Ya… ini adalah sebuah pelajaran yang begitu berharga bagi kami dimana, ternyata Banyak yang masih rancu dengan makna hypnobirthing dan gentle birth.

Mereka menganggap bahwa Hypnobirthing berarti melahirkan tanpa rasa sakit. Hypnobirthing berarti pasti bisa melahirkan normal. Dan lain sebagainya. Dalam artikel ini saya ingin mencoba untuk meluruskan kembali beberapa kesalah pahaman yang terjadi.

Bahwa persalinan dan kelahiran itu bukan semata hanya untuk sang ibu, tetapi untuk sang bayi juga. Ketika ada metode hypnobirthing yang mana sesuai dengan jargonnya “melahirkan tanpa rasa sakit” semua ibu berbondong bondong untuk menguasai metode ini dengan harapan dia bisa melahirkan tanpa rasa sakit. Lalu kemudian ketika saya sering share tentang klien saya yang banyak berhasil melahirkan tanpa mengejan dan melahirkan sambil tertawa setelah mengikuti kelas untuk persiapan gentle birth, hampir semua orang tertarik bahkan pertanyaan yang sering diajukan kepada saya adalah “dimana saya bisa menemukan bidan atau dokter yang menguasai gentle birth, karena saya ingin melahirkan sambil tertawa dan tanpa mengejan.”

Dan dari situ ternyata saya menganalisa bahwa masih banyak sekali ibu yang belum mengerti dan memahami filosofi dalam persalinan, dimana persalinan adalah sesuatu yang sakral, yang tidak hanya menyangkut sang ibu tetapi juga sang anak bahkan sang bapak dan keluarga.

Masih banyak ibu yang mengandalkan egonya “tidak ingin merasakan sakit”, merasa “sakit itu harus dilawan” tanpa memahami bahwa sakit yang muncul dan dirasakan adalah cara tubuh Anda berkomunikasi dengan Anda.

Dan pagi ini saya membaca postingan dari sahabat saya Hanita Fatmawati di blognya yang mungkin pas jika saya kutip diartikel saya ini dimana beliau mencoba meluruskan tentang pemahaman hypnobirthing:

Bisa dibuka di: http://ourdropbox.wordpress.com/2010/07/05/all-i-know-about-the-hypnobirthing-redefining-the-wrong-thoughts/

Bagaimanapun caranya, mau itu melahirkan normal 100% alami, normal dengan induksi, normal dengan bantuan vacum dan forceps, ataupun melalui operasi caesar, hypnobirthing tidak pernah mengkotak-kotakkan kesemua jalan diatas sebagai cara persalinan yang baik atau buruk.

  • Hypnobirthing bukan cara untuk melahirkan NORMAL.
  • Hypnobirthing adalah jalan untuk melahirkan NYAMAN. Saya pernah disalah artikan sebagai sombong dan takabur terhadap Allah oleh salah satu teman, gara-gara selalu pede menulis afirmasi positif bahwa semuanya akan lancar, tubuh saya adalah ditakdirkan untuk melahirkan bayi-bayi dengan normal.

Well mohon dimengerti, bukankah Allah SWT sendiri selalu memberikan apa yang menjadi persangkaan hambaNya? memang tipis sekali batas antara tawakal dengan mendahului Tuhan. Pelaku hypnobirthing akan bersangka yang terbaik pada Allah SWT, bayi dikandungannya, dan proses persalinannya. Kemudian skenario apa yang akan terjadi, ya tetap saja yang di atas yang menentukan. Kalau ternyata persalinan tidak berjalan sesuai rencana, berarti praktek hypnobirthing nya gagal? Tidak ada kegagalan dalam hypnobirthing.