Hypnobirthing akan buat pemerintah kelimpungan. Semakin mudah dan tidak sakit melahirkan, semakin padatlah penduduk Indonesia, Hypnobirthing musuh besar BKKBN (NO OFFENSE YA.ini cuma jokes). Tahukah anda setelah bersalin dengan nyaman, penuh sukacita dan kesadaran penuh, hubungan bayi dan ibu menjadi lebih kuat, sangat-sangat kuat, fisik dan batin. Ikatan tersebut akhirnya akan membuat ibu fokus untuk membina dan membesarkan anaknya dengan sungguh-sungguh. HB akan berubah menjadi HP (Hypnoparenting) yang menyatakan setidaknya tiga tahun pertama adalah pusat perkembangan syaraf dan sambungan sinaps-sinaps neuron di otak. Secara apik, dengan kesadaran sendiri maupun atas bantuan tenaga medis di Puskesmas, sang ibu akan terdorong untuk ber KB. Mereka akan lebih fokus ke pemenuhan gizi bayi, pendidikan, dan pemenuhan finansial masa depan anaknya.

Dan sejak peristiwa kasus bunda Bunga inilah saya harus berubah, dimana saya harus kembali menekankan kepada para bunda bahwa ada beberapa sikap dasar yang harus dimiliki seorang ibu yang ingin melahirkan dengan lancar dan nyaman yaitu:

1.Pikiran Awal/pemula (Beginner”s Mind)

2.Tidak menghakimi (Non-Judging)

3.Sabar (Patience)

4.Tidak Kejar Target

5. Percaya diri (Trust)

6. Pengakuan dan penerimaan (Acknowledgment)

7. Pasrah dengan apa yang terjadi (Letting Be)

8.Kebaikan (Kindness)

Selengkapanya dapat di lihat di :

http://www.bidankita.com/index.php?option=com_content&view=article&id=631:persiapan-batin-untuk-proses-persalinan&catid=44:natural-childbirth&Itemid=56

Harapan saya semakin banyak ibu yang lebih sadar, lebih “aware” dengan kehamilan dan persalinannya, yang tidak hanya mementingkan egonya, namun lebih dalam lagi, yang menyadari bahwa hypnobirthing dan gentle birth adalah sebuah proses yang benar benar membuat Anda mau dan mampu berproses secara mental dan spiritual dalam persalinan dan kelahiran.

Melahirkan nyaman, normal alami terkadang tidak dapat Anda peroleh dengan instan begitu saja, Practice make Perfect. Banyak hal yang harus Anda pelajarai dan pahami.

Tuhan sudah memberikan kesempatan 40 minggu (kadang lebih) untuk Anda bersiap diri secara fisik, mental dan spiritual sebagai orang tua yang baik agar anak- anak kita kelak mampu menjaga bumi ini. Gunakan sebaik baiknya., mari berdayakan diri dan Ikhlas.