Melahirkan di air sangat baik untuk mengurangi kecemasan, relaksasi otot dan memungkinkan lebih banyak kebebasan bergerak untuk ibu.

Jika Anda menemukan opsi ini menarik, cobalah mencari tahu apakah prosedur ini tersedia di daerah sekitar Anda, dan jika ada, apakah bidan dan dokternya telah terlatih untuk menolong persalinan di dalam air. Metode ini tidak cocok untuk melahirkan dengan posisi sungsang (walaupun beberapa bidan berani & berpengalaman dalam hal ini) , kehamilan ganda, atau jika ada risiko komplikasi.

Melahirkan dengan Hypnobirthing

Seperti namanya, opsi ini adalah melahirkan menggunakan hipnosis untuk membantu menangani ibu dengan rasa sakit. Menurut praktisi metode ini, melahirkan merupakan proses normal dimana tidak ada bagian tubuh sebenarnya yang rusak. Oleh karena itu, rasa sakit Anda merasa lebih berkaitan dengan efek psikologis dari kontraksi pada tubuh Anda.

Untuk menghadapi situasi ini, ibu diajarkan beberapa metode self-hypnosis dan pengendalian pernapasan. Proses mengendalikan pikiran Anda dapat membantu untuk mendapatkan kontraksi yang lebih baik dan menciptakan pengalaman melahirkan lebih menyenangkan.

Jika Anda tertarik, cobalah untuk mencari praktisi yang berpengalaman di daerah Anda. Metode ini pasti dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa sakit, santai dan menghindari obat penghilang rasa sakit jika Anda inginkan.

Melahirkan dengan Sectio Caesar (SC)

Ini adalah metode melahirkan bedah di mana dokter membuat sayatan di perut dan rahim untuk melahirkan bayi. SC memiliki waktu pemulihan lebih lama dari persalinan normal, dan bahkan beberapa minggu dan bulan setelah kelahiran, dan mungkin ada pembatasan tertentu yang Anda harus ikuti seperti puasa, pembatasan gerak dll.

Metode ini biasanya disarankan untuk perempuan yang beresiko komplikasi atau cacat lahir, beberapa bayi mengalami atau yang memiliki kondisi kesehatan tertentu yang dapat menimbulkan masalah selama kelahiran per vagina. Akhir-akhir ini, banyak rumah sakit menggunakan SC sebagai metode melahirkan yang lebih cepat sehingga memeriksa apakah Anda benar-benar membutuhkan operasi caesar sebelum menyetujui operasi. Dan untuk mengambil keputusan ini Anda harus mempertimbangkan masak-masak. Karena selain ini traumatic bagi Anda, SC juga sangat traumatic bagi bayi Anda terutama pada masalah psikologisnya kelak.