Resep Untuk mendapatkan Gentle Birth

22

ANDA HAMIL?

LALU APA?

Sepasang suami istri datang ke Bidan Kita, sebut saja Mbak Debby dan Mas Derry. Mbak Debby sedang hamil sekitar 38 minggu +5 hari. Tujuan mereka datang ke Bidan Kita adalah mereka ingin dapat melahirkan normal dnegan tenang,nyaman dan minim rasa sakit. Saat saya melakukan anamnese dan mewawancarai mereka tentang apa yang sudah mereka lakukan selama 38 minggu +5 hari ini mbak Debby mengatakan selama ini mereka biasa biasa saja dan santai santai saja, paling hanya beberapa minggu terakhir melakukan jalan pagi 30 menit muterin komplek, dan sudah itu saja.

Ya ITU SAJA! Saat saya bertanya apakah melakukan latihan ini itu, mereka berdua menggelengkan kepala serempak. Kegiatan sehari hari mbak Debby adalah pagi bangun jam 6.00 lalu jalan jalan 30 menit, kemudian masak menyiapkan sarapan suami (suami wiraswasta di rumah), kemudian setelah mandi pagi tidur lagi, sampai jam 10.00 lalu santai santai sambil memasak untuk makan siang jam 13.00 kemudian duduk duduk nonton TV atau nonoton DVD, sore mandi, lalu makan malam, kadang jalan jalan ke mall kemudian pulang malam dan tidur sampai pagi. Ya itulah daily routine yang dilakukan mbak Debby selama masa kehamilannya. Ketika waktunya memeriksakan diri ke dokter, ya mereka hanya memeriksakan diri begitu saja, antri lebih dari 2jam, lalu bertemu dokter untuk USG sekitar 10 menit, kemudian nebus obat di apotek lalu pulang.

Nah ketika mendekati HPL, mbak Debby baru tersadar bahwa dia belum siap untuk melahirkan bayinya. Banyak sekali rasa takut dalam dirinya takut sakit, takut panik, takut terjadi apa apa pada dirinya dan bayinya, dan masih banyak lagi ketakutan yang ada di dalam dirinya. Hingga akhirnya mbak Debby browsing di internet lalu menemukan site www.bidankita.com ini dan barulah tersadar bahwa selama ini dia “menyia nyiakan” waktu segitu lama untuk persiapan persalinannya.

TERLAMBAT?

Ya benar! Tapi tidak ada kata terlambat asal Anda mau berupaya kok.

Dan kasus seperti mbak debby ini banyak sekali terjadi di lingkungan kita. Selama hamil banyak sekali pasangan yang terlalu santai, cuek, bahkan bagi mereka yang penting periksa ke dokter rutin, minum multivitamin, kalau perlu minum susu ibu hamil, nanti kalau mau melahirkan ke RS pasrah sama dokter yang merawatnya. Sudah itu saja.

Masalah nanti proses persalinan itu bagaimana, prosedur yang dilakukan apa saja, intervensi yang dilakukan apa saja, banyak yang tidak tahu dan tidak mau tahu.

Dan sebenarnya ini SANGAT DISAYANGKAN.

Karena KUNCI untuk mendapatkan persalinan yang nyaman, aman dan minim trauma adalah PERSIAPAN.

Untuk mengalami proses persalinan yang membahagiakan. Menggembirakan dengan tanpa atau sedikit rasa sakit dibutuhkan sebuah pergeseran spiritual yang mendalam dalam cara Anda memahami sifat realitas dalam diri Anda Anda. Tubuh, pikiran Anda, semangat Anda, dan orang-orang di sekitar Anda dan bagaimana itu semua terhubung!

