dihargai di waktu waktu sepertin ini sangatlah penting dan berpengaruh pada pengalaman proses persalinan Anda.

Perawatan yang kasar termasuk:

  • Kekerasan secara fisik, verbal, maupun seksual
  • Stigma dan diskriminasi
  • Kegagalan untuk menemui standar perawatan professional
  • Hubungan yang buruk antara ibu dan provider
  • Kondisi dan kendala sistem kesehatan

Perawatan yang baik dan menghargai seorang wanita adalah bagian yang penting dari keseluruhan kualitas perawatan yang diterima seorang wanita. Bahkan, hal ini termasuk hak asasi manusia. Baru-baru ini, tepatnya tahun 2018, WHO menegaskan bahwa “Setiap wanita mempunyai hak untuk mendapatkan standar kesehatan tertinggi, termasuk hak untuk perawatan yang bermartabat dan penuh hormat selama kehamilan dan persalinan”.

Kelahiran yang baik adalah kelahiran dimana wanita yang melahirkan dan providernya saling menghormati satu sama lain, menciptakan pengalaman persalinan yang positif.

  1. Pengetahuan mengenai persalinan

Fenomena yang seringkali terjadi sekarang ini adalah dimana para wanita mempunyai pengetahuan yang sangat terbatas mengenai kehamilan mereka sendiri dan persalinan yang akan mereka alami.

Persalinan yang baik adalah kondisi dimana seorang wanita telah mempersiapkan dan memberdayakan dirinya terlebih dahulu sebelum persalinan terjadi, sehingga mereka mengerti apa yang akan terjadi, apa yang akan mereka alami, dan mengapa. Pada dasarnya sebagian besar wanita dapat melahirkan tanpa intervensi medis. Untuk mengerti bagimana hal tersebut dapat terjadi, seorang wanita harus mencoba untuk mundur, mencoba untuk memahami tubuhnya dan mempelajar apa yang dapat dilakukan oleh tubuh Anda, dan bahkan bayi Anda. 

  1. Keamanan pribadi

Merasa aman dapat mempunyai arti yang berbeda untuk setiap wanita. Beberapa akan lebih nyaman rasa aman dan kenyamanan di rumah mereka sendiri, dan yang lain mungkin dapat mendapatkan rasa aman ketika mengetahui bahwa provider dan fasilitas kesehatan terjangkau baginya.