Sederhana tetapi tidak mudah

Nah inilah Resepnya Bahan Dasar untuk mendapatkan persalinan yang nyaman, aman dan minim trauma :

  • Dua cangkir informasi dasar: Mengetahui fisiologi tubuh Anda sendiri dan memahami cara kerjanya membuat perbedaan besar dalam bagaimana Anda bisa terlibat dalam proses. Di dalam kelas Gentle Birth Balance di Bidan Kita Saya selalu menjelaskan bagaimana rahim bekerja, berapa banyak refleks alami bayi menyebabkan kelahiran yang mudah, yang posisi untuk memfasilitasi refleks alami mereka, betapa pentingnya menjaga hormon Anda dan bayi Anda berada dalam kondisi seimbang dan harmoni. Juga belajar tentang bagaimana pikiran bekerja, bagaimana menggunakannya untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.
  • Satu cangkir “Sugesti Positif” dengan diri Anda sendiri: Cari tahu keyakinan dan keinginan Anda seputar tentang kehamilan, melahirkan dan membesarkan anak. Apakah mereka setuju dengan yang Anda inginkan, yaitu melahirkan dengan nyaman alami? Atau apakah Anda justru melihat kejanggalan, misalignment antara apa yang Anda yakini dengan apa yang Anda inginkan? Ada cara untuk mengatasi itu sebelum kelahiran. Dan hal yang penting disini adalah adanya healing trauma trauma yang ada di dalam diri Anda. Paling tidak Anda harus belajar hypnobirthing agar pikiran Anda bisa tenang dan mampu membuat sugesti positif.
  • Satu cangkir panduan dan bimbingan khusus dari provider Anda: Seorang doula, hipnoterapis, mentor spiritual, atau bidan Anda, atau seseorang yang Anda merasa nyaman berbicara dengannya  dan yang memiliki pelatihan dan keterampilan yang tepat untuk, dapat membantu Anda dalam melakukan bimbingan, penyembuhan trauma selama masa kehamilan untuk persiapan persalinan sangatlah penting, apalagi jika saat proses persalinan Anda didampingi oleh mereka. Karena energi positif yang mereka punya dan ketrampilan mereka membuat Anda merasa aman, nyaman dan di berdayakan dengan kehadiran mereka dalam proses persalinan Anda.
  • Dua Cangkir Nafas yang terlatih dengan baik: Ya saya bilang NAFAS, walaupun Anda bernafas setiap hari setiap saat bahkan Anda sampai tidak ingat berapa kali Anda bernafas dalam 5 menit terakhir ini. Namun benar benar Anda harus melatih nafas Anda karena Mind is the King of the senses, but BREATH is the king of the Mind jadi kunci utama berada pada nafas Anda. Dan itu harus di latih. Di kelas Gentle Birth Balance di Bidan Kita sayapun selalu dan pasti melatih nafas yang baik kepada klien klien saya
  • Satu sendok bidan atau dokter: Kecuali Anda memilih untuk melahirkan tanpa bantuan  (dan saya tidak akan menyarankan itu, apalagi tanpa persiapan yang snagat sangat matang, terutama untuk persalinan pertama Anda) Kunci dalam resep ini adalah Anda harus memilih seseorang yang mampu membuat Anda merasa nyaman. Seorang bidan atau dokter yang benar benar Anda percaya dan bersama dia Anda mampu dan bebas untuk berbicara tentang apapun yang berhubungan dengan kehamilan dan kelahiran. Dokter atau bidan yang Anda pilih haruslah tidak hanya cerdas, berpendidikan, ahli bedah yang terampil atau bidan yang terampil, tetapi juga penuh kasih, pengertian, orang berpikiran terbuka yang percaya tubuh manusia, dan percaya pada proses persalinan alami serta mendukung dan memberdayakan diri Anda.
  • Satu cangkir rasa percaya diri: Belajar untuk membuat keputusan yang tepat dan bijak bagi diri Anda. Mulai belajar dan memupuk rasa percaya diri itu melalui praktek sehari-hari pernapasan, relaksasi, visualisasi, self-hypnosis, afirmasi dan sugesti positif.
  • Sejumput pasangan dan pendamping persalinan yang penuh kasih: Tentu saja hal ini selama masa kehamilan Anda harus membangun hubungan yang lebih dekat dan harmonis dengan pasangan dan pendamping Anda. Sebaiknya membangun juga hubungan antara pasangan atau pendamping Anda dnegan janin di dalam rahim Anda karena fakta ilmiahnya adalah  bahwa bayi mengingat hal-hal yang didapatkan selama di dalam rahim. Sebagian dari mereka adalah peka terhadap cinta, suara, getaran, emosi dan tentunya energi.

 

5 Comments on “Resep Untuk mendapatkan Gentle Birth”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